Menilik Keindahan 6 Gunung Paling Mistis Di Indonesia

9 min read

Selain terkenal dengan negara kepualaun, Indonesia juga terkenal dengan negara yang memiliki banyak Gunung, Baik gunung yang masih aktif maupun tidak.

Gunung yang ada di Indonesia ini juga menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan yang ingin berkunjung. Karena Gunung yang ada di Indonesia menyajikan sebuah kekayaan alam dan keindahan alam.

Nah biacara soal gunung di Indonesia yang sangat indah, pasti juga tidak akan lepas dari cerita mistis yang melengkapinya. Seperti 6 gunung berikut ini yang bisa dibilang paling mistis di Indonesia.

1. Gunung Merapi di Yogyakarta

Gunung Merapi Yogyakarta Indonesia
image : petrasawacana.wordpress.com

Untuk yang pertama adalah Gunung Merapi di Yogyakarta. Gunung yang paling aktif di Indonesia ini, tidak hanya menyuguhkan sebuah pesona indah sebuah gunung, namun juga cerita mistis yang bisa dibilang sangat horor.

Yang terkenal kemistisanya di Gunung Merapi adalah di area Pasar Bubrah. Pasar Bubrah merupakan punggung bukit yang tepat berada di bawah kawah merapi. Tempat ini terdapat banyak batu sisa letusan terdahulu. Konon katanya di Pasar Bubrah ini merupakan tempat berkumpulnya makhluk halus.

Tidak hanya itu, masih ada lagi yang paling mistis adalah di Kawah Puncak Gunung Merapi yang merupakan Istana Makhluk Halus. Sedangkan pintu untuk masuk ke istana tersebut ada di Gunung Wutoh. Gunung Wutoh ini merupakan bagian dari Puncak Gunung merapi.

2. Gunung Lawu di Jawa Timur

Gunung Lawu dari jawa timur
image : slatemka.wordpress.com

Gunung Lawu merupakan gunung yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, dengan memiliki tinggi 3265 mdpl. Gunung Lawu ini juga merupakan gunung yang masih aktif, walau sudah lama tidak meletus.

Keindahan Gunung Lawu ini juga sudah sangat terkenal sejak dulu, karena terdapat beberapa obyek wisata yang ada di disekitar Gunung Lawu. Nah dibalik keindahan yang ada di Gunung Lawu, ada cerita mistis yang selalu menyelimutinya.

Di Gunung Lawu memiliki 3 puncak yang sangat dikenal dengan nama Hargo Dalem, Hargo Dumilling dan Hargo Dumilah yang sering dijadikan olah batin dan meditasi oleh sebagian orang. Ketiga puncak tersebut dipercaya sebagai tempat sakral. Banyak cerita yang menyebutkan jika di ketiga puncak tersebut terdapat mahkluk halus yang memiliki kekuatan tinggi.

3. Gunung Salak Di Jawa Barat

Gunung salak
image : tipsbackpackerlio.com

Keindahan Gunung Salak memang terkenal keiindahanya diantara para pendaki Gunung. Gunung Salak ini terletak di Jawa Barat. Dibalik keindahan Gunung Salak ini terdapat banyak cerita yang sangat mistis.

Di Gunung Salak ini terdapat makam mbah Gunung Salak, disana tertulis agar pendaki atau pengunjung yang sedang berada di Gunung Salak harap bersikap sopan dan menurut cerita jika di Gunung Salak ini terdapat kampung mahkluk halus. Hal itu yang menjadi salah satu alasan kenapa para pendaki harus menjaga perilakusaat mendaki karena melewati kampung tersebut.

Selain itu banyak orang yang bilang jika di Gunung Salak ini adalah tempat yang suci, dan tempat terakhir kemunculan Prabu Siliwangi, Raja Padjajaran yang merupakan kerajaan Hindu terakhir di Jawa Barat.

4. Gunung Rinjani Di Nusa Tenggara Barat

Gunung rinjani
image : begajol.com

Sekarang ini siapa yang tidak kenal dengan Gunung Rinjani. Gunung yang berada di Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, NTB ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa.

Nah dibalik keindahan Gunung dengan tinggi 3726 mdpl ini terdapat cerita yang bisa dibilang sangat mistis. Salah satunya adalah adalah keberadaan Dewi anjani yang merupakan Ratu Penguasa Gunung Rinjani.

Masyarakat sekitar Gunung Rinjani ini sering mengadakan upacara religi untuk menghormati Dewi Anjani. Upacara itu biasanya diadakan di Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak dengan melepas ikan-ikan kecil yang terbuat dari emas tipis.

5. Gunung Semeru Di Jawa Timur

Gunung semeru dari jawa timur
image : slatemka.wordpress.com

Nah Gunung yang satu ini merupakan Gunung paling tinggi di tanah jawa yang mencapai 3.676 mdpl. Gunung Semeru ini terletak di Propinsi Jawa Timur.

Keindahan Gunung Semeru ini sangat terkenal karena keindahan danau Ranu Kumbolo dan eksotisme pemandangan dari puncak Gunung Semeru yang sering juga disebut dengan Mahameru.

Nah dbalik keindahanya itu, terdapat juga cerita yang sangat mistis yang terdapat di daerah yang ditumbuhi hutan lebat setelah danau Ranu Kumbolo.

Di hutan tersebut banyak pendaki yang tersesat, padahal sudah berulang kali mendaki Semeru. Menurut masyaratkat, itu karena Oyot Kesimpar yang berati seseorang akan dibuat linglung dan hanya berputar-putar di jalan yang sama dalam beberapa waktu.

Tidak hanya itu, di Gunung Semeru ini juga terdapat Arcapada (arca kembar). Konon yang bisa melihat letak arcapada ini adalah orang yang memiliki kelebihan dan orang yang terpilih saja. Mengenai bentuknya ada yang bilang sangat kecil, ada juga yang bilang sangat besar.

6. Gunung Halimun Salak Jawa Barat

Kebun Teh gunung Halimun salak
image : harrymudjiarto.blogspot.com

Gunung Halimun. Gunung ini terletak di Jawa Barat yang memiliki pemandangan indah dan alam yang masih sangat alami.

Gunung Halimun ini juga merupakan tetangga dekat dari Gunung Salak. Dibalik keindahan Gunung Halimun ini ada cerita yang sangat mistis, yakni tentang adanya benteng-benteng millik Prabu Siliwangi yang konon katanya tidak bisa dilihat oleh mata orang biasa. Para Punggawa Prabu Siliwang banyak yang lari ke Gunung Halimun ketika terjadi perang Bubat.

Komentarmu?

Load Lebih Banyak Artikel Terkait
Load Lebih Banyak Dari Markinong
Load Lebih Banyak di Budaya

Cek Yuk

Pulau Moyo, Surga Mungil Dari Sumbawa

Mungkin masih banyak yang belum kenal dengan yang namanya Pulau Moyo. Jika kamu tahu gaes,…