Cerita Dibalik Indahnya Pantai Menganti Kebumen

6 min read

Pastinya masih terasa asing dengan Pantai Menganti? Wajar saja, pantai yang satu ini memang tidak seterkenal pantai lain yang ada di Indonesia. Namun jika ditelusuri lebih jauh, keindahan Pantai menganti ini tidak kalah indah dengan Pantai-pantai yang ada di Indonesia.

Seperti judulnya, dibalik keindahan Pantai Menganti, terdapat kisah percintaan yang bisa dibilang tragis. Menurut cerita yang beredar, dahulu kala ada seorang panglima dari kerajaan yang melarikan diri ke pesisir selatan Jawa, pelarian ini didasarkan tidak direstuinya hubungan dengan sang kekasih oleh orang tuanya.

Sepasang kekasih itupun berjanji untuk bertemu di Samudra yang ada di Selatan Jawa. Panglima pun menanti sepanjang hari untuk menemui kekasihnya itu. Namun tragisnya sang kekasih itupun tidak kunjung datang padahal sudah menanti begitu lama.

Tidak hanya itu, Mitos yang beredar disini juga tidak boleh mengenakan baju dengan warna hijau gadung, karena hal ini kental kaitanya dengan Nyi Roro Kidul.

Keindahan Pantai Menganti

Dibalik kisah tentang Pantai Menganti tersimpan keindahan pantai yang sangat luar biasa. Pengunjung bisa menemukan pantai pasir putih yang bergandengan manis dengan birunya laut serta diselimuti bukit-bukit hijau dan tebing alam yang menjulang sangat tinggi. Hal ini tidak akan ditemui dipantai lain selain di Pantai Menganti.

Keindahan Pantai Menganti
image : @ali_haruki

Tidak hanya itu, jika pengunjung ingin menikmati Pantai Menganti dari atas bukit bisa naik ke atas bukit untuk Tanjung Karangbata.

Ketika sampai di Tanjung Karangbata, pengunjung bakal disuguhkan lanscape Samudra Hindia dan sebuah pulau karang. Di spot ini, pengunjung bisa sambil duduk dan berteduk di gubuk yang sudah disediakan khusus untuk wisatawan yang berkunjung.

Keindahan Pantai Menganti Kebumen
image IG : @denifahmii

Yang unik dari tempat ini adalah ketika musim hujan tiba, pengunjung bakal menemui beberapa air terjun yang muncul dengan ketinggian kurang lebih 30an meter, ditambah dengan bukit yang nampak hijau subur yang akan menambah pesona indah Pantai Menganti.

Menuju Pantai Mengati


Pantai mengati berada tepat di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai Menganti juga merupakan satu-satunya pantai berpasir putih yang berada di Jawa Tengah.

Untuk menuju Pantai Menganti memang bisa dibilang agak susah, karena akses jalan yang masih sulit ditambah lingkungan perbukitan.

Disarankan untuk mengenakan kendaraan yang benar-benar prima, karena rutenya memang agak sulit dan harus berhati-hati. Jika dari Kota Kebumen bisa langsung menuju Pantai Petanahan-Pantai Suwuk-Pantai Karang Bolong, setelah itu bisa menuju Pantai Ayah dan mengikuti jalan hingga melewati Pantai Pasir hingga sampai di Desa Karangduwur, dari situlah bisa ditemui papan menuju Pantai Menganti.

Fasilitas Pantai Menganti

Di Pantai Menganti, sekarang sudah bisa ditemu beberapa homestay yang bisa jadi pilihan untuk menginap, selain itu beberapa fasilitas seperti Warung Makan, Tempat Parkir sampai Mushola juga sudah ada.

Tips Berkunjung Ke Pantai Mengati

  1. Persiapkanlah fisik dengan matang, tidak mau kan kalau liburan kacau karena kurang sehat atau yang lainya
  2. Wajib menjaga kebersihan ya, karena kalau bukan kita sendiri yang menjaganya siapa lagi?
  3. Gunakan kendaraan ang benar-benar prima, karena medan yang agak begitu sulit
  4. Jangan lupa sediakan uang tunai ya, karena akan sulit Menemukan ATM di area ini
Load Lebih Banyak Artikel Terkait
Load Lebih Banyak Dari Mimin Piknik
Load Lebih Banyak di Dalam Negri