Film Hasil Workshop Lab Sinema FKY 28 Ditayangkan di Bioskop FKY 28

3 min read

Sebagai penutup rangkaian program Bioskop Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 28 yang dimulai sejak  26 Agustus lalu, tadi malam jam 19:00 WIB sudah diputar film hasil workshop LabSinema FKY 28.

LabSinema merupakan workshop atau kelas belajar film bersama yang dilaksanakan 27 – 29 Agustus 2016 lalu di bawah program Bioskop FKY.

Setelah melewati seleksi pelajar yang turut serta dalam workshop LabSinema tahun ini adalah :

  1. Muhammad Fikri Haikal Aida Rafiq dari MA Keterampilan Al – Irsyad Demak
  2. Cassimirus Satrio Pinondhityo Putro Ardono dari SMA Pangudi Luhur Yogyakarta
  3. Dhea Fylla Ifadha dari MAN Yogyakarta 1
  4. Muhammad Yusuf dari SMK Tamansiswa Yogyakarta
  5. Angger Dewi Ayuningsih dari SMK N 2 Yogyakarta
  6. Rifan Wirawan dari SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta
  7. Mohammad Adib Al Fadlly dari MAN Demak
  8. Milata Ihsani Hanifa dari MAN Yogyakarta II

ePoster Bioskop FKY 28

Workshop yang dibuka bagi pelajar berusia maksimal 18 tahun ini dibagi jadi lima kelas yaitu apresiasi film, pengembangan cerita, desain dan teknik produksi, aplikasi materi, dan pasca produksi/ editing, dengan peralatan yang difasilitasi oleh FKY dan AKINDO.

“Apresiasi film sangat penting untuk menambah wawasan peserta,” kata Yulius Pramana Jati, pegiat komunitas film Gebertaling Tarung. Dia menjelaskan, menguasai pengetahuan tentang produksi film saja tidak cukup. Maka dia juga membahas sejarah film, tujuan film diciptakan, dan sebagainya.

Peserta workshop ini dibagi menjadi dua tim produksi, masing-masing terdiri dari 4 orang.  Selama workshop para peserta  memproduksi film mengenai Festival Kesenian Yogyakarta 28. Film hasil diproduksi oleh masing-masing tim tersebutlah yang malam ini akan diputar di Bioskop FKY.

Pencapaian dari LABSINEMA FKY adalah lahirnya opini dan gagasan dari anak muda dalam memandang FKY secara jujur melalui film. Sesuai dengan makna laboratorium yang bermakna ruang untuk percobaan dan penelitian, harapan lebih jauh bagi LABSINEMA FKY ini adalah film-film yang hadir mampu ‘merekam’ FKY dari pihak eksternal dengan lebih dalam dari sekedar dokumentasi audiovisual.

“Jadi target workshop ini adalah membuat film dalam sehari dengan tema FKY,” kata Andrika Permata Sari, Koordinator Bioskop FKY 28.

Load Lebih Banyak Artikel Terkait
Load Lebih Banyak Dari Mimin Piknik
Load Lebih Banyak di Event