Selain Kopi Luwak, Ini Dia 6 Kopi Khas Indonesia Yang Sudah Mendunia

7 min read

Tidak hanya budaya, kesenian maupun tempat wisata saja yang memiliki keberagaman di negeri tercinta kita Indonesia. Kopi yang selalu menjadi idaman setiap orang pun juga memiliki berbagai ragam. Mulai jenis, rasa, dan cara membuatya.

Bicara tentang kopi di Indonesia pasti yang ada di benak adalah kopi yang sudah sangat terkenal di Indonesia bahkan di dunia, yakni Kopi Luwak. Kopi yang dibuat dari kotoran luwak atau musang ini sangatlah terkenal akan kenikmatanya.

Selain Kopi Luwak, Ini Dia 6 Kopi Khas Indonesia Yang Sudah Mendunia

Tahuah kamu, tidak hanya kopi Luwak saja yang sudah terkenal di Indonesia bahkan di dunia. Berikut ini ada kopi dari Indonesia yang juga sudah mendunia karena kenikmatanya

1. Kopi Gayo Sang Kopi Organik

Jika dilihat dari namanya pasti sudah bisa menebak berasal dari daerah mana. Benar, Kopi Gayo ini berasal dari Aceh, dan merupakan komoditi utama di dataran tinggi Gayo.

Bicara tentang rasa tidak perlu diragukan lagi, bahkan ada yang mengungkapkan jika Kopi Gayo ini melebihi dari Kopi Blue Mountain dari Jamaika. Tidak hanya itu, kopi Gayo dari aceh ini ditanam dengan cara yang organik, jadi tidak menggunakan berbagai bahan kimia.

2. Kopi Manggar Dari Negeri Laskar Pelangi

Sudah tahukan daerah yang sering disebut dengan Negeri Laskar Pelangi? Benar Daerah itu adalah Belitung. Di Belitung ini tidak hanya terkenal akan surganya pantai, namun minuman khas disana yang sering disebut Kopi Manggar juga sangat terkenal bahkan sudah mendunia.

Belitung ini juga dikenal dengan kota 1001 Warung kopi, karena disetiap sudut kota Belitung ini banyak terdapat warung yang menjajakan Kopi khas Belitung atau kopi manggar.

Kopi manggar memiliki keunikan tersendiri, terutama dalam menyeduhnya. Kopi manggar ini diseduh dengan menggunakan air mendidih dan disaring kedalam wadah satu ke wadah yang kedua kemudian baru disajikan dalam gelas, seperti pada pembuatan teh tarik.

3. Kopi Osing Dari Banyuwangi

Jika kamu pecinta kopi sejati wajib untuk mencoba Kopi Osing. Kopi osing berasal dari Banyuwangi, rasa nikmat dari kopi osing ini tidak ada duanya.

Yang unik dari kopi osing adalah kopi yang dihasilkan dari biji kopi pilihan yang masih berwarna merah, kemudian disangrai menggunkana tungku kayu bakar sampai tingkat kematangan yang tepat. Jadi ketika diseduh, kopi osing ini memiliki aroma yang berbada dari kopi biasanya. Kopi Osing juga sudah mendunia karena keinkmatanya.

4. Kopi Kintamani Khas Bali

Tahukah kamu jika Bali tidak hanya terkenal akan objek wisata yang mempesona, tapi ada kopi yang sudah sangat terkenal bahkan sudah sangat mendunia, Kopi itu sering disebut dengan Kopi Kintamani.

Kopi Kintamani ini ditanaman secara organik di ketinggian seiktar 900mdpl di Dataran tinggi Bali. Kenikmatan Kopi ada dalam tekstur lembut dan manisnya, serta tingkat keasaman yang rendah.

Kopi Kintamani juga mendapat sertifikat Cirad dari Montrepeller, Perancis. So Kopi ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat Dunia.

5. Kopi Joss Yang Istimewa

Jika kamu ke Yogyakarta tidak lengkap jika tidak mencoba Kopi Joss disana. Kopi Joss merupakan kopi yang diseduh dengan arang yang masih super panas dengan cara dimasukkan kedalam Gelas Kopi. So mau mencobanya?di warung Kopi Joss selalu ramai dengan orang yang ingin mencobanya, tidak hanya warga lokal saja, namun Banyak warga asing juga igin menikmati kopi khas dari Jogja ini.

6. Kopi Toraja, Kopi arabika Dengan Kandungan Asam Rendah

Yang Keenam adalah Kopi Toraja. Kopi Toraja juga merupakan kopi arabika yang memiliki kandungan asam rendah. Kopi yang satu ini sudah terkenal di mancanegara seperti Jepang dan Amerika.

Keunikan dari Kopi Toraja adalah rasa dan aroma yang harum dan soft, serta kental ketika diminum. Tidak hanya itu, Kopi Toraja juga mempunyai rasa pahit yang sangat khas dan nikmat.

Nah itu tadi adalah 6 Jenis Kopi Indonesia yang sudah mendunia. Jika ada tambahan komen di bawah yuk. Kita Share kenimatan Kopi Khas dari negeri Indonesia tercinta ini.

Komentarmu?

Load Lebih Banyak Artikel Terkait
Load Lebih Banyak Dari Mimin Piknik
Load Lebih Banyak di Unik

Cek Yuk

Sudah Siap ke Festival Lampion Apung 2017 Di Kulon Progo?

Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang lagi, Menoreh Night Festival dengan tajuk Festival La…