Indahnya Pantai Klayar Pacitan Berpadu Uniknya Seruling Laut

4 min read

Sudah pernah ke Pacitan? Jika sudah, pastinya kenal dengan pantai yang wajib dikunjungi satu ini, yakni Pantai Klayar.

Secara administratif, Pantai Klayar berada tepat di Desa kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten pacitan, Jawah Timur.

Ada apa aja sih di Pantai Klayar Pacitan?

Pantai Klayar menyajikan hamparan pasir putih yang sangat apik dan birunya air laut yang sangat mempesona.

pantai klayar
image : twitter.com/indtravel

Di Pantai Klayar pengunjung bisa menemukan beberapa batu karang raksasa yang memiliki celah. Nah yang unik dari batu karang ini adalah saat ombak datang mengenai karang.

Ketika ombak mengenai karang dengan keras, maka air dari ombak tadi akan melewati lubang yang ada di karang dan membuatnya seperti air mancur yang berukuran sangat besar dan bisa mencapai 10m.

seruling laut yang ada di pacitan
image : www.instagram.comavikresmagus

Ombak yang meluncur bab air mancur tadi membuat suara yang sangat unik dan sangat mirip dengan suara seruling. Hal inilah yang mendasari kejadian air mancur tersebut dinamai Seruling laut.

Apa Aja Fasilitas Di Pantai Klayar

Untuk fasilitas yang ada di Pantai Klayar bisa dibilang masih minim. Namun untuk toilet umum dan warung makan sudah banyak tersedia.

Jika ingin menginap sekarang sudah ada beberapa penginapan dan homestay yang dekat dengan Pantai Klayar. Selain itu jika ingin lebih menyatu dengan alam, pengunjung bisa membawa tenda untuk sekedar berkemah di pinggir pantai.

Menuju Lokasi Pantai Klayar

Untuk menuju lokasi Pantai Klayar, pengunjung bisa menggunakan mobil pribadi atau motor dari Jogja atau dari Pacitan. Selain itu bisa juga mengikuti agen tour travel yang menuju Pantai Klayar Pacitan.

Untuk rute yang banyak ditempuh apabila pengunjung berangkat dari Jogja adalah mengabil jalan wonosari menuju Gunungkidul kemudian bisa mengambil Pracimantoro barulah bisa menuju perbatasan Jateng dan Jatim, setelah itu akan sampai di Pantai Klayar dengan waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan.

Nah ada hal yang perlu diperhatikan ketika berada di Pantai Klayar, yakni tentang larangan mandi di laut. Hal ini karena kondisi laut atau samudra hindia yang memang terkenal sangat ganas.

 

Load Lebih Banyak Artikel Terkait
Load Lebih Banyak Dari Markinong
Load Lebih Banyak di Dalam Negri