Mengenal Tiwul, Makanan Unik Khas Gunung Kidul Yang Super Lezat

Tiwul merupakan makanan khas dari Gunung Kidul yang memiliki rasa manis dan juga gurih. Dahulu, tiwul dikenal sebagai makanan pengganti nasi, namun sekarang makanan ini telah berubah menjadi camilan yang lezat.

Tiwul merupakan makanan yang terbuat dari ketela pohon atau singkong yang sudah dikeringkan, atau sering juga disebut dengan gaplek. Dalam proses pembuatan tiwul, sebenarnya cukup rumit dan tidak semudah menanak nasi. Pertama singkong dikupas lalu dikeringkan atau dijemur, sehingga berubahlah menjadi gaplek.

Setelah menjadi gaplek, kemudian gaplek diubah menjadi tepung dengan cara digiling menggunakan mesin. Pada zaman dahulu tidak digiling, melainkan ditumbuk menggunakan lesung.

Setelah menjadi tepung, barulah proses membuat tiwul dimulai. Yaitu dengan membuat adonan dengan tempat berbentuk bulat dari anyaman bambu, atau yang dikenal dengan tampah. Adonan tepung dari gaplek hanya menggunakan air yang sedikit, sehingga akan menjadi butiran-butiran kecil. Adonan ini lalu dikukus menggunakan dandang hingga matang, tambahkan pandang supaya aromanya wangi.

tokomesin.com
Image : tokomesin.com

Sedangkan untuk menambah rasa pada tiwul, cukup menambahkan gula jawa serta parutan kelapa. Gula jawa akan memberikan rasa manis, sedangkan rasa gurih diperoleh dari parutan kelapa. Sehingga akan memiliki cita rasa yang enak dan juga nikmat.

Mengenal Tiwul, Makanan Khas Gunung Kidul

Apabila pada zaman dahulu tiwul bentuknya menyerupai nasi, sekarang tiwul sudah dikreasikan menjadi berbagi makanan dan roti. Olahan tiwul yang modern ini sudah banyak dikenalkan kepada wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Apabila berkunjung ke wisata daerah Gunung Kidul Yogyakarta, pasti akan melewati “Tiwul Yu Tum”. Dan jangan lupa untuk mampir mencicipi aneka tiwul, dijamin akan membuat lidah ketagihan. “Tiwul Yu Tum” ini telah memiliki 3 cabang, yaitu di Jalan Wonosari-Jogja km 3,5 Siyono, Jalan Pramuka no 36 Wonosari, dan Jalan Baron km 4.

Nah itulah informasi mengenai mengenal Tiwul, makanan khas Gunung Kidul yang super lezat. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat dan jangan lupa ketika berkunjung ke Yogyakarta, mampirlah ke “Tiwul Yu Tum” untuk mencoba rasa asli tiwul.

Selain itu jika ada rekomendasi tempat membeli Tiwul lainya, jangan lupa untuk komentar dibawah ini ya, biar ditambahkan disini. Selamat liburan.