5 Tips Bagaimana Mengembangkan Ide Menjadi Sebuah Tulisan

Menulis sekarang ini bisa jadi peluang yang besar untuk setiap orang. Tidak hanya itu, menulis juga bisa menjadi sebuah profesi yang tentunya bisa diandalkan seperti penulis novel, cerpen,berita, maupun artikel lainya.

Banyak orang mengungkapkan ingin menjadi penulis. Namun mereka selalu mengeluh tentang kendala yang ditemui, seperti bagaimana menuangkan sebuah ide mereka kedalam penulisan.

Memang tidak bisa dipungkiri jika hal itu juga tidaklah mudah, tentang bagaimana orang lain bisa mencerna sebuah karya yang kamu tulis. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap gaya tulisan, dan tata bahasa yang digunakan. Tapi hal itu tidak akan menjadi penghambat jika kau benar-benar mau belajar bagaimana menulis yang benar.

Nah jika kamu ingin belajar menjadi penulis, berikut ini ada 5 tips dasar tentang bagaimana sih mengembangkan ide menjadi sebuah tulisan yang bisa dipahami dan dimengerti setiap orang yang membacanya.

1. Pahami bidang yang dikuasai dan Fokuslah

pahami bidanng dan fokuslah

Ketika kamu tidak tau apa yang kamu tulis, apalagi orang lain yang membacanya. Jadi untuk yang pertama, kamu bisa pahami dulu, apa yang kamu kuasai. Jika kamu ingin menguasai bidang baru itu tidaklah masalah, namun ketika akan menuliskanya cobalah belajar lebih dalam lagi tentang bidang itu.

Jadi ketika kamu sudah menguasai sebuah bidang, akan lebih mudah dalam menuangkan kata yang paling gampang untuk dipahami oleh orang lain atau pembaca.

2. Tuangkan apa yang ada dipikiranmu

Tuangkan apa yang ada dipikiranmu

Cobalah untuk menuliskan apa yang ada dipikiranmu, tentunya dengan bidang yang sudah kamu kuasai terlebih dahulu.

Menulislah seperti sedang bercerita kepada orang lain tentang sebuah peristiwa ataupun kejadian tertentu.  Ajaklah pembaca untuk mengikuti alur-alur dalam tulisan yang kamu buat.

3. Jangan Mementingkan Diri Sendiri dan Memaksakan

Jangan Mementingkan Diri Sendiri dan Memaksakan

Yang ketiga ini sangatlah penting. Banyak orang yang hanya mementingkan diri sendiri tentang tulisanya. Cobalah liat dari sisi lain sebagai pembaca, apakah dia bisa mengerti tulisanmu atau tidak.

Ketika pembaca dari awal sudah sulit untuk mencerna tulisan yang mereka baca, dijamin tidak akan melanjutkan membaca tulisanmu.

Kecuali kamu memang sudah memiliki karakter sendiri dalam tulisanmu, atau kamu seseorang artis yang memang sudah dikenal dengan gaya tulisan yang seperti itu.

4. Mengembangkan lagi kedalam susunan kalimat yang efektif

Mengembangkan lagi kedalam susunan kalimat yang efektif

Seperti poin yang ketiga tadi, tentang bagaimana orang lain atau pembaca bisa mencerna sebuah tulisan yang kamu buat.  Tujuan dari kamu menulis adalah untuk mengungkapkan sebuah perasaan, fakta ataupun sikap dengan jelas dan efektif. Sususan kalimat yang berkelanjutan atau berkaitan akan sangat penting.

Jangan membuat tulisan yang tidak ada titik temu, misalnya kamu sedang menjelaskan sebuah produk, namun ditengah artikal malah melebar keberbagai hal. Selain kurang efektif, hal ini juga akan membuat pembaca menjadi malas meneruskan membaca.

5. Bacalah kembali tulisanmu

baca kembali tulisanmu

Yang terakhir adalah membaca kembali tulisan yang kamu buat. Cobalah lihat dari sisi lain atau sebagai pembaca, apakah ada tulisan yang kurang diphami atau ada tanda baca yang kurang. Tanda baca ini menjadi sangat penting karena akan membuat tulisanmu enak dan mudah dibaca.

Kamu juga bisa meminta tolong pada orang terdekat untuk membacanya dan menilai bagaimana tulisan yang kamu buat. Dan ada poin yang perlu kamu tekankan, jangan mudah mennyerah serta terbukalah terhadap kritik dan saran seseorang, karena itu akan membangunmu lebih baik lagi.