Menilik Pesona Ribuan Pinus di Hutan Pinus Imogiri, Yogyakarta

Sudah kenal dengan Hutan Pinus Imogiri?

Hutan Pinus Imogiri merupakan bagian dari Resort Pengelolaan Hutan atau (RPH) yang berada di Kabupaten Bantul, Yogyaarta. Keindahan dan kesejukan dari Hutan Pinus Imogiri menjadi salah satu alasan kenapa para travellers selalu berbondong-bondong untuk datang kesini.

Keindahan Hutan Pinus Imogiri

Seperti namanya, ketika berkunjung kesini bakal disuguhkan ribuan pohon pinus yang berjajar rapi dan membentuk suatu pola unik. Suasana hutan pinus dengan luas sekitar 500 Ha sangatlah tenang, sejuk dengan aroma khas dari pohon pinus.

Keindahan Hutan Pinus Imogiri
image IG : @banditkonoha

Hutan Pinus Imogiri juga sering digunakan untk foto Pre Wedding, karena panorama disini sangatlah mempesona. Selain itu ada ceritanya nih, kalau hutan atau pohon pinus itu melambangkan cinta bagi orang Korea lho, karena memang pohonya yang lurus tidak bercabang.

hutan pinus imogiri yang instagramable
image IG : @yosafatyeka

Yang suka explore tempat wisata atau media sosial addict seperti instagram, bisa darang ke Hutan Pinus Omogiri, karena suasana dan pemandangan disini sangat instagramable dan tentunya sangat indah untuk diabadikan.

Hutan Pinus Imogiri juga ramah untuk anak-anak, jadi jangan kawatir jika ingin berkunjung kesini dengan membawa anak-anak ataupun keluarga besar.

Fasilitas Hutan Pinus Imogiri

panggung pertunjukan hutan pinus imogiri
image IG : @ihsanudn

Untuk fasilitas yang tersedia di Hutan Pinus Imogiri sudah lumayan lengkap kok, mulai dari Gardu Pandang, Panggung Pertunjukan, Kamar mandi, Mushola dan Warung yang menjajakan makanan sudah tersedia.

Menuju Hutan Pinus Imogiri

[symple_googlemap title=”Hutan Pinus Imogiri” location=”Puncak Becici, Jl. Imogiri-Patuk KM.13, Dusun Gunungcilik, Desa Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia” height=”300″ zoom=”15″]

Untuk menuju Hutan Pinus Imogiri bisa dibilang sangat mudah, namun untuk sampai dikawasan ini tidak ada transportasi umum. Jadi disarankan untuk memakai kendaraan pribadi atau menyewa dari Kota Yogyakarta.

Jika dari Yogyakarta, pengunjung bisa mengambil jalur Terminal Giwangan Yogyakarta menuju Jalan Imogiri Timur menuju Makam Raja-raja Imogiri kemudian samapi di Mangunan, nah dari situ langsung bisa menuju Hutan Pinus Imogiri.

Untuk tiket masuk bisa dibilang sangat murah, karena pengunjung masih belum ditarik tiket masuk, hanya untuk biaya parkir motor sekitar 3.000 saja dan untuk mobil 10.000 saja.

Tips Berkunjung ke Hutan Pinus Imogiri

  • Ingat, untuk tidak membuang sampah sembarangan
  • Untuk pengujung yang merokok, hati-hati dalam membuang puntung rokok. Harap dipastikan puntung sudah padam, jadi tidak akan memicu kebakaran hutan.
  • Bawalah kendaraan pribadi atau bisa juga menyewa dari kota Yogyakarta, karena tidak ada transportasi umum.