3 Tips Memilih Tas Gunung Yang Tepat Agar Barang Bawaan Tidak Semakin Berat

4 min read

Tas gunung atau yang sering disebut backpack juga memiliki sebutan lain lagi, yakni tas keril atau juga carrier. Bagi para pendaki gunung, memilih tas gunung yang akan digunakan untuk mendaki tentunya tidak boleh sembarangan.

Bagi pemula, mungkin masih bingung bagaimana memilih tas gunung yang baik dan benar, maka dari itu, kali ini piknikdong bakal bahas bagaimana sih memilih tas gunung yang tepat.

3 Tips Memilih Tas Gunung Yang Tepat Agar Barang Bawaan Tidak Semakin Berat

Dalam memilih tas gunung yang tepat sebenarnya tidak begitu sulit, namun ada 3 point yang perlu diperhatikan gaes agar tidak salah memilih tas gunung.

1. Ukuran Tubuh

Ukuran tubuh merupakan hal yang sangat menentukan ketika memilih tas gunung. Karena hal inilah yang akan menentukan kenyamanan atau tidak ketika digunakan.

Ukuran tubuh yang dipertimbangkan adalah punggung atau panjang torso. Jadi patokan untuk memilih ini bukanlah ukuran pinggang tinggi badan.

2. Rentang Waktu Dalam Perjalanan

Tips memilih tas gunung yang tepat kedua adalah rentang waktu dalam perjalanan. Berapa lama akan bepergian untuk naik gunung adalah pilihan pertama yang harus diperhatikan dalam memilih tas gunung.

Mungkin akan beberapa hari, ataupun beberapa minggu. Berikut ini merupakan panduan umum memilih tas berdasar lama perjalanan.

  • Panjang perjalanan: weekend 1-3 malam = kapasitas pack 35-50 liter
  • Panjang perjalanan: multiday 3-5 malam = kapasitas pack 50-80 liter
  • Panjang perjalanan : long day 5+ malam = 70 +

Yang perlu diperhatikan ketika memilih tas gunung atau backpack adalah dengan kapasitas besar. Dianjurkan pilihlah tas yang berkualitas dan ringan, dengan begitu akan merasa nyaman selama perjalanan.

3. Kesesuaian Tas Dengan Tubuh

Kesesuain tas dengan tubuh sangatlah penting, jadi harus diperhatikan secara seksama, berikut ini ada tips emmilih kesesuaian tas dengan tubuh :

  • Ada banyak ukuran panjang torso pada tas gunung, mulai dari XS hingga XL. Banyak fitur penyesuaian dengan torso dari masing-masing backpack. Harnes yang dapat disesuaikan bisa sedikit menambah berat tas gunung.
  • Ukuran lingkar pinggang juga faktor penting. Apabila berniat membeli tas import, ceklah dengan teliti, berapa maksimal dan minimal ukuran pinggang. Hampir 80 persen dari tas gunung menggunakan pinggang ataupun punggung untuk menyokong backpack. Secara sepintas, bahulah yang akan membawa beban. Akan tetapi tas-tas yang baguslah lebih memfungsikan pinggul untuk menopang berat badan backpack. Ada beberapa tas yang dapat diganti sabuk pinggangnya, bagi yang memiliki pinggang ramping, bisa disesuaikan dengan pinggang.

Nah itulah 3 Tips Memilih Tas Gunung Yang Tepat Agar Barang Bawaan Tidak Semakin Berat, sebenarnya tidak terlalu sulit bukan? Jadi jangan sampai salah pilih tas gunung lagi ya.

Load Lebih Banyak Artikel Terkait
Load Lebih Banyak Dari Mimin Piknik
Load Lebih Banyak di Tips