Kenalan Dengan Geblek, Makanan Unik Khas Kulon Progo Yogyakarta

5 min read

Geblek. Ingat, ini bukan ungkapan kata untuk ngatain, tapi ini adalah makanan khas dari Yogyakarta bagian barat alias Kulon Progo.

Tidak hanya panorama alam perbukitan menoreh saja yang ada di Kulon Progo ini, namun ada makanan khas yang namanya sangat unik dan tentunya wajib dicoba ketika berkunjung kesini. Makanan itu adalah Geblek.

Geblek bisa dibilang seperti cireng “bahan yang digunakan sama” namun yang berbeda adalah bentuk dan rasanya.

Jika cireng memiliki banyak rasa seperti pedas atau lainya, Sedangkan geblek hanya memiliki rasa asli dari aci yang digoreng saja dan bentuknya seperti angka delapan.

Geblek, Makanan khas Kulon Progo yang ngangenin
image : www.masakandapurku.com

Jangan mengerutkan dahi dulu, apalagi berfikir rasanya pasti tidak enak. Berbeda dengan cireng yang biasa ditemui, Geblek memiliki citarasa yang sangat enak, apalagi dijodohkan dengan tempe benguk.

Semakin bertanya-tanya lagi, Apa Itu Tempe Benguk?

Tempe benguk, pasangan serasi makan geblek
image : wisata-kulonprogo.blogspot.co.id

Tempe benguk juga merupakan makanan khas yang bisa kamu temui jika datang ke Kulon Progo. Tempe benguk ini merupakan tempe yang terbuat dari biji benguk yang dibungkus daun pisang dan merupakan pasangan serasi saat makan Geblek.

Geblek akan sangat cocok jika dimakan selagi panas, karena jika sudah dingin teksturnya akan sangat kenyal dan keras.

Seiring perkembangan jaman, makanan yang sekarang jadi ikon batik khas Kulon Progo (Geblek Renteng) sudah mengalami beberapa perkembangan, mulai dari penyajian sampai bentuk dari geblek itu sendiri.

Cara pembuatan geblek juga cukup sederhana, dengan bahan utama adalah tepung kanji. Walaupun geblek ini bisa dibilang sangat sederhana dalam pembuatan dan bahan yang digunakan, namun dalam proses pembuatanya membutuhkan beberapa langkah yang agak ribet.

Geblek bisa jadi salah satu pilihan oleh-oleh saat datang ke Kulon Progo karena sangat awet. Jika membawa dalam keadaan mentah (tinggal goreng) bisa bertahan sekitar 4 hari walaupun tanpa pengawet.

Mencari penjual geblek di Kulon Progo tidaklah sulit, karena banyak tempat wisata di Kulon Progo terdapat penjaja makanan khas yang satu ini.

Selain itu jika ingin langsung mencari bisa langsung menuju pasar tradisional di di Kulon Progo. Jangan kawatir masalah harga, karena masih sangat murah dan terjangkau kok.

Jadi jika kamu ke Kulon Progo dan tidak mencoba makanan khas yang satu ini, tidak akan lengkap rasanya.

Berikut ini ada referensi dari Pembaca #Piknikdong mengenai Lokasi Penjual Geblek Khas Kulon Progo :

  1. Geblek Mbah Yol, Geblek Tradisional yang sudah terkenal sejak dulu Alamat : Garang, Tawangsari, Pengasih, Kulon Progo
  2. GG (Geblek Gendhuk) Bogowonto, Geblek yang beraneka rasa, Alamat : Stand geblek di Pantai Congot dan Pantai Glagah
  3. Geblek Mbah Tun Tegalsari, Alamat :  Jl. Dekso-Plono km.16 Tegalsari, Ngargosari, Samigaluh Kulon Progo
  4. Geblek Sali, Alamat :  Barat Masjid Pasar Bendungan, Wates, Kulon Progo (Buka Sore-Malam, tempe benguk juga ada dan siap-siap ngantri, pembelinya rame banget)

Komentarmu?

Load Lebih Banyak Artikel Terkait
Load Lebih Banyak Dari Markinong
Load Lebih Banyak di Destinasi

Cek Yuk

Pulau Moyo, Surga Mungil Dari Sumbawa

Mungkin masih banyak yang belum kenal dengan yang namanya Pulau Moyo. Jika kamu tahu gaes,…