5 Pilihan Kampung Warna-Warni Yang Akan Membuat Liburanmu Semakin Berwana

Apa yang terbesit dalam pikiranmu gaes jika mendengar kata liburan? Apakah pergi ke pantai, gunung, atau taman hiburan? Sebenarnya tidak harus itu kok, karena liburan bisa juga dengan berkunjung ke destinasi baru seperti berkunjung ke Kampung.

Jangan mengerutkkan dahi dulu, kenapa kok liburan di kampung? Untuk 5 kampung berikut ini menyajikan keunikan tersendiri lhoo, terutama pada warnanya. Dulu memang hanya perkampungan biasa bahkan ada yang bisa dibilang kumuh, namun sekarang beberapa kampung ini sudah disulap dengan dicat, ditata ulang dan alhasil munculah kampung warna-warni.

Nah di Indonesia sendiri ada 5 pilihan kampung warna-warni yang bisa kamu kunjungi untuk sekedar liburan atau mengisi konten instagram, karena pastinya sudah tau jika disini sangat instagramable.

Penasaran bukan dimana saja kampung warna-warni tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini yuk.

1. Kampung Warna-warni Kali Code

kali code Yogyakarta
Image : www.instagram.com/yuniico_satya

Memang jika bicara wisata Yogyakarta sangatlah banyak, mulai dari Pantai, Sejarah, sampai Wisata Alam ataupun Gunung. Namun disamping itu ada juga wisata kampung yang sangat unik dengan diorama warna yang sangat indah dan menarik.

Di Kampung Kali Code ini kamu bisa menemukan kampung warna-warni yang sangat unik gaes, dan spot foto yang strategis bisa diambil dari jembatan Kali Code. Penasaran? Coba yuk main kesana.

2. Kampung Warna-Warni Sungai Kalilo di Banyuwangi

Kampung Warna-Warni Sungai Kalilo di Banyuwangi
Image : www.instagram.com/kiki_oksera

Untuk yang kedua kita pergi kearah timur alias masuk Jawa Timur gaes. Disini kamu bisa menemukan kampung warna-warni yang berada di bantaran Sungai Kalilo Banyuwangi.

Kampung warna-warni ini digagas oleh ikatan alumni Institut Teknologi Sepuluh November dengan Pemkab setempat, dan alhasil sekarang menjadi destinasi wisata yang sangat asik, nyaman untuk dikunjungi dan tentunya instagramable.

3. Kampung Warna-Warni Bulak Kenjeran

Kampung Warna-Warni Bulak Kenjeran
Image : www.instagram.com/swetyna

Masih di Jawa Timur dan tepatnya di Kenjeran Surabaya. Disini kamu bisa menemukan Kampung Warna-Warni yang sangat menarik gaes.

Digagas oleh pemkot yang berambisi untuk membuat lokasi pemukiman yang mayoritas sebagai nelayan ini menjadi tempat yang layak untuk dikunjungi, dan jadilah kampung warna-warni. Hal ini juga bertujuan untuk menggugah warga agar lebih sadar akan lingkungan dan wisatawan yang berkunjung.

Sampai saat ini kampung warna-warni ini masih banyak dikunjungi karena keunikanya ini, dan salah satu spot foto yang sangat menarik adalah dari jembatan sebelah kampung untuk mendapatkan angle pemandangan kampung warna-warni yang pas.

4. Kampung Warna-Warni Jodipan

Kampung Warna-Warni Jodipan
Image : www.instagram.com/cukdus

Kampung Warna-warni Jodipan juga masih di Jawa Timur gaes. Letaknya sendiri berada di pinggiran Kali Brantas, Kota Malang.

Ide membuat kampung warna-warni ini sendiri digagas oleh beberapa mahasiswa Universitas Muhammadiyah yang melakukan tugas praktikum, dari sinilah mereka membuat gagasan kampung warna, hal ini tentunya juga tidak lepas dari sambutan warga kampung yang sangat terbuka dan sangat baik.

Sekarang ini kampung Jodipan sudah sangat apik dengan dekorasi warna yang sangat indah dan tentunya instagramable.

5. Kampung Kelir Kroman di Gresik

Kampung Kelir Kroman di Gresik
Image : www.instagram.com/arga_westau25

Untuk yang kelima ini juga masih di Jawa Timur, tepatnya berada di Desa Kroman Kabupaten Gresik. Disini kamu bisa menemui kampung warna-warni yang sudah ada sejak November 2016 lalu lho.

Tujuan dari dibangunya kampung warna-warni ini adalah menggugah kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan yang mereka tinggali.

Ada sekitar seratusan bangunan mulai dari rumah waarga, tempat ibadah dan balai desa disulap dengan warna yang sangat unik dan apik. Kampung yang dulunya bisa dibilang kumuh inipun sekarang menjadi destinasi wisata yang instagramable dan tentunya sangat menarik untuk dikunjungi.

Nah itulah 5 Pilihan Kampung Warna-Warni Yang Akan Membuat Liburanmu Semakin Berwana, dimanapun pilihanmu gaes, jangan lupa untuk ikut menjaga kebesihan ya, selamat liburan dan jangan membuang sampah sembarangan