IBX582AA15FA58E8

Menilik 6 Kesenian Tradisional Indonesia Yang Terkenal Kemistisanya

Indonesia adalah sebuah negara kepulauan. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor adanya keberagaman suku dan budaya. Jika bicara tentang budaya yang ada di Indonesia pasti tidak lepas dari kesenianya yang begitu unik dan mistis.

Bahkan ada beberapa budaya Indonesia yang memang sudah terkenal kemistisanya sejak dulu. Namun bukan berati kemistisanya membuat banyak orang takut untuk melihat, malah kemistisan ini yang menjadi daya tarik tersendiri dari sebuah budaya kesenian tersebut.

Nah berikut ini ada 6 budaya kesenian tradisonal Indonesia yang terkenal kemistisanya bahkan sampai ke Luar Negri.

1. Kesenian Jathilan (Kuda Luping)

kesenian Kuda Lumping

image ; anandarumifotografi.wordpress.com

Kamu pasti sudah tahu tentang Kuda Luping. Kesenian dari Jawa ini juga dikenal kemistisanya. Ketika penari kuda lumping ini sudah mulai Ndadi( dalam isitlah jawa) bisa saja makan beling, arang atau yang lainya.

Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari kuda lumping dan menjadikan salah satu kesenian budaya yang terkenal kemistisanya.

2. Kesenian Bambu Gila

kesenian bambu gila

image : kristupa.wordpress.com

Untuk yang kedua ini adalah kesenian dari Maluku yang sering kita dengar dengan sebutan Bambu Gila. Kesenian ini dimainkan oleh beberapa orang yang memegang 1 Bambu besar.

Para pemain akan semakin merasa berat ketika memainkan permainan ini yang seakan-akan menari melawan kekuatan dari Bambu itu, bahkan ada yang bisa sampai terpental karena tidak kuat menahan kekuatan dari bambu gila tersebut.

3. Kesenian Tari Barong

Kesenian Tari Barong

image : alfaadhia.blogspot.com

Yang ketiga kita bergeser ke Bali yang terkenal berbagai wisata, muali dari wisata alam sampai wisata budaya termasuk kesenian. Kesenian Bali yang terkenal kemistisanya adalah Tari Baong.

Barong ini menurut mitologi Bali, merupakan raja dari roh-roh yang melambangkan kebaikan. Dan dippercayai jika Banas Pati Rajah Yang menggerakan barong dalam kesenian tersebut.

4. Kesenian Reog

kesenian reog ponorogo

image : kafindadwifanny.blogdetik.com

Pasti sudah tidak asing lagi dengan kesenian dari Ponorogo Jawa Timur ini yang sering disebut dengan Reog Ponorogo.

Yang menjadikan unik dari tarian Reog Ponorogo ini adalah sang penari yang memakai topeng reog dengan berat sekitar 50-60kg dengan cara digigit. Konon katanya ada bantuan hal mistis dalam melakukanya, karena penari yang membawa tidak pernah merasa kesakitan ataupun merasa terlalu berat dalam membawa topeng yang super berat itu.

5. Kesenian Balian

kesenian balian dari kalimantan

image :allaboutborneo.wordpress.com

Kesenian Balian ini miliki suku Dayak dari Kalimantan, dan sekarang menjadi sebuah kesenian tari.

Nah konon dulu tarian ini juga digunakan dalam upacara adat untuk mengobati orang yang sakit parah. Tari Balian ini memiliki kaitan yang mistis dalam metode pengobatanya.

6. Kesenian Bedhaya Ketawang

Kesenian Bedhaya Ketawang

image : gateofjava.wordpress.com

Nah yang keenam ini adalah yang bisa dibilang sangat mistis. Kesenian Tari Bedhaya Ketawang adalah sebuah tari yang sangat sakral dan hanya digelar dalam setahun sekali.

Menurut cerita yang beredar, dalam tarian tersebut ada Sang Ratu Kidul yang ikut menari sebagai rasa penghormatan kepada Raja Mataram.

Foto Profil dari Mimin Piknik
Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan

IBX582AA15FA58E8