7 Cara Mudah Memotong Bawang Tanpa Harus Menangis

4 min read

Bawang Merah. Pastinya semua sudah tau kalau bawang merah ini adalah bumbu wajib dari kebanyakan masakan di Indonesia.

Namun banyak orang yang mengungkapkan ketidaksukaanya saat mengupas atau memotong bawang merah untuk bumbu, karena akan membuat mata pedih dan mengeluarkan air pata atau menangis tanpa sebab.

7 Cara Mudah Memotong Bawang Tanpa Harus Menangis

Tapi mulai sekarang kamu tidak perlu kawatir akan hal itu lagi, karena berikut ini ada cara asik dan mudah untuk menanggulangi mata perih atau menangis saat mengupas bawang merah. Penasaran bagaimana caranya? Simak deh caranya berikut ini.

1. Manfaatkan Air Es

Untuk cara yang pertama adalah dengan memanfaatkan air es. Kamu bisa merendam bawang merah kedalam air es untuk beberapa saat saja. Setelah itu kamu bisa langsung memotongnya. Selain menggunakan air es, kamu juga bisa mendinginkan bawang merah di dalam lemari es. Hal ini akan memperlambat reaksi kimia yang dilepaskan saat bawang merah dipotong.

2. Memilih Pisau Yang Tepat

Yang kedua adalah dengan menggunakan pisau tajam. Pisau yang tajam ini akan membantu mengurangi penguapan zat yang membuat kamu menangis saat memotong bawang merah. Bayangkan saja jika pisau itu tumpul malah akan membuat gesekan da akan memicu keluarnya zat memedihkan mata.

3. Manfaatkan Air Mengalir

Ketika kamu memotong bawang merah di air yang mengalir, zat yang membuat mata pedih itu akan terbawa kedalam air tersebut.

4. Sisakan Akar bawang

Seperti yang diungkapkan The National Onion Association, jika memotong bawang merah bisa ditinggalkan bagian akar bawang. Hal ini dikarenakan di bagian akar bawang itu ada titik terbesar senyawa belerang yang akan membuat mata perih dan menangis tanpa sebab.

5. Memotong Bagian Atas Terlebih dahulu

Hal ini masih dikutip dari The National Onion Association. Kamu bisa memotong bagian atas dari bawang merah terlebih dahulu. Ketika kamu sudah memotong bagian atas bawang sebelum mengupas kulit luar, zat yang memicu pedih dimata akan lebih berkurang.

6. Manfaatkan Cuka

Kamu bisa menyemprotkan sedikit cuka di telanan untuk memotong bawang merah tadi. Larutan cuka akan menghentikan reaksi belerang yang ada di dalam kandungan bawang merah.

7. Manfaatkan Kipas Angin

Kamu bisa memanfaatkan kipas angin saat akan memotong bawang merah. Kipas angin akan membuat zat belerang itu menjauh dari wajah, dan pastinya akan menghindarkan pedih dan menangis.

Load Lebih Banyak Artikel Terkait
Load Lebih Banyak Dari Markinong
Load Lebih Banyak di Tips