Menilik Keindahan Bukit Mojo Gumelem Yang Instagramable

Pariwisata di wilayah Mangunan Dlingo mulai menggeliat pada tahun 2014, dan semakin ramai dikunjungi wisatawan pada tahun 2015.

Menyadari akan potensi keindahan panorama alamnya, masyarakat Gumelem merintis sebagai obyek wisata pada pertengahan tahun 2016 dengan nama Bukit Mojo Gumelen

Pertama-tama, kenapa sih dinamai Bukit Mojo?

Lokasi yang akan dirintis sebagai obyek wisata Bukit Mojo banyak terdapat pohon Mojo.

Bukit Mojo Gumelem
Image By : www.instagram.com/al_syaqirun5858

Pohon ini konon serupa dengan pohon Mojo yang pada dahulu kala banyak terdapat di hutan Tarik Jawa Timur dimana setelah menjadi sebuah kerajaan dinamakan Mojopahit.

Keindahan Bukit Mojo Gumelem

Obyek wisata Bukit Mojo yang digerakkan dan dikelola sendiri oleh warga dusun Gumelen, Mangunan, Dlingo ini memiliki banyak keindahan lho, salah satunya adalah panorama yang sangat indah berpadu dengan alam sekitar yang asli dan asri.

Keindahan Bukit Mojo gumelem
Image : www.instagram.com/dianaputriles

Pemandangan perbukitan dengan lereng persawahan terasiring bersanding manis dengan rumah-rumah permukiman penduduk, sementara aliran sungai Oya meliuk liuk di sepanjang kaki perbukitan. Hal inilah yang hanya ada di Bukit Mojo Gumelem.

Fasilitas Bukit Mojo Gumelem

Sebagai obyek wisata dengan panorama alam, Bukit Mojo memiliki banyak fasilitas untuk menikmati panorama alam yg indah seperti gardu pandang, anjungan berundak, menara pandang, taman bunga, dan juga gasebo.

Gardu Pandang Bukit Mojo Gumelem
Image : www.instagram.com/listyaragil

Tidak hanya itu di Bukit Mojo Gumelem terdapat juga spot spot untuk berfoto yang unik dan Instagramable seperti sarang burung raksasa, bunga matahari, perahu bambu, pohon mapple, dll.

Sangkar Burung Raksasa Bantul
Image By : www.instagram.com/vindaestedeel

Selain itu, untuk fasilitas pendukung seperti toilet, tempat parkir yg cukup luas, kantor informasi wisata, mushola, dan juga warung warung yang menyediakan aneka masakan khas jawa, sudah ada di Bukit Mojo Gumelem ini.

Menuju Bukit Mojo Gumelem

Untuk akses jalan menuju Bukit Mojo bisa dibilang tidak sulit, lebar jalan bisa melayani angkutan bus kecil, mobil maupun sepeda motor. Sedangkan arah jalan menuju Bukit Mojo mudah dijangkau karena sepanjang jalannya sudah banyak petunjuk arahnya.

Tiket masuk Bukit Mojo dengan besaran tarif yang ditentukan berdasarkan Peraturan Gubernur DIY nomer 84 tahun 2016.

  • Besaran tarif masuk : Rp. 2000, ditambah untuk asuransi Rp. 500,-
  • Tarif parkir : sepeda motor Rp. 2000,- mobil Rp. 5000, dan bus Rp. 10000
  • Bagi pengunjung yang ingin berfoto di spot-spot khusus dan unik, dimintai kontribusi sebesar Rp. 3000

Tips Berkunjung ke Bukit Mojo Gumelem

  1. Pastikan kendaraan fit ya, karena walaupun sudah mudah diakses, tapi ada beberapa tanjakan yang memang memerlukan tenaga lebih
  2. Cara mudah dan simpel bagi pengunjung jika mau berkunjung ke Bukit Mojo, ikuti arah peta pada google map, ataupun mengikuti petunjuk arah yang sudah tersedia begitu pengunjung sudah berada di Mangunan.
  3. Jam buka Bukit Mojo Gumelem pukul 05.00 – 19.00, dan paling asik datang kesini dipagi hari ataupun sore hari.
  4. Jangan buang sampah sembarangan lho. Kalau bukan kita yang menjaga siapa lagi?
  5. Jangan lupa beli oleh-oleh khas Jogja yang dijajakan disana