Inilah Kawah Ijen Destinasi Wisata Alam Terpopuler di Banyuwangi

5 min read

Kawah Ijen sudah sangat terkenal dikalangan para wisatawan, baik wisatawan asing maupun domestik. Panorama Alam Kawah ijen ini memang sangat langka, oleh sebab itu banyak wisatawan yang penasaran dengan kawah yang terdapat di wilayah kabupaten Banyuwangi ini.

Kawah Ijen letaknya di Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Kawah tersebut tidak hanya sebagai area wisata, tetapi juga merupakan kawasan penambangan Belerang yang dilakukan oleh penduduk sekitar dengan cara tradisional.

Penambang belerang di kawah ijen yang masih tradisional

Setiap harinya anda akan menyaksikan penambangan Belerang di area bekas letusan Kawah gunung yang sebenarnya saat ini masih aktif. Gunung tersebut memiliki ketinggian 2368 mdpl, yang mana pada puncak gunungnya merupakan deretan gunung api yang ada di Jawa, seperti Semeru, Bromo, dan Juga Merapi.

Kawah Ijen ini termasuk kawah paling asam terbesar di Dunia yang dilindungi Kaldera setinggi kurang lebih sekitar 500 meter. Luas kawah tersebut mencapai lebih dari 5 ribu hektar dan kedalamannya mencapai 300 meter.

pemandangan ketika malam di kawah ijen

untuk itu kawah Ijen ini sangat populer dikalangan wisatawan Asing. Kawah Ijen memiliki pemandangan yang sangat indah, terutama pada malam hari, karena para wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan kawah yang memiliki api sangat Biru, yang keluar secara bersamaan dengan belerang. benar – benar suatu Fenomena yang sangat langka guys.

Pada pagi hari pun pemandangan di Kawah Ijen ini tidak kalah menariknya, pada saat sinar matahari membiaskan cahayanya, anda akan melihat kawah tersebut memancarkan kemilau warna Hijau toska, tetapi wisatawan harus lebih berhati – hati pada saat mengabadikan momen tersebut, karena air kawah tersebut memiliki keasaman yang sangat tinggi bahkan hampir mendekati Nol, sehingga sangat berbahaya dan bisa melarutkan pakaian.

Pnorama Kawah ijen yang sangat mempesona

Rute untuk mencapai Kawah Ijen dapat anda tempuh dengan 2 alternatif, yang pertama dari Kota Banyuwangi menuju Kecamatan Licin dan akan menempuh jarak sekitar 15 Km dalam waktu sekitar 30 menit. Namun memang rute tersebut terbilang kurang bagus, karena akses jalan masih kurang memadai.

Alternatif ke dua mengambil dari Situbondo menuju Sempol, kemudian Paltuding, rute yang satu ini adalah rute yang paling sering dilalui wisatawan untuk mencapai Kawah ijen, karena akses jalan menuju Paltuding sudah cukup bagus dan memadai.

Bagi anda yang ingin bermalam di kawasan Kawah Ijen ini juga ada 2 alternatif , yang pertama anda dapat menyewa penginapan di Paltuding yang merupakan wisama miliki Departemen Kehutanan, dan alternatif yang kedua anda dapat berkemah di area camping ground yang sudah ada, sehingga kapan saja anda dapat menyaksikan fenomena dari Kawah yang menyimpan Keindahan tiada duanya tersebut.

Setiap kesana anda juga dapat membeli oleh oleh sebagai cinderamata seperti patung yang dibuat dari Belerang, Kaos, Souvenir, dan lain sebagainya pada Pos Bundar dan juga warung yang tersedia di kawasan Taman Wisata Kawah Ijen.

Komentarmu?

Load Lebih Banyak Artikel Terkait
Load Lebih Banyak Dari Mimin Piknik
Load Lebih Banyak di Dalam Negri

Cek Yuk

Sudah Siap ke Festival Lampion Apung 2017 Di Kulon Progo?

Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang lagi, Menoreh Night Festival dengan tajuk Festival La…