Berwisata Budaya ke Museum Batik Kuno Danar Hadi Solo

Wisata Budaya Museum Batik Kuno Danar Hadi merupakan Salah satu pilihan terbaik keluarga saat liburan tiba atau cuti ialah berwisata seni budaya. Wisata berbasis seni budaya adalah sebuah jenis kegiatan pariwisata yang menggunakan kebudayaan sebagai objeknya.

Indonesia sendiri sebagai negara kepulauan terbesar dunia, memiliki beragam etnis dan suku bangsa dengan adat istiadat dan kebudayaan yang memiliki keunikan masing-masing dari setiap wilayahnya. Tak terkecuali Kota Solo.

museum batik danar hadi solo

Kota Solo adalah salah satu kota besar di Indonesia yang masih menjaga dan memelihara adat kebudayaan tradisional khas Jawa yakni seni batik. Batik sendiri seakan menjadi ikon kota Solo, karenanya di Solao banyak dijumapai tempat wisata budaya yang menyuguhkan karya batik yang terkenal dan salah satu yang terkenal sudah sejak lama ialah Musem Batik Kuno Danar Hadi.

Berwisata Budaya ke Museum Batik Kuno Danar Hadi Solo
Image : www.instagram.com/devidhede

Museum Batik Kuno Danar Hadi adalah salah satu museum batik terbaik di Indoensia yang mempunyai berbagai macam koleksi kerajinan batik terlengkap di seluruh Indonesia.

Museum ini berada di Jalan Slamet Riyadi 261 Surakarta, Solo, Jawa Tengah, Indonesia. Pada mulanya museum ini didirikan oleh seorang pengusaha batik bernama Haji Santosa Doellah, yang mana beliau ini sudah mengumpulkan batik dari seluruh penjuru Indonesia dan sebelumnya beliau juga telah memiliki sebuah usaha batik yang bernama Batik Danarhadi.

Museum Batik Danar Hadi memamerkan kurang lebih sekitar 10.000 lembar kain batik yang sebelumnya telah dikumpulkan oleh pemilik museum ini dan diletakkan dibagian depan museum.

Selain itu, museum ini menunjukan berbagai koleksi spesial batik kuno dengan motif yang unik dibuat dari cerita rakyat atau legenda. Salah satu contohnya adalah batik Snow White yang menceritakan kisah tentang Snow White. Pada pertengahann abad ke 19, batik ini didesain oleh seorang wanita berdarah Indo-Belanda.

Tidak hanya digunakan sebagai museum, Museum Batik Kuno Danar hadi juga mempunyai fungsi lain sebagai pabrik yang membuat berbagai macam batik yang berada dibagian belakang museum.

Belajar membatik di museum batik danarhadi
Image : www.instagram.com/museumbatikdanarhadi

Kita bisa belajar membatik di Museum Batik Kuno Danar hadi karena disini menyediakan paket workshop untuk pembuatan batik tulis satu warna selama lima hari.

Bagian yang paling penting dari museum ini adalah menjadi tempat bagi pecinta batik untuk mendapatkan produk-produk batik indah dan langka yang dihasilkan di Museum Batik Kuno Danar hadi.

Harag Tiket Museum Batik Kuno Danar Hadi

Museum Batik Kuno Danar Hadi dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 pagi sampai 16.30 sore waktu setempat dengan biaya tiket seharga Rp. 35.000,- untuk pengunjung asing, Rp. 25.000,- untuk pengunjung domestik, dan Rp. 15.000,- untuk pelajar. Terjangkau bukan?

Nah itulah review singkat wisata budaya Museum Batik Kuno Danar Hadi. Berwisata sambil mengenal budayanya. Mengapa tidak? Happy Travelling Gaes!