Kenalan Yuk Dengan Kopi Menoreh, Kopi Dari Kulon Progo Yang Dilirik Dunia

Jika mendengar Yogyakarta dan Kopi pasti yang terbesit adalah Kopi Joss yang sudah sangat terkenal itu. Namun tahukah kamu gaes jika di Yogyakarta Bagian barat atau Kulon Progo terdapat kopi yang sangat spesial yakni Kopi Menoreh.

Seperti yang dikutip dari okezone Kopi Menoreh ini memiliki cita rasa yang khas dan menjadikan banyak turis dari berbagai belahan dunia penasaran. Kebanyakan turis yang menaruh perhatian lebih adalah dari wilayah Eropa seperti Inggris, Amerika, Italia, Jerman, Turki, Swedia, Sampai Austria. Mereka datang ke Yogyakarta untuk berkunjung dan mencicipi Kopi Menoreh yang ada di Kulon Progo.

menikmati-kopi-menoreh-di-kedai-kopi-pak-rohmat
Image IG : kopimenoreh_pakrohmat

Jika menilik lagi kebelakang, Kopi Menoreh ini sudah lama sekali. Bahkan sejak jaman Belanda juga sudah ada. DI tahun 1980an Kopi Menoreh juga sempat booming, namun karena perhatian dari pemeritah kurang, lama kelamaan kopi menoreh mulai terpendam oleh jaman.

Setelah beberapa lama, masyarakat mulai menyadari yang sebelumnya menanam pohon mahoni dan jati sekarang sudah mulai beralih lagi menam kopi, karena jika diperhitungkan kopi lebih profit dibandingkan mahoni dan jati yang emmerlukan kurang lebih 10 tahun untuk mendapatkan hasil. Dari situlah kopi menoreh mulai muncul kembali di Yogyakarta tepatnya di Kulon Progo.

Untuk menghasilkan Kopi Menoreh ini bukan perkara mudah lho, karena masa panen hanya pada bulan Juni sampai September dan hanya setahun sekali, masyarakat petani kopi sangat berhati-hati dalam menghasilkan serta mengolah kopi khas Kulon Progo ini.

Yang menarik lagi, di Kopi Menoreh ini memiliki 3 jenis kopi, yakni kopi arabika, robusta dan lanang. Untuk masalah rasa tentunya tinggal bagaimana konsumen yang merasakan. Untuk arabika memiliki tingkat asam yang lebih tinggi, sedangkan robusta memilikir asa kopi yang netral seperti halnya kopi asli. Nah untuk kopi lanang itu adalah perpaduan antara Robusta dan arabika.

3-pilihan-rasa-kopi-menoreh-yang-sangat-menggoda
Image IG : kopimenoreh_pakrohmat

Nah penasaran bukan bagaiamana rasa kopi menoreh yang sebenarnya? Sekarang juga atur jadwal weekendmu gaes untuk berkunjung ke Yogyakarta tepatnya di Kulon Progo untuk mencoba berbagai obyek wisata disana ditambah bisa menikmati kopi menoreh yang ada di Madigondo RT/RW : 026/010, Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo.