5 Angkringan Muanteb Yang Wajib Untuk Dikunjungi Saat Ke Jogja

8 min read

Sudah tau Angkringan?

Jika sudah pernah tinggal di Jogja pastinya sudah kenal dengan angkringan. Anngkringan bisa dibilang sebagai tempat makan sederhana dengan gerobak dan beratapkan terpal.

Untuk makanan yang dijualpun sangat sederhana, seperti nasi kucing, sate, telur puyuh, sate usus dan berbagai macam gorengan.

Nah, jika berkunjung ke Jogja, menikmati makan malam di angkringan adalah salah satu cara menikmati ramah tamahnya kota ini. Ketika semua berkumpul saling bercerita, tertawa dan inilah Yogyakarta.

Memang sekarang ini banyak sekali angkringan di Jogja, yang kadang membuat bingung dimana sih angkringan yang cocok untuk nongkrong bareng temen, dan tentunya makanan yang disajikan juga mkanyus.

Semua angkringan di Yogyakarta itu enak dan nyaman, namun ada beberapa tempat yang wajib dikunjungi ketika di Jogja.

1. Angkringan Lik Man Sang Pencetus Kopi Jos

angkringan kopi joss lik man
image : www.instagram.com/meilyaandryan

Yang pertama memang sudah pasti tidak asing lagi dengan angkringan Lik Man. Anfkringan yang berada disebelah utara stasiun tugu ini sangatlah wajib dicoba ketika ke jogja. Sajian lengkap baik nasi kucing dengan berbagai aksesorisnya ada disini.

Selain itu ada Kopi Jos yang wajib dicoba ketika berada di angkringan Lik Man ini. Berbagai kalangan yang berkunjung ke angkringan Lek Man, mulai dari orang biasa, artis dan pejabat juga sering berada di Angkringan Lik Man.

[symple_googlemap title=”Angkringan Lik Man (Kopi Jos)” location=”Jl. Wongsodirjan, Yogyakarta 55271, Indonesia” height=”300″ zoom=”15″]

2. Angkringan KR Tempat Bertemunya Berbagai Komunitas

Angkringan KR
image : www.instagram.com/bryanctrsn

Untuk yang kedua adalah Angkringan KR. Kenapa dibilang angkringan KR? karena angkringan ini berada di teras Kantor harian Kedaulatan Rakyat.

Angkringan KR ini sangat terkenal karena merupakan salah satu tempat wajib berkumpulnya para komunitas yang ada di Jogja.

Untuk makanan yang tersedia di Angkringan KR sangatlah lengkap, jadi saat di Jogja, wajib hukumnya untuk berkunjung ke Angkringan KR.

[symple_googlemap title=”Angkringan KR” location=”Jl. P. Mangkubumi” height=”300″ zoom=”15″]

3. Angkringan Batas Kota Tempat Berkumpulnya Mahasiswa Jogja

angkringan batas kota
image : www.instagram.com/azizmufid

Angkringan ketiga yang wajib dikunjungi saat ke Jogja adalah Angkringan Batas Kota. Dinamai batas kota karena angkringan ini berada tepat di perbatasan antara Jogja dan Sleman.

Selain dinamai angkringan batas kota, angkringan ini juga sering disebut angkringan pak Muji, karena nama pemiliknya adalah Muji.

Lokasinya sangat mudah ditemukan kok, karena berada di pinggir jalan. Jika dari tugu cukup menuju arah utara, dan angkringan ini berada di sisi timur jalan tepat di batas Kota Jogja dan Sleman, atau lebih tepatnya didepan Asrama Kalimantan.

Untuk makanan di Angkringan batas kota sangatlah lengkap, bisa request berbagai bebakaran, seperti tempe bakar, tahu bakar atau cakar bakar.

Selain makanan dan tempatnya yang nyaman, penjual Angkringan Batas kota atau pak Muji ini sangatlah ramah, cobalah untuk ngobrol atau bertanya tentang Jogja, dan rasakanlah keramahan Kota ini.

[symple_googlemap title=”Angkringan Batas Kota” location=”Jl. A. Moh. Sangaji No.203, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta” height=”300″ zoom=”15″]

4. Angkringan Pak Panut Monjali, Rasakan Teh Manis Paling Enak di Jogja

angkringan pak panut monjali
image : adatjogja.files.wordpress.com

Angkringan keempat yang wajib dikunjungi ketika ke Jogja adalah angkringan Pak Panut Monjali.

Angkringan Pak Panut ini angkringan seperti biasanya, namum memang tempatnya agak kecil. Tapi tak perlu kawatir, pengujung bisa menggelar tikar yang sudah tersedia sambil menikmati suasana malam jogja.

Di Angkringan Pak Panut, cobalah untuk memesan Teh Panas Manis, disini terkenal dengan rasa Teh Panas yang sangat nikmat, walaupun pembuatanya memakan waktu kadang agak lama, namun rasanya sangatlah nikmat.

Letak dari angkringan Pak Panut ini sanat mudah ditemui, walaupun agak tersembunyi. Pengunjung bisa langsung menuju area parkir Monjali atau Museum Jogja Kembali sebelah timur. Angkringan Pak Panut tepat menempel dibelakang Pos Polisi Monjali.

[symple_googlemap title=”Angkringan Pak Panut Monjali” location=”Jalan tentara pelajar (Parkiran monjali) Belakang pos polisi” height=”300″ zoom=”15″]

5. Angkringan Pendopo Dalem Yang Sangat Mewah

angkringan pendopo dalem yang mewah
image : www.instagram.com/alfinurazmi

Angkringan Pendopo Dalem menyuguhkan angkringan yang lain dari biasanya, karena letanya berada di Pendopo dan masih masuk kedalam area Kraton Yogyakarta.

Suasana mewah dengan sajian khas angkringan yang sederhana akan membuat kesan yang tidak akan terlupakan ketika berkunjung ke Jogja.

Makanan yang tersdia disini sangatlah lengkap, mulai dari makanan standar angkringan sampai jajanan pasar juga ada. Angkringan yang sangat bersih dan sangat cocok untuk keluarga ini wajib dikunjungi saat di Joogja.

[symple_googlemap title=”Angkringan Pendopo Dalem” location=”Jalan Sompilan Ngasem No. 12, Daerah Istimewa Yogyakarta” height=”300″ zoom=”15″]

Komentarmu?

Load Lebih Banyak Artikel Terkait
Load Lebih Banyak Dari Markinong
Load Lebih Banyak di Destinasi

Cek Yuk

Pulau Moyo, Surga Mungil Dari Sumbawa

Mungkin masih banyak yang belum kenal dengan yang namanya Pulau Moyo. Jika kamu tahu gaes,…