Ingat! Jika Ke Belitung Jangan Sampai Terlewat 5 Makanan Lezat Ini

Sekarang ini siapa sih yang tidak kenal dengan Belitung? Daerah yang sering disebut sebagai Pulau Laskar Pelangi ini menyimpan berbagai macam wisata yang akan membuat para pengunjung betah, termasuk wisata kulinernya.

Bicara tentang kulliner di Pulau Belitung ini pasti tidak akan ada habisnya karena memang memiliki tempat kuliner yang menyediakan makanan khas dari sana.

Nah kali ini Piknikdong bakal ulas makanan khas dari Belitung yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung kesana. Selain lezat, makanan ini pasti akan membuatmu betah dan ketagihan.

Daripada semakin penasaran makanan apa sajakah itu? Simak yuk ulasan lengkapnya berikut ini.

Makanan Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Belitung

1. Lakso

Lakso
image : avidaendriani.it.student.pens.ac.id

Ini lakso, pakai “L” kalo pakai “B” jadinya Bakso. Makanan khas dari Belitung satu ini tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung kesana.

Bentuk dari lakso ini disajikan dengan kuah kaldu yang akan memanjakan lidahmu. lakso sangatlah cocok untuk menemani saat bersantai ria.

2. Rusip

rusip
image : www.indonesiakaya.com

Yang kedua, untuk makanan yang tidak boleh terlewatkan ketika di Belitung adalah Rusip. Makanan khas Belitung ini konon percampuran antara dua budaya yakni dari Belitung dan Jawa.

Proses pembuatan Kulliner khas Belitung ini bisa dibilang unik dan memerlukan waktu yang lama, karena menggunakan ikan teri yang difermentasi, yang kemudian dicampur dengan gula jawa. Kebayang rasanya seperti apa? Jangan lupa untuk mencobanya ketika datang ke Belitung.

3. Gangan

gangan khas belitung
image :ranselhitam.wordpress.com

Yang ketiga adalah Gangan. Kuliner khas Belitung ini juga tidak boleh kamu lewatkan. Makanan ini adalah makanan sehari-hari orang Belitung. So jika kamu mencobanya, akan selalu teringat Pulau Belitung ketika sudah pulang dari sana.

Gangan ini disajikan dengan kuah, dan berbahan ikan, sayuran dan rempah-rempah khas Belitung. So akan sangat nikmat rasanya.

4. Pantiaw

Pantiaw
image : celotehannade.blogspot.co.id

Jika inign mengganjal perut saat sedang lapar, pantiaw adalah pilihan makanan yang tepat ketika di Belitung.

Pantiaw berwarna putih bersih, diatasnya ada toping bawang goreng yang akan menggugah seleramu untuk segera mencicippinya.

5. Kericu

keritcu
image:www.kerupuk-bangka.com

Kericu adalah makanan sejenis kerupuk seafood yang sangat enak. Kericu ini dibuat menggunakan cumi-cumi dan terlurnya yang sudah dihaluskan, kemudian dicampur dengan tepung sagu, lengkuas, bawang merah serta bawang putih.

Kericu sangat cocok untuk oleh-oleh, jadi bisa dibilang, jika ke Belitung tidak membawa oleh-oleh makanan satu ini rasanya belum lengkap.