Kerajaan Mataram Dibalik Keindahan Curug Sedhuwagang Kulon Progo

7 min read

Pasti masih asing mendengar Curug Sedhuwagang? Wajar aja sih, curug ini masih bisa dibilang sangat muda banget gaes.

Berawal dari rasa penasaran mimin di Instagram ada yang memakai hastag #piknikdong dengan pemandangan alam yang asri banget, dan setelah kepo eh tempatnya ada di Kulon Progo, Yogyakarta.

Kebetulan juga salah satu author piknikdong kak Rahmat yang satu lagi kebetulanya bertempat tinggal di dekat Curug Sedhuwagang. Bukan hal yang mudah untuk mengajak author yang satu ini gaes, selain bangun-nya selalu siang, alasan super sibuk selalu menghantui.

Nah kembali lagi ke topik ya, Curug Sedhuwagang ini sudah mulai digarap sejak 25 desember 2016 kemarin, so masih tergolong sangat baru.

Untuk menuju lokasi Curug Sedhuwagang memang bisa dibilang perlu tenaga ekstra gaes, walaupun akses jalan sekarang sudah berupa aspal, namun lebar jalan yang agak sempit dan tanjakan yang lumayan tinggi, tentu butuh tenaga ekstra. Tapi hal itu akan terbayarkan setelah sampai di lokasi Curug Sedhuwagang yang adem dan tenang banget.

Seperti judulnya,

Kenapa ada sangkut pautnya dengan kerajaan Mataram dengan Curug Sedhuwagang ini?

Setelah mimin pulang dari Curug Sedhuwagang, ada sesuatu yang sangat mengganjal pikiran gaes, kenapa sih dinamai Curug Sedhuwagang, alhasil mimin ngontak langsung deh ke pengelola dan penggagasnya, beliau adalah bapak Joko Susilo.

Dengan tutur ramah beliau (Walaupun Via Chat) pak Joko menjelaskan dengan detail tentang sejarah kenapa sih dinamai Curug Sedhuwagang.

Sedikit sejarah singkat dikisahkan dari Ki Ageng Mangir Wonoboyo & Ki Ageng Selo, keduanya mempunyai keinginan untuk menjadi Senopati dikerajaan Mataram, dalam pertemuan Ki Ageng Mangir & Ki Ageng Selo bersepakat mengadu ayam yang mereka bawa, setelah ayam diadu ternyata kedua ayam  PUR/DRAW.

Dengan kejadian tersebut beliau berdua memberikan nama tempat mereka bertemu dengan nama PUR-MAN, yg sekarang dikenal masyarakat sekitar dengan nama PROMAN.

Selanjutnya beliau berdua melanjutkan perjalanan kembali ke kerajaan Mataram, dalam perjalanan beliau mendengar suara gemuruh, setelah dicari dan ternyata suara tersebut dari curug. Kemudian beliau berdua memberi nama SEDHUWAGANG. Sampai sekarang masyarakat setempat menyebut dengan CURUG SEDHUWAGANG.

Keindahan Curug Sedhuwagang

Pintu Masuk Curug Sedhuwagang

Begitu sampai di pintu gerbang, pengunjung bakal dimanjakan dengan pemandangan sekitar curug yang tenang dan asri, ditambah sedikit penampakan air terjun dari Curug Sedhuwagang.

Masih ada lagi, setelah memasukin area Curug, bakal banyak spot foto yang sangat instagramable dengan berlatar belakang air terjun yang sangat tinggi, tempat duduk untuk sekedar bersantai yang tentunya akan membuat hati tenang.

Spot Foto Curug Sedhuwagang

Selain tempat yang menenangkan hati, keramahan penduduk sekitar bakal menghiasi liburan kalian gaes. So pasti bikin penat dalam pikiran hilang seketika itu juga.

Obyek wisata yang penuh dengan ketenangan dan keindahan ini dikelola langsung oleh HIPATESA (Himpunan Pemuda Pemudi Teganing Satu) yang tidak lain adalah warga sekitar dari Curug Sedhuwagang.

Sedangkan untuk fasilitas yang ada di lokasi untuk saat ini adalah spot foto yang instagramable, ruang ganti, parkir kendaraan (kurang begitu luas) dan Toilet (Sedang dibangun).

Jika ingin berkunjung kesini diharapkan bawa bekal ya gaes, karena belum ada warung yang menjajakan aneka minuman ataupun makanan (Lokasinya masih baru).

Mandi di Curug Sedhuwagang

Jangan lupa juga untuk membawa pakaian ganti, karena tidak afdol jika berkunjung ke Curug Sedhuwagang namun tidak mencoba menceburkan diri kedalam curug yang airnya super segar sekali.

Sewaktu mimin datang menemukan sesuatu di area lokasi Curug Sedhuwagang gaes, yakni colokan listrik, so hal itu akan sangat memanjakan kalian ketika baterai smartphone atau kamera sudah menipis setelah perjalanan.

HTM Curug Sedhuwagang

Ketika mimin datang ke Curug, tiket masuk semenatar masih sukarela alias seiklasnya gaes.

Menuju Lokasi Curug Sedhuwagang

  1. Jogja→ Wates → Waduk Sermo → Desa Hargotirto/ Rumpin/Taman Edukasi/ Naik ikuti jalan aspal, lokasi kanan jalan
  2. Jogja → Godean → Nanggulan → Gua Kiskendo → Kokap/Gunung Gajah/Waduk Sermo. (ada plang petunjuk jalan)

Untuk yang paling mudah bisa pakai GPS gaes dengan lokasi tepatnya disini :


Sekarang sudah siap untuk berpetualang ke Curug Sedhuwagang? Ingat jangan buang sampah sembarangan dan Selamat liburan gaes.

Komentarmu?

Load Lebih Banyak Artikel Terkait
Load Lebih Banyak Dari Mimin Piknik
Load Lebih Banyak di Dalam Negri

Cek Yuk

Sudah Siap ke Festival Lampion Apung 2017 Di Kulon Progo?

Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang lagi, Menoreh Night Festival dengan tajuk Festival La…