Menyingkap 3 Cerita Dibalik Mempesonanya Danau 3 Warna Gunung Kelimutu

4 min read

Tidak bisa dipungkiri jika Gunung Kelimutu ini memilliki keindahan yang luar biasa, seperti yang sudah kita bahas sebelumnya tentang Pesona Gunung Kelimutu, yang merupakan salah satu Gunung Api Terindah di Dunia dan ada Indonesia.

Dibalik keindahan Gunung Kelimutu, ternyata menyimpan berbagai misteri yang selalu melekat, seperti di danau tiga warna, dimana setiap danau memiliki nama dan arti yang berbeda.

  • Danau Biru memiliki nama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai (tempat berkumpulnya jiwa muda-mudi yang sudah meninggal).
  • Danau Merah bernama Tiwu Ata Polo ( tempat berkumpulnya jiwa orang yang udah meninggal dan selama hidup melakukan kejahatan.
  • Sedangkan Danau Putih bernama Tiwu Ata Mbupu ( tempat berkumulnya jiwa orang tua yang sudah meninggal.

Pesona Gunung Kelimutu, Salah Satu Gunung Api Terindah di Dunia Yang Ada Di Indonesia 2

Tidak hanya itu saja, berikut ini ada 3 Cerita dibalik keindahan Danau tiga Warna di Gunung Kelimutu. Penasaran seperti apa? Berikut ini ulasanya.

1. Air Dari Danau Tiga Warna Ini Selalu Berubah

Menurut cerita, air dari danau tiga warna di Gunung Kelimutu ini bisa berubah, dan tidak tau kapan hal hal itu terjadi.

Jika dilihat dari penjelasan ilmiahnya penyebab perubahan dari air danau kelimutu ini akibat adanya mineral yang ada dalam air danau tersebut.

2. Warna Danau Menjadi Pertanda Akan Sebuah Kejadian

Menurut kepercayaan masyarakat, perubahan warna dari danau tiga warna kelimutu ini merupakan sebuah pertanda akan kejadian di Dunia ini. Seperti peristiwa alam atau kejadian besar lainya.

3. Upacara Adat Yang Unik untuk memberi makan Roh

Seperti yang dibahas di awal tadi jika danau tiga warna ini bersemayam banyak roh. Maka akan diadakan upacara adat untuk memberi makan roh yang bersemayam di danau tiga warna tersebut yang desebut dengan upacara Pati Ka Du’a Batu Ata Mata. Upcara ini selalu diadakan setahun sekali oleh warga setempat.

Nah itu tadi adalah beberapa cerita dibalik mempesonanya Danau 3 Warna Gunung Kelimutu yang berada di Flores NTT. Selain daya tarik keindahanya, beberapa cerita tersebut juga menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke obyek wisata ini.

Komentarmu?

Load Lebih Banyak Artikel Terkait
Load Lebih Banyak Dari Mimin Piknik
Load Lebih Banyak di Dalam Negri

Cek Yuk

Sudah Siap ke Festival Lampion Apung 2017 Di Kulon Progo?

Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang lagi, Menoreh Night Festival dengan tajuk Festival La…