Cobain Growol Yuk, Makanan Unik Dengan Citarasa Menarik Dari Kulon Progo

Pasti bertanya-tanya, apa sih itu Growol? Bahkan jika ditanya pada anak jaman sekarang yang bertempat tinggal di Kulon Progo kemungkinan banyak yang kurang tau.

Memang tidak bisa dipungkiri jika makanan khas dari Kulon Progo, Yogyakarta yang satu ini sudah hampir tenggelam, namun bagi orang yang tahun kelahiran 90an kebawah biasanya growol masih menjadi salah satu makanan favorit untuk sekedar camilan atau bahkan makanan pokok.

growol-khas-kulon-progo
Growol Khas Kulon progo (Image : philipsrobert.blogspot.co.id)

Jika ditengok kembali ke belakang, Growol merupakan salah satu makanan pengganti nasi yang memiliki rasa hambar atau gurih, sedangkan untuk bahan yang digunakan untuk membuat growol itu sendiri dari singkong, jadi sudah pasti akan mengenyangkan.

Makan Growol bisa sangat menyenangakan jika dibarengi dengan pasanganya gaes, untuk beberapa pasangan yang paling pas dimakan bareng growol diantaranya adalah tempe benguk (besengek), srundeng, pentho dengan bahan baku kelapa, dan yang paling enak dan difavoritkan adalah dengan kethak yang merupakan endapan dari pengolahan minyak kelapa.

growol-dengan-kethak
Growol dengan Kethak (Image : liputan.tersapa.com)

Citarasa dari Growol ini sangat unik lho, jadi ketika liburan ke Kulon Progo, jangan ragu untuk mencicipinya, karena selain mengenyangkan, harganya pun sangatlah terjangkau sekitar 5-10 ribu sudah dapat merasakan uniknya citarasa dari Growol.

Nah untuk mencarinya beberapa orang mengungkapkan susah, padahal jika ditelisik lagi masih banyak kok yang jual growol. Coba saja datang ke pasar tradisional yang ada di Kulon Progo. Atau bisa juga langsung ke Pasar Wates, disana banyak yang masih menjual growol tradisional dengan berbagai pilihan pasangan untuk memakanya tadi.

Biasanya yang buka sampae sore adalah di sebelah timur kantor Pasar Wates di lantai 2, disana lengkap banget gaes growolnya, mulai dari growol dengan cara pembuatan digiling ( memiliki tekstur lembut) dan yang manual tanpa alat giling (agak kenyal).

cobain-growol-yuk-makanan-unik-dengan-citarasa-yang-menarik-dari-kulon-progo
Growol disandingkan dengan srundeng dan tempe benguk (Image : www.instagram.com/insiyahqatrunnada)

Selain itu sekarang juga ada berbagai varian growol lho, jadi tidak hanya rasa hambar atau gurih saja, namun bisa ditemui dengan berbagai pilihan rasa seperti manis bahkan ada juga yang dibuat brownis Growol.

So jangan sampai lupa, ketika berkunjung ke Kulon Progo, Growol bisa jadi salah satu pilihan makanan khas dari Kulon Progo yang wajib untuk dicoba.

Nah jika ada referensi tempat untuk membeli Growol di Kulon Progo, jangan lupa Komentar dibawah ya, biar di tambahkan mimin kesini.

  1. Growol Pasar Wates, Lokasi : Pasar Wates Lt2 (Sebelah timur kantor) Buka setiap hari.
  2. Growol Pasar Jombokan, Lokasi : Pasar Jombokan (Didalam Pasar) Buka setiap Pon, Kliwon