Asia Tri Jogja 2017, Festival Seni Pertunjukan Yang Diprakarsai Tiga Negara

Festival Asia Tri adalah sebuah festival seni pertunjukan yang diprakarsai oleh artis dari tiga negara: Korea Selatan, Jepang, dan Indonesia (Yogyakarta). Para seniman yang memprakarsai festival tahunan ini adalah Yang Hye Jin dari Korea Selatan, Soga Masaru dari Jepang, dan Bambang Paningron dan Bimo Wiwohatmo dari Indonesia (Yogyakarta).

Festival ini pertama kali diadakan pada tahun 2005 di Seoul, Korea Selatan, disusul oleh Yogyakarta pada tahun 2006.

Festival Asia Tri Jogja 2017

Sekarang Festival Tri Jogja 2017 akan diadakan di Kaliurang, Kabupaten  Sleman. Akan ada artis dari Malaysia, Jepang, Singapore, Sri Lanka, Taipei, dan artis-artis Indonesia yang datang dari Cirebon, Kalimantan, Bangka, Lampung, Solo, Jakarta, dan Yogyakarta.

Untuk lokasinya sendiri adalah berada di Omah Petroek Hargobinangun Pakem Sleman Yogyakarta. Pada tanggal 27,28,29 September 2017, jam 19.00 wib.

Peta Omah Petroek

Meskipun diprakarsai oleh tiga negara, pada dasarnya festival ini terbuka bagi artis-artis dari negara manapun tanpa memandang latar belakang suku, ras, dan agama. Sebelumnya, telah banyak juga artis-artis dari berbagai negara yang datang dan turut meramaikan festival ini seperti: Belanda, Australia, Jerman, Austria, Libanon, Prancis, and Italia.

Festival ini bertujuan untuk membangun solidaritas di antara seniman, terutama di Asia, yang diharapkan dapat menciptakan pengertian dari berbagai budaya yang berbeda. Yogyakarta sebagai salah satu pemrakarsa juga telah diakui sebagai pusat pengembangan budaya yang akan memberikan dampak positif pada pariwisata, sosial, dan perkembangan ekonomi.

Forum Asia Tri Jogja memberikan ruang yang terbuka bagi para peserta untuk berkolaborasi, berdiskusi, workshop dan mengembangkan jejaring antar seniman yang hadir. Selain program-program pertunjukan, diselenggarakan juga sarasehan dan latihan bersama sehingga terbentuk intercultural experiences diantara para peserta

Festival yang diselenggarakan dilingkungan masyarakat pedesaan ini juga dimaksudkan untuk semakin mempererat kohesi sosial yang sempat terancam retak karena pengaruh kepentingan-kepentingan politik sesaat.

Dari sejak pertama diselenggarakan di Yogyakarta, telah hadir ratusan seniman dari luar negeri yang menyemarakkan acara ini. Tahun ini Seniman yang diundang dalam acara ini adalah seniman-seniman tradisi dan kontemporer dari berbagai bidang yaitu musik, tari, performing art.

Peserta Festival Asia Tri Jogja 2017

  1. Borneo Lantunan Aqoustic/Kalteng
  2. Ranranga Dance Academy/Srilangka
  3. Rina Takahashi /Japan
  4. Jun Amanto /Japan
  5. Nishimonai Bon Odori /Japan
  6. Kalpana do Sivan/Singapore
  7. Rupbiny /Singapore
  8. Poleen Carla Rosito/Philipines
  9. Wang Yeu Kwn/Taipei
  10. Suhaimi Magi/Malaysia
  11. Malang Dance /Malang – Indonesia
  12. Topeng Losari /Cirebon – Indonesia
  13. Ayu Laksmi/Bali- Indonesia
  14. Devi Savitri /Yogyakarta
  15. Kiki Rahmawati /Yogyakarta
  16. Chintya /Yogyakarta
  17. Windarti Dance /Solo
  18. Ayu Permata Dance Company/ Yogyakarta
  19. Satrio Ayodya/ Yogyakarta
  20. Pager Bumi/Garin Nugroho – Bimo Wiwohatmo / Yogyakarta

Jadi tunggu apalagi? Siapkan diri, kosongkan jadwal untuk ke Festival Asia Tri Jogja 2017 kali ini.