Badega Gunung Parang, Teater Alam Untuk Aktifitas Petualangan Yang Takkan Terlupakan

Sudah kenal dengan Badega Gunung Parang? Jika belum, kenalan dulu yuk.

Gunung Parang terletak di Purwakarta, Jawa barat, dan lebih tepatnya, berada diantara dua desa, yakni Desa Pasanggrahan dan Desa Sukamulya.

Jika dilihat dari kalangan pakar Geologi, Gunung Parang sendiri merupakan sebuah sumbat lava dari Gunung Api Purba yang turut membentuk cekungan Bandung.

Jika kita tengok kebelakang, dahulunya Gunung Parang hanya dikenal oleh para pendaki dan pemanjat tebing saja. Hal ini dikarenakan masih sedikit yang mengulas tentang tempat yang sebenarnya sangat indah ini. Nah berhubung perkembangan teknologi yang sangat cepat dan didukung dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya sadar wisata, saat ini Gunung Parang pun mulai dikenal luas bahkan sampai ke ranah Internasional juga.

Kenapa sih dinamai Badega Gunung Parang?

Seperti yang dituturkan penggerak Badega Gunung Parang bapak Dhani Daelami, Nama Badega Gunung Parang ditasbihkan pada tanggal 17 Desember 2013 oleh Bupati Purwakarta, H. Dedi Mulyadi SH, yang artinya Penjaga Gunung Parang, dengan tujuan menjaga alam dan Gunung Parang dari kerusakan dan menggantinya menjadi manfaat dan meningkatkan ekonomi warga di lingkar Gunung Parang melalui Pariwisata.

Terus, Yang Menarik Apa Sih dari Badega Gunung Parang?

Seperti judulnya, Badega Gunung Parang adalah Teater Alam Untuk Aktifitas Petualangan yang akan menyuguhkan pengalaman yang tidak akan terlupkan ketika berkunjung.

Badega Gunung Parang
Image By : www.instagram.com/rdzullians

Semua aktivitas menantang seperti mendaki gunung, panjat tebing, sampai olahraga ekstrim lainnya lengkap jadi satu dan bahkan hanya ada satu-satunya di Indonesia, yaitu Purwakarta.

Di Badega Gunung Parang, semua orang bisa menjadi petualang dan asiknya lagi, bisa berpetualang dengan bebas tanpa ada rasa takut, karena disini semua fasilitas dan permainan di desain untuk semua kalangan.

Gunung Parang
Image By : www.instagram.com/ivoast

Badega Gunung Parang ditata secara alami tanpa mengganggu ekosistem yang ada, karena disini pengunjung bakal bermain di alam liar, dengan pengawalan para guide yang berpengalaman.

Fasilitas apa saja di Badega Gunung Parang?

Saat ini fasilitas yang tersedia disini adalah Camping Ground, Penginapan Backpacker, Warung Makan, Toilet, dan di akhir kuartal ke 3 tahun 2017, tepatnya bulan Oktober 2017, akan disiapkan fasilitas penginapan di atas tebing (skylodge), resort, resto di tengah sawah, dan RockPark (beberapa permainan petualangan yang ada di dinding gunung parang yang belum pernah ada di Indonesia).

Bagaimana akses jalan menuju Badega Gunung parang?

Untuk menuju Badega Gunung Parang bisa diakses dari Jakarta hanya 3 jam atau Bandung hanya 2 jam lewat Tol Cikampek / Cileunnyi menuju Purwakarta.

Jika menggunakan mobil :
  1. Untuk Rute ke Kampung Cihuni, dari Jakarta bisa melalui jalan tol “PUBALEUNYI,  kemudian keluar di PURWAKARTA/JATILUHUR/CIGANEA.
  2. Setelah keluar dari Gerbang Tol JATILUHUR, lurus terus sampai dengan pertigaan lampu merah, kemudian belok kanan ke arah PLERED.
Jika menggunakan motor
  1. Untuk rute dari Jakarta, bisa melalui jalan raya umum ke arah CIKAMPEK terus menuju SADANG, kemudian dilanjutkan ke arah PURWAKARTA.
  2. Dari PURWAKARTA, menuju ke CIGANEA, kemudian dilanjutkan ke PLERED, dan silahkan memilih pilihan rute yang ada di bawah ini.

 Untuk lokasi Google Map ada disini

Tips Berkunjung ke Badega Gunung Parang

  1. Badega Gunung Parang buka sepanjang tahun, 24 jam.
  2. Harga tiket dan bagaimana cara berkunjung bisa menghubungi call center di 087874708230 atau 087775616496 atau promo-promo tersedia di instagram @badegaparang
  3. Tetap untuk menjaga kebersihan ya, kalau bukan kita siapa lagi.