IBX582AA15FA58E8

5 Fakta Unik Tentang Gerhana Matahari Total Tanggal 9 Maret 2016

Gerhana Matahari terjadi saat posisi bulan terletak diantara Bumi dan Matahari, jadi bulan menutupi cahaya matahari sampai ke Bumi.

Memang Bulan lebih kecil, tapi bayanganya bisa menutupi cahaya sepenuhnya karena Jarak Bulan lebih dekat ke Bumi dibandingkan dengan ke Matahari.

Bicara tentang Gerhana Matahari, sebentar lagi kita bisa merasakanya pada tanggal 9 Maret 2016 besok. Gerhana matahari total 9 Maret ini menjadi sangat spesial untuk Indonesia, karena yang bisa menikmati secara penuh hanya Indonesia saja.

5 Fakta Unik Tentang Gerhana Matahari Total Tanggal 9 Maret 2016

Nah selain itu masih ada fakta unik tentang gerhana matahari total tanggal 9 maret ini loh yang menjadikanya sangat spesial. Penasaran apa sajakah itu? Berikut ini ulasanya

1. Hanya di Indonesia

Seperti yang disebutkan tadi, Gerhana Matahari tanggal 9 maret 2016 ini menjadi sangat spesial untuk Indonesia, karena yang bisa menikmati gerhana matahari secara penuh hanyalah di Indonesia. Sedangkan sisanya bisa dinikmati di Samudra Pasifik.

2. Beberapa Provinsi di Indonesia Yang Recomended untuk melihat

Gerhana matahari Total 9 Maret 2016 ini bisa dinikmati secara penuh di beberapa provinsi seperti Kalimanta Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Bengkulu, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara. Sedangkan daerah lain di Indonesia juga bisa melihat namun hanya mengalami gerhana sebagaian.

3. Waktu Gerhana

Yang ketiga adalah jika kamu ingin melihat bisa memperhatikan waktu terjadi gerhana di setiap wilayah di Indonesia berikut ini

  • Untuk waktu Indonesia bagian barat pukul 7.30 WIB,
  • Waktu Indonesia Bagian Tengah pukull 8.35 WITA
  • Untuk waktu Indonesia Timur pukul 9.50 WIT

4. Ini bukan Gerhana Matahari total yang pertama

Peristiwa Gerhana Matahari total ini bukan yang pertama loh di Indonesia, dulu pertama pada tahun 1983, 1988, dan 1995 dan selanjutnya merupakan gerhana matahari cincin saja.

Dulu ketika gerhana matahari total pertama tahun 1983 juga disiarkan di TVRI

5. Jarak Gerhana Selanjutnya

Tahukah kamu jika gerhana Total ini akan datang lagi diperkirakan tanggal 23 april 2023, Selain itu untuk daerah yang sama harus menunggu sekitar 300 tahun lagi.

Nah itulah 5 fakta unik tentang gerhana matahari total 2016 ini yang menjadikan sangat spesial untuk Indonesia. Jadi apakah kalian sudah menyiapakan diri untuk menikmatinya?

Foto Profil dari Mimin Piknik
Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan

IBX582AA15FA58E8