Menyingkap Eksotisme Yang Disimpan Candi Ratu Boko Yogyakarta

Sudah pernah dengar Candi Ratu Boko? Memang, Candi yang satu ini tidak setenar Candi Borobudur maupun Candi Prambanan. Namun dibalik itu semua, eksotisme dari Candi Ratu Boko ini sangatlah memukau dan tentunya tidak kalah dengan Candi Prambanan dan Borobudur.

Mulai dari konstruksi dan arsitektur bangunanya, Candi Ratu Boko merupakan sebuah tempat tinggal para raja jaman dahulu.

Candi Ratu Boko Yogyakarta berada di hamparan tanah seluas 250.000 m2 dan terbagi menjadi 4 area, yakni area barat, timur, tenggara, dan tengah. Jadi bisa dibayangkan betapa luasnya dahulu ketika masih berdiri kokoh bangunanya.

Menyingkap Eksotisme Yang Disimpan Candi Ratu Boko
image : galuhdaridesa.wordpress.com

Komplek Candi Ratu Boko berada diatas bukit sekitar 196 mdpl yang akan menambah tingkat eksotisme tempat ini. Ketika kamu ingin menuju candi, kamu harus menaiki tangga untuk sampai di komplek atas Candi Ratu Boko.

Saat sudah sampai di Komplek atas Candi Ratu Boko, bakal disuguhkan reruntuhan bangunan candi, dan yang paling menakjubkan adalah pemandangan Jogja dari atas bukit yang berlatar belakang Megahnya Gunung Merapi.

Jadi bayangkan saja, ketika sebuah pemandangan menakjubkan yang dibalut dengan eksotisme Candi yang penuh dengan histori ditambah lagi dengan hamparan rumbut hijau bersih dan sangat terawat yang memanjakanmu ketika diatas komplek Candi Ratu Boko.

Disini juga ada beberapa kisah mistisnya, yakni tentang sumur yang penuh misteri di komplek Candi Ratu Boko. Menurut cerita, jika sumur tersebut memiliki nama Amerta Mantana yang memiliki arti air suci yang diberikan mantra.

Sampai saat ini air dari sumur tersebut masih digunakan. Menurut masyarakat setempat jika air tersebut bisa membawa keberuntungan bagi yang memakainya. Sedangkan orang-orang hindu, menggunakan air tersebut untuk upacara Tawur Agung yang dilakukan sehari sebelum Hari Raya Nyepi. Nah jika ingin melihat acaranya bisa datang sebelum hari Raya Nyepi.

Kembali lagi, jika ingin berkunjung ke Candi Ratu Boko tidaklah sulit, karena jalan kesini sudah sangat memadahi. Letaknya sendiri hanya sekitar 3 Km dari Candi Prambanan, jadi ketika sedang berkunjung ke Candi Prambanan bisa disempatkan untuk mampir ke Candi Ratu Boko yang tidak akan membuatmu menyesal sudah datang kesana.

Menyingkap Eksotisme Yang Disimpan Candi Ratu Boko Yogyakarta
image : blog.airyrooms.com

Jika kamu ingin berkunjung ke Candi Ratu Boko disarankan pada pagi hari atau sore hari. Karena ditempat ini kamu bisa menikmati indahnya matahari yang muncul dan tenggelam di langit kota Yogyakarta yang pastinya akan sangat mempesona.