5 Makanan Khas Jambi Yang Bakal Bikin Kamu Kangen Ramahnya Kota Ini

Jambi adalah kota yang sekaligus ibukota dari provinsi Jambi. Kota yang terbelah oleh sungai Batanghari ini memiliki sejuta pesona, salah satunya adalah pesona kulinernya.

Bagi kamu yang sudah pernah ke Jambi atau kamu anak rantau berasal dari Jambi, pastinya pernah merasakan makanan khas Jambi ini

Makanan khas Jambi ini terkenal akan enaknya, dan yang pasti selalu bikin kangen akan ramahnya kota ini. Nah makanan apa sajakah itu? berikut ini piknikdong bakal bahas 5 makanan khas Jambi yang akan bikin kamu kangen dan pengen balik ke Kota yang ramah ini.

1. Nasi Gemuk Khas Jambi

nasi gemuk jambi
image : happykarenloh.wordpress.com

Nasi gemuk ini bisa dibilang mirip dengan nasi uduk, bahan yang dipakai juga sama yakni beras, santan, daun pandan, daun salam, dan daun jeruk.

Nah yang bikin beda adalah pelengkapnya seperti telur rebus, teri goreng, kacang tanah goreng, bawang goreng dan sambal. Jaman dulu nasi gemuk ini hanya disajikan pada acara dan hari tertentu saja, namun sekarang nasi gemuk bisa didapati dimana saja sebagai makanan khas kota Jambi.

2. Tempoyak, Lauk Rasa Durian Yang Menggoyang Lidah

tempoyak khas jambi
image : looploopco.blogspot.co.id

Bagi yang belum mencoba pasti penasaran seperti apa rasanya makan dengan lauk tempoyak ini. Tempoyak adalah masakan yang dibuat dari buah durian yang di fermentasi dan sangat cocok untuk dimanakan bersama nasi atau bisa juga dijadikan bumbu beberapa masakan.

Tempoyak ini sangat terkenal dibeberapa daerah seperti Bengkulu, Palembang, Lampung serta Kalimantan. Selain itu tempoyak juga dikenal di negara tetangga seperti Malaysia.

3. Kue Burgo Yang Lembut dan Gurih

Kue Burgo khas jambi
iamge : tutiadiwiryarecipe.blogspot.com

Yang ketiga ini bakal bikin kamu ngiler deh, Kue Burgo ini terbuat dari adonan tepung terigu dan sagu. Sekilas, kue ini mirip dengan dadar gulung, yang disajikan dnegan kuah gurih santan ditambah bawaang goreng.

Tekstur yang kenyal dan lembut menjadikan kue Burgo ini sangat diminati, baik warga lokal maupun wisatawan, terutama untuk orang yang kurang suka dengan makanan manis.

4. Gulai Tepek Ikan Yang Melegenda

Gulai Tepek Ikan khas jambi
image : bumi-jambi.blogspot.co.id

Gulai Tepek Ikan ini berbahan dasar ikan Gabus yang dimasak dengan cara di gulai. Selain itu, Gulai tepek ikan ini merupakan makanan yang sudah ada sejak jaman dulu, dan memiliki niali sejarah.

Gulai Tepek Ikan dihidangkan pada momen penting seperti, pernikahan, kenduri, acara adat, ataupun menyambut tamu yang istimewa. Mengenai rasanya jangan ditanya, karena sangat lezat.

5. Gulai Patin Yang Populer

Gulai Patin khas jambi
image : gardens-tips.blogspot.com

Nah yang kelima adalah gulai patin khas Jambi. Ketika kamu berkunjug ke kota ini, ingat untuk mencicipinya. Gulai patin ini berbeda dnegan gulai biasanya. Gulai Patin khas Jambi ini dimasak dnegan menggunakan tempoyak sebagai bumbu utamanya.