Menyingkap Sejarah Jogja dan Solo di Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

Kebanyakan orang jika mendengar kata Kaliurang adalah wisata alamnya yang tentunya sangat indah. Tapi tahukah kamu, jika di Kaliurang Yogyakarta ini terdapat Museum Ullen Sentalu yang bisa dibilang sangat lengkap yang dibalut keunikan tempatnya.

Letak Museum Ullen Sentalu ini tepat di Jl. Boyong Taman Wisata Kaliurang. Untuk sampai ketempat ini cukup memakan waktu sekitar 45 menit dari pusat kota Yogyakarta.

Ada apa sajada seperti apa Museum Ullen Sentalu Yogyakarta ini? Simak Ulasanya berikut ini

Museum Ullen Sentalu ini diresmikan sejak tahun 1997 dan beroprasi dibawah Yayasan Ulating Blencong. Museum yang satu ini memiliki keunikan tersendiri yang tidak akan kamu temui di berbagai museum lainya.

Menyingkap Sejarah Jogja dan Solo di Museum Ullen Sentalu Yogyakarta
image : corlena.wordpress.com

Bangunan dari Museum Ullen Sentalu bisa dibilang sangat unik, mulai dari pintu gerbang masuk museum. Pengunjung bakal merasakan seperti masuk dalam era jaman dulu. Selain itu saat menyusuri museum Ullen Sentalu terdapat berbagai ruangan yang berbeda satu dengan yang lainya, uniknya setiap ruangan memiliki nama sendiri-sendiri.

Untuk isinya, Museum Ullen Sentalu ini menyimpan banyak sekali kisah sejarah dari Jogja dan Solo. Jadi selain menikmati keindahan museum, pengunjung juga akan berlajar dan menyingkap sejarah seperti apa sih Jogja dan Solo pada jaman dulu.

Yang paling menakjubkan lagi, pengunjung bisa melihat berbagai peninggalan asli dari Kraton Jogja dan Solo, peninggalan tersebut bukanlah tiruan, melainkan hibah dari Kraton sendiri. Jadi kemana lagi bisa melihat benda peninggalan asli Kraton yang penuh kesakralan dan histori.

Museum Ullen Sentalu juga tidak membosankan, karena untuk masuk kesini pengunjung bakal didampingi oleh pemandu yang secara gamblang menjelaskan apa yang ada dan sejarahnya dengan bahasa yang sangat menarik. Ditengah perjalanan meyusuri Museum, pengunjung juga bakal dijamu dengan minuman khas yang menurut cerita bisa membuat awet muda. Semakin penasaran bukan sepeti apa? Yuk dateng langsung saja.

Museum Ullen Sentalu

Menikmati seluruh museum ini memerlukan waktu sekitar 1 jam lebih. Hal ini sangat menakjubkan untuk menyingkap sejarah Jogja dan Solo.

Musem Ullen Sentalu juga ramah untuk anak-anak, jadi bagi yang ingin mengajarkan tentang sejarah Jogja dan Solo pada anak, di Museum Ullen Sentalu ini bisa jadi pilihan tepat.

Mengenai tiket masuk Museum Ullen Sentalu, berikut ini rincianya.

tiket masuk ullen sentalu
image : sesartika.wordpress.com

Nah selain itu, masih ada lagi yang perlu ditekankan bagi pengunjung, yakni tentang tata tertib saat berkunjung ke Museum Ullen Sentalu seperti berikut ini

  1. Tidak diperbolehkan menyentuh dan mengambil gambar ataupun merekam penjelasan dari pemandu
  2. Pada akhir tur akan diberitahukan lokasi untuk pemotretan dan hanya diijinkan dengan menggunakan peralatan sewajarnya serta tidak diperkenankan untuk pemotretan keperluan company profile atau pre-wedding album
  3. Bagi rombongan pelajar  dan mahasiswa yang membutuhkan keterangan lebih lanjut atau foto museum dapat menghubungi sekretariat terlebih dulu sebelum tur diadakan pada nomor (0274) 880158.
  4. Tidak diizinkan merokok, makan dan minum selama tur berlangsung. Bagi yang ingin bersantai lebih lanjut dapat meluangkan waktunya di café & restoran Buikenhof atau area di sekitar Jawa Bazaar dan MUSE museum shop.
  5. Tidak diizinkan membawa ransel dan tas besar ke dalam museum. Ponsel dan gadget harap di non-aktifkan selama mengikuti tur. Tersedia locker di pintu masuk bagi yang membutuhkan penitipan barang.

So ketika mengunjungi Museum Ullen Sentalu ini pengunjung bakal benar-benar menikmati suasana alam yang sejuk sambil belajar sejarah Jogja dan Solo.

Jadi jika kamu ke Jogja, masukkan Museum Ullen Sentalu kedalam list tempat yang wajib dikunjungi. Selamat Berlibur.