Embung Banjaroya Kulon Progo, Waduk Mini Dengan Keindahan Maksimal

4 min read

Jika mendengar Waduk di Yogyakarta pasti yang terbesit adalah Waduk Sermo yang ada di Kulon Progo, Waduk indah yang merupakan satu-satunya waduk di Yogyakarta.

Nah untuk kali ini berbeda, karena bukan waduk sermo, namun masih satu daerah yakni di Kulon Progo. Waduk Mini atau embung ini bernama Embung Bajaroya.

Nama dari Embung atau Waduk Mini Bajaroya ini diambil dari daerah embung itu berada, yakni Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kapubaten Kulon Progo, Yogyakarta.

embung banjaroya indah banget
image : mandrapahlawa.blogspot.co.id

Seperti judul diatas, Embung Banjaroya ini memiliki keindahan yang maksimal, walaupun bentuk waduk atau embungnya mini.

Keindahan Embung Bajaroya Kulon Progo

Keindahan dari Embung Banjaroya ini sangatlah istimewa. Selain lokasinya diperbukitan menoreh yang terkenal akan kehijauan dan keasrianya, embung ini sangatlah cocok untuk wisata dengan teman maupun keluarga.

pemandangan sekliling embung banjaroya
image : titik0jogja.blogspot.co.id

Pengunjung yang datang ke Embung Bajaroya akan disuguhkan panorama alam yang sangat luar biasa indah. Jika menoleh keutara bakal melihat megahnya Gunung Merapi dan Merbabu yang terlihat sangat dekat (jika cuaca sedang cerah).

Embung yang memiliki ikon Durian Raksasa di depan pintu masuk ini akan sangat ccocok untuk menikmati senja, karena jika cuaca sedang cerah, pengunjung akan disuguhkan indahnya sunset yang seakan-akan matahari bersembunyi dibalik perbukitan menoreh Kulon Progo.

Di daerah Embung Banjaroya ini juga merupakan sentral durian menoreh terbaik. Hal iniliah yang mendasari dipasangnya ikon durian raksasa di pintu masuk Embung.

Jadi saat musim durian, pengunjung bisa menikmati durian dari penjual di dekat situ, selain itu disini juga sering sekali diadakan festival durian di daerah Kalibawang, yang merupakan satu kecamatan dengan Embung Banjaroya. So pasti pencinta durian bakal berkumpul disini untuk menikmati durian spesial khas dari Kulon Progo.

Lokasi Embung Banjaroya

Mengenai lokasinya sangat mudah dicari kok

Jika dari arah dari Jogja langsung dari Jl. Godean lurus kebarat hinga sungai progo. Setelah sungai progo, bakal menemui lampu merah (Daerah Kenteng Nanggulan) setelah itu ambil kanan sampai ketemu dengan Rest Area Pasar Bendo. Setelah itu bisa ambil kiri ke atas. Paling mudah bisa arahkan GPS ke Rest Area Pasar Bendo.

Komentarmu?

Load Lebih Banyak Artikel Terkait
Load Lebih Banyak Dari Markinong
Load Lebih Banyak di Dalam Negri

Cek Yuk

Pulau Moyo, Surga Mungil Dari Sumbawa

Mungkin masih banyak yang belum kenal dengan yang namanya Pulau Moyo. Jika kamu tahu gaes,…