Gumuk Pasir Parangkusumo, Gurun Pasir Ala Jogja

4 min read

Seperti biasanya, Yogyakarta selalu menyajikan hal yang sangat unik dalam hal obyek wisatanya, seperti yang satu ini, Gumuk Pasir Parangkusumo.

Pasti bertanya-tanya, di Indonesia emangnya ada gurun pasir? apalagi ini di Jogja yang biasanya didominasi wisata belanja, laut sampai gunung. Tapi tahukah kamu gaes jika Gurun Pasir di Jogja ini benar adanya, dan ini terbentuk secara alami lho.

Gurun pasir ala Jogja ini sudah dikenal sekitar 2 tahun yang lalu, dan sampai sekarang dilakukan pengembangan untuk membuat tempat ini lebih menarik untuk dikunjungi.

Gumuk Pasir Parangkusumo, Gurun Pasir Ala Jogja
By : @Septiyanindra

Lokasi Gurun Pasir Ala Jogja atau Gumuk Pasir Parangkusumo ini tepat diantara Pantai Parangtritis dan pantai Depok, atau sebelah selatan Yogyakarta. Untuk mencapai lokasi ini sangat mudah kok gaes, hanya perlu sekitar 1,5 jam dari pusat Kota Yogyakarta.

Apa saja sih yang ada di Gumuk Pasir Parangkusumo?

Gumuk Pasir Parangkusumo ini menyajikan hamparan pasir yang sangat luas, hal inilah yang membuat tempat ini dinamakan Gurun Pasir Ala Jogja. Bagi pecinta sosial media, tempat ini sangat instrgamable lho gaes, dengan lanscape hamparan pasir yang sangat luas, foto kalian bakal sangat keren.

Ayunan Gumuk pasir Parangkusumo
Image By : www.instagram.com/haffindrap

Ditambah lagi ada beberapa spot foto yang memang sudah disediakan untuk pengunjung, seperti rumah kayu untuk bersantai, sampai ayunan besar yang sangat unik untuk dijadikan spot foto ditengah Gumuk Pasir Parangkusumo.

Sandboarding Gumuk Pasir Paarangkusumo
Image By : www.instagram.com/pupunktiyas

Tidak hanya instagramable, Gumuk Pasir Parangkusumo semakin keren dengan adanya tempat bermain Sandboarding atau bermain sky diatas pasir. Hal ini sangat menyenangkan lho gaes, jika ingin mencobanya bisa datang ke Gumuk Pasir Parangkusumo.

Tiket masuk Gumuk Pasir Parangkusumo

Masuk ke Gumuk Pasir Parangkusumo ini gratis lho gaes, namun ingat harus membayar biaya parkir lho ya, untuk menjaga kendaraan kita selalu aman.

Tips Ke Gumuk Pasir Parangkusumo

Nah yang terakhir adalah tips berkunjung ke Gurun Pasir ala Jogja ini gaes. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan seperti Payung/Kain lebar, sandal jepit dan tentunya sunblock.

Waktu yang tepat berkunjung ke Gurun Pasir Parangkusumo adalah setelah jam 1 siang. Ingat, sebaiknya hindari jam 12.00 sampai jam 13.00, karena pasirnya akan terasa sangat panas, dan tentunya juga tidak baik untuk kulit.

Selain itu seperti yang sudah disebutkan diatas jika jangan lupa membawa sandal, karena akan lebih mudah berjalan di pasir dengan sandal daripada menggunakan sepatu.

Sekarang sudah siap kan untuk main ke Gumuk Pasir Parangkusumo? Ingat tetap jaga kebersihan ya.

Komentarmu?

Load Lebih Banyak Artikel Terkait
Load Lebih Banyak Dari Mimin Piknik
Load Lebih Banyak di Dalam Negri

Cek Yuk

Sudah Siap ke Festival Lampion Apung 2017 Di Kulon Progo?

Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang lagi, Menoreh Night Festival dengan tajuk Festival La…