Menilik Batu Dinding, Tembok Besar China Dari Kalimantan

Pasti pernah dong mendengar Tembok Besar China? Tembok yang sangat panjang dan besar itu masuk dalam warisan dunia. Kali ini ada yang mirip seperti Tembok Besar China, dan itu berada di Indonesia. Tempat itu bernama Batu Dinding yang berada di kalimantan Timur.

Lokasi Batu Dinding ini berada tepat di Desa Bukit Mendeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Nah kenapa bisa dibilang Tembok Besar China Kalimantan, karena Tempat Batu Dinding ini menyerupai tembok besar, dan mirip dengan Tembok Besar China, bedanya adalah Batu Dinding Terbentuk secara alami.

Menilik Batu Dinding, Tembok Besar China Dari Kalimantan
image : balikpapanguide.com

Batuu Dinding ini merupakan tebing dengan batu yang memanjang seperti jalan setapak dengan lebar 500an meter dengan jurang di sisi kanan dan sisi kirinya.

Ada apa di Batu Dinding Kalimantan Timur?

Tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan yang sangat sejuk, asri, dan tenang. Batu Dinding merupakan tempat wisata yang sangat cocok untuk pecinta wisata Adventure.

Batu Dinding Kalimantan Timur
image : hai-indonesia.com

Selain itu, di Batu Dinding pengunjung bisa menikmati indahnya sunrise atau terbit matahari dan sunset atau matahari terbenam.

Jadi jika ingin berkunjung tentunkan dahulu, ingin menikmati sunset atau sunrise. Apabila ingin menikmati sunrise bisa mempersiapkan diri paling tidak sekitar pukul 04.00 Wita. Sedangkan untuk menikmati Sunrise bisa datang sekitar 16.00 wita.

Untuk berkunjung kesini sebaiknya perhatikan beberapa point berikut ini

  1. Sebelum naik pastikan tubuh fit dan sehat, karena membutuhkan energi yang banyak. Tidak direkomendasikan untuk ibu hamil, anak-anak dan lansia.
  2. Untuk akses jalan menuju Batu Dinding juga masih dibilang kurang nyaman, karena masih abnayaks ekali bebatuan. Jadi untuk kendaraan roda emapat yang ceper atau rendah tidak disarankan melewatinya.
  3. Terus berhati-hati karena disepanjang tebing tersebut merupakan jurang. Jadi ketika berfoto sebaiknya memperhatikan sekeliling dulu.

So jika sedang berada di Kalimantan Timur, jangan lupa untuk menilik Batu Dinding, tembok Besar China Dari Kalimantan ini.

Ada hal yang perlu ditekankan lagi, yakni tentang ikut serta dalam menjaga kelestarian alam sekitar Batu Dinding. Jangan sampai kita merusaknya.