Berdasarkan Waktu, 7 Tempat Ini Paling Pas Menikmati Gerhana Matahari 9 Maret 2016

5 min read

Pastinya sudah tahu jika pada tanggal 9 maret 2016 ini bakal terjadi Gerhana Matahari Total. Gerhana matahari total kali ini benar-benar spesial bagi Indonesia seperti yang sudah kita bahas sebelumnya tentang fakta unik dari gerhana matahari 9 maret 2016 ini.

Indonesia bisa menikmati Gerhana Matahari Total ini. Namun hanya beberapa daerah yang bisa menikmati secara maksimal atau benar-benar gerhana matahari total.

Berdasarkan Waktu, 7 Tempat Ini Paling Pas Menikmati Gerhana Matahari 9 Maret 2016

Nah berikut ini ada 7 tempat yang sangat rekomended untuk menikmati gerhana matahari total berdasarkan waktunya.

Untuk Waktu Indonesia Barat (WIB)

1. Bangka Belitung

Jika kamu ingin liburan sambil menikmati Gerhana Matahari total bisa ke Bangka dan Belitung. Jika tidak mau repot mengurus liburanmu, bisa memesan beberapa paket tour, karena disini sudah banyak yang menyediakan paket tour Bangka dan Belitung untuk spesial Gerhana Matahari.

Diperkirakan Gerhana Matahari total akan terjadi di Bangka pada pukul 7.21 WIB sedangkan untuk Belitung pukul 06.24 WIB dan berlangsung selama 2 menit 2 detik.

2. Palembang

Jika kamu orang Palembang, kamu bisa menikmati secara utuh gerhana matahari total pada tanggal 9 maret 2016 ini. Kamu bisa mulai sekarang menyiapkan tempat yang asik untuk menikmatinya.

Gerhana Matahari di Palembang ini diperkirakan mulai sejak pagi selama 1 menit 50 detik dan diperkirakan akan mulai pada pukul 7.20 WIB.

3. Palangkaraya

Masih di Indonesia bagian Barat yakni kota palangkaraya. Di kota ini kamu bisa menikmati gerhana cukup lama mencapai 2 menit 29 detik.

Uniknya di Palangkaraya ini pada tanggal 8-9 maret akan diadakan berbagai pentas kesenian, fashion show dan kuliner yang bisa kamu nikmati sambil melihat gerhana matahari total. Jadi akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlewatkan.

Waktu Indonesia Tengah (WITA)

1. Kota Balikpapan

Kita beralih ke Indonesia Bagian Tengah. Kota Balikpapan bisa jadi pilihan tepat untuk menikmati Gerhana Matahari total pada tanggal 9 maret 2016 ini.

Gerhana Matahari total akan terjadi sekitar pukul 8.34 WITA dan diperkirakan akan berlangsung selama 1 menit 10 detik saja.

2. Palu

Masih di Indonesia bagian Tengah, Kota Palu juga bisa kamu jadikan tempat menikmati gerhana matahari total tanggal 9 maret 2016 ini. Di kota palu akan terjadi gerhana yang bisa dibilang cukup lama juga yakni mencapai 2 menitan pada pukul 8.38 WITA.

Waktu Indonesia Timur (WIT)

1. Ternate

Jika kamu ingin berlibur di Indonesia bagian timur sambil menikmati Gerhana Matahari total, di Ternate ini bisa jadi pilihan tepat. Di Ternate gerhana akan terjadi sangat lama, mencapai sekitar 2 menit 39 detik pada pukul 9.15 WIT.

Pemerintah kota Ternate pun juga mempersiapkan beberapa tempat strategis untuk mengamati gerhana matahari secara maksimal.

2. Halmahera

Selain Ternate, kamu juga bisa memilih Halamahera untuk menikmati Gerhana Matahari Total di Indonesia bagian timur ini. Diperkirakan kota Halmahera ini akan berlangsung gerhana matahari total selama 1 menit 36 detik.

Selain menikmati gerhana matahari, kamu juga bisa mengunjungi berbagai objek wisata yang ada di Halmahera yang sangat menakjubkan.

Komentarmu?

Load Lebih Banyak Artikel Terkait
Load Lebih Banyak Dari Mimin Piknik
Load Lebih Banyak di News

Cek Yuk

Sudah Siap ke Festival Lampion Apung 2017 Di Kulon Progo?

Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang lagi, Menoreh Night Festival dengan tajuk Festival La…