Antara Lutung Kasarung dan Keindahan Goa Jatijajar Kebumen

5 min read

Pastinya sudah tahu dan mendengar tentang Lutung Kasarung? Nah terus apa hubunganya dengan keindahan Goa Jatijajar Kebumen ini?

Sebelum lanjut, kenalan dulu yuk dengan Goa Jatijajar. Goa Jatijajar merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang terdapat di Kebumen, selain Pantai Ayah atau Logending.

Goa jatijajar bisa dibilang sangat unik, karena didalamnya pengunjung bisa menemukan diorama tentang Lutung Kasarung.

Kembali lagi, kenapa ada Lutung Kasarung di Goa Jatijajar? Menurut cerita yang berkembang, Goa Jatijar disebut sebagai tempat semedi atau bertapa dari Lutung Kasarung, dan sampai sekarang cerita itu masih ada dengan adanya diorama lutung kasarung yang ada didalam goa.

Keindahan Goa Jatijajar Kebumen

Selain diorama Lutung Kasarung di dalam Goa, pengujung masih akan takjub dengan keindahan Goa Jatijajar, adanya tiang kapur yang terjadi karena pertemuan stalagtit dan stalagmit mejadikan Goa jatijajar ini seperti istana.

Antara Lutung Kasarung dan Keindahan Goa Jatijajar Kebumen
Image : anangelnino.blogspot.com

Menurut penelitian pembentukan Stalagtit membutuhkan waktu yang sangat lama, bahkan dalam satu tahun hanya bisa membentuk stalagtit sekitar 1 cm saja. Jadi bisa disimpulkan jika Goa Jatijajar ini termasuk salah satu Goa Kapur tertua di Dunia.

Patung dinosaurus Goa jatijajar
Image : www.instagram.com/riskiwardania

Masih ada lagi yang unik, yakni tentang patung Dinosaurus sebagai simbol Tempat Wisata Goa Jatijajar yang mengeluarkan air dari Sendang Kanthil dan Sendang Mawar yang tidak pernah kering.

Mitos Goa Jatijajar

Di dalam Goa Jatijajar ini terdapat 7 sungai atau Sendang. Nah yang dapat dicapai dengan mudah hanya 4 sungai saja, nama dari sungai itu adala Sungai Jombor, Sungai Puser Bumi, Sungai Mawar dan Sungai Kanthil.

Mitos yang berkembang jika Sungai atau Sendang Puser Bumi dan Jombor memiliki air yang berkhasiat sebagai perantara berbagai macam tujuan.

Sedangkan Sungai atau Sendang Mawar, memiliki air yang berkhasiat menambah awet muda, jika untuk mandia taupun cuci muka. Dan untuk Sendang Kanthil, jika airnya untuk cuci muka atau mandi, maka cita-citanya akan mudah tercapai.

Fasilitas Goa Jatijajar

Mengenai fasilitas tidak perlu kawatir, karena bisa dibilang sangat lengkap, mulai dari toilet, pedagang cinderamata, dan oleh-oleh lengkap ada disini. Selain itu untuk liburan bersama keluarga, di Goa Jatijajar juga terdapat kolam renang yang sangat asik.

Menuju Goa Jatijajar

Untuk lokasinya bisa dibilang mudah dilalui kok, Goa Jatijajar ini terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Jika dari arah Gombong hanya sekitar 8km saja, menuju kebarat dan ikuti saja papan penunjuka jalan. Selain itu bisa pakai GPS atau tanya langsung warga sekitar untuk lokasinya, jadi jangan kawatir tersesat.

Sangat menarik bukan? Jadi saat berkunjung ke Kebumen jangan sampai kelewatan untuk mampir di Goa Jatijajar ini.

Komentarmu?

Load Lebih Banyak Artikel Terkait
Load Lebih Banyak Dari Mimin Piknik
Load Lebih Banyak di Dalam Negri

Cek Yuk

Sudah Siap ke Festival Lampion Apung 2017 Di Kulon Progo?

Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang lagi, Menoreh Night Festival dengan tajuk Festival La…