IBX582AA15FA58E8

Candi Gunung Kawi, Candi Unik Dari Bali Yang Nempel Di Tebing

Di Bali ternyata tidak hanya keindahan pantainya saja yang menakjubkan, masih ada situs sejarah yang sangat unik, yakni Candi Gunung Kawi.

Menurut sejarah, Candi Gunung Kawi ini dibangun oleh Anak Wungsu adik dari raja Airlangga pada abad 10-11 Masehi. Untuk letaknya sendiri, Candi Gunung Kawi ini berada di Sungai Pakerisan, Dusun Penaka, Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar Bali.

Yang unik Dari Candi Gunung Kawi

Candi Gunung Kawi, Candi Unik Dari Bali Yang Nempel Di Tebing

Image By : www.instagram.com/kadekbagus07

Seperti judulnya, ada yang sangat unik dari Candi Gunung Kawi ini, yakni tentang bahan dan tempat membuatnya. Berbeda dengan candi pada umumnya yang terbuat dari batu, Candi Gunung Kawi ini terbuat dari dinding batu padas.  Jadi jika ketika dilihat, Candi Gunung Kawi seperti menempel di tebing yang dipahat kedalam.

Pemberian nama Gunung Kawi sendiri berasal dari bentuk candi yang unik tersebut. Kata Kawi berasal dari pahatan, jadi Candi Gunung Kawi menyiratkan bentuk candi yang unik dengan cara dipahat.

Masih ada lagi pesona dari Candi Gunug Kawi ini, yakni tentang kawasan disekitar Candi. Untuk masuk, pengunjung harus melewati sekitar 300an anak tangga, disitulah bakal tersaji, keindahan alam yang sangat asri, rimbun dan sangat tenang.

Komplek Menuju Candi Gunung Kawi Bali

Image By : www.instagram.com/pla_tox

Komplek Candi Gunung Kawi ini ada 2 dan dipisahkan oleh sungati Pakerisan, yang satu berada disebelah barat sungai dengan 4 buah Candi dan sebelah timur sungai dengan 5 buah Candi. Sedangkan untuk komplek kedua disini terdapat 5 buah Candi dengan pemandian unik dengan air mancur.

Menuju Candi Gunung Kawi

Untuk menuju Candi Gunung Kawi ini bisa dibilang sangat mudah kok, hal ini karena komplek dari Candi Gunung Kawi yang sangat strategis, berada skitar 40 km dari Kota Denpasar. Jadi jika ingin berkunjung kesini, langsung saja menuju Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, bali.

Benar-benar sangat menarik bukan? memang harus bersyukur kita sudah dilahirkan di Indonesia, dengan beragam pesona yang ada di dalamnya. So, jika berkunjung ke Bali, jangan lupa untuk berkunjung ke Candi Gunung Kawi, selain Candi yang sangat unik, disini kita juga bisa belajar dari nilai sejarah yang ada disini.

Foto Profil dari Mimin Piknik
Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan

IBX582AA15FA58E8