Kepulauan Togean, Segitiga Terumbu Karang Dunia Yang Sangat Mempesona

4 min read

Ada yang belum kenal dengan Kepulauan Togean? Kepulauan Togean merupakan taman nasional yang terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah.

Taman Nasional Togean ini sangat dikenal karena keindahan bawah lautnya yang sangat mempesona yang akan membuat pengunjung tergakum-kagum jika melihatnya.

Tidak hanya terumbu karang yang masih terjaga dan apik, di Kepulauan Togean ini banyak ditemui biota laut yang sangat langka dan tentunya dilindungi.

Kepulauan Togean, Pesona Surga Bawah Laut Sulawesi Tengah
image : www.instagram.com/hezsiahaan

Selain keindahan bawah laut yang sangat mempesona tadi, pengunjung juga akan mendapatkan bonus indahnya hamparan pasir pantai yang putih, lautan sebening kristal, hutan mangrove yang memiliki kurang lebih 33 jenis mangrove sampai air terjun dan goa.

Kembali ke pesona alam bawah laut dari Kepulauan Togean. Kepulauan Togean ini masuk dalam bagian penting dari segitiga terumbu karang dunia yakni Filipina, Papua Nugini, dan Sulawesi. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan taman nasional Kepulaun Togean ini selalu dijaga keasrianya.

Dikepulauan Togean, pengunjung bisa melakukan hal yang sangat menarik dan menyenangkan seperti, Menyelam, Sonrkeling. Pengunjung akan menemui sekitar 262 spesies karang, dan sekitar 596 spesies ikan yang pastinya akan membuat takjub akan indahnya Indonesia.

Dikepulauan Togean, pengunjung bisa melakukan hal yang sangat menarik dan menyenangkan seperti, Menyelam
image : https://www.instagram.com/dynaasaur

Untuk sampai ke Lokasi Kepulauan Togean, memang bisa dibilang masih sulit, jadi harus ekstra tenaga. Ada beberapa jalur untuk sampai ke Kepualaun Togean ini yakni dari Palu dan Gorontalo.

  1. Jika dari Palu : Pengunjung akan menempuh perjalanan darat sekitar 10 jam untuk menuju Pelabuhan Ampana dan dilanjutkan dengan perjalanan laut menuju pelabuhan Wakai sekitar 4-5 jam (Tergantung kondisi).
  2. Jika dari Gorontalo :  Pengunjung dari kota Gorontalo bisa langsung menuju pelabuhan Ferry sekitar 20 menit kemudian dilanjutkan dengan perjalanan laut sekitar 12 jam.

Ada tips yang perlu dipahami sebelum berangkat ke Kepulauan Togean ini, yakni tentang memastikan pemilik atau penyewaan akomodasi tentang pulau mana yang menjadi tujuan, karena di Kepulauan Togean ini memiliki 6 Pulau besar dan 60an pulau kecil yang tersebar. Banyak turis yang direkomendasikan ke Pulau Kadidiri, karena disini terdapat tempat menginap yang memadahi.

Jadi, sudah siap untuk berpetualang ke Kepulauan Togean? Jangan lupa untuk mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan ya, buatlah ceklist apa yang perlu dibawa.

Load Lebih Banyak Artikel Terkait
Load Lebih Banyak Dari Markinong
Load Lebih Banyak di Dalam Negri