Ngintip ArtJog 10 Yuk, Penasaran Bukan Seperti Apa?

Sudah kenal dengan ArtJog kan gaes? Event seni tahunan yang selalu ditunggu-tunggu ini hadir kembali dengan dengan nuansa berbeda yang tentunya sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

Tema ArtJog 10 tahun ini adalah ‘Changing Perspective.’ Disini mereka hendak menyampaikan pesan tentang perjalanan seni rupa tanah air mulai dari seni lukis, seni patung, seni instalasi dan yang lain.

Untuk lokasi ArtJog, kali ini masih di Jogja Nasional Museum (JNM) Jl. Prof. Ki Amri Yahya No. 1, Gampingan, Wirobrajan, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, atau tepatnya sebelah timur SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta.

Nah kali ini Piknikdong bakal ajak kalian untuk ngintip keseruan yang ada di ArtJog 10 ini. Penasaran seperti apa? berikut ini ulasanya.

Kita mulai dari luar dulu, pengunjung bakal disuguhkan karya seni dari Wedhar Riyadi yang berbentuk bola mata raksasa yang ditumpuk, dengan tema “Floating Eyes“. Selain unik, bola mata ArtJog ini sangat instagramable lho.

artwork by : Wedhar Riyadi
Floating Eyes” Karya Wedhar Riyadi

Masih ada lagi nih, adanya patung RJ Katamsi karya Wahyu Santoso dengan tinggi 2,5 meter seakan-akan mempersilahkan pengunjung untuk segera masuk kedalam pameran.

Untuk masuk kedalam pameran pengunjung diwajibkan untuk membayar tiket masuk Artjog sebesar 50.000 saja, sebuah harga yang pantas untuk menikmati indahnya karya seni di ArtJog 10 ini.

Terus di dalam ada apa aja sih?

Pengunjung bakal disuguhkan banyak sekali karya seni dari 59 artis. Untuk menelusuri semua karya membutuhkan kurang lebih 40-60 menit, karena pameranya ada 3 lantai, dan disetiap lantai, setiap ruangan menyuguhkan karya seni yang luar biasa.

Nah ngintip beberapa karya seni yang dipamerkan yuk gaes.

Yang pertama adalah karya Agus Suwage, dengan judul : Anatomy of Desire

karya Agus Suwage, dengan judul : Anatomy of Desire
Anatomy of Desire” Karya Agus Suwage

Konsep Anatomy of Desire

Kulit adalah representasi dari bagian luar. Sesuatu yang nampak kasat mata namun seringkali berbeda pengertiannya dengan yang inti. Kulit hanyalah bungkus.

Seringkali kita terkecoh melihat suatu hal hanya berdasar penampakan kulit luarnya saja, padahal pada bagian dalam di sebalik kulit kita akan mendapati banyak sekali pemahaman yang lebih kompleks dan bermakna. Suatu inti yang lebih hakiki dan senantiasa mengandung misteri.

Karya yang kedua dari I Gusti ngurah Udiantara, dengan judul Reflection

 I Gusti ngurah Udiantara, dengan judul Reflection
“Reflection” Karya I Gusti ngurah Udiantara

Konsep Reflection

Cara kita melihat sebuah objek kadang hanya dari satu sisi saja. Perspektif kita dalam mengetahui suatu hal lebih banyak ditentukan oleh pemahaman yang sudah berlaku secara umum, sehingga kita tidak pernah meluaskan imajinasi kita pada hal lain yang sangat mungkin terjadi.

Perspektif dan pemahaman secara umum tadi kemudian hanya akan membelenggu kita pada pola yang seolah-olah sudah baku dan tidak bisa diganggu gugat.

Sebenanrnya masih banyak banget yang sangat luar biasa, mulai dari karya dr. Tompi, Angki Purbandono ft. Nicholas Saputra, Agan Harahap, dll, jadi tunggu apalagi? ArtJog 10 di tahun ini hanya samapai 19 Juni lho.

Setelah keluar dari ruang pameran pengunjung bisa menikmati kopi di foodcourt sambil menikmati suguhan pemutaran film, tari kontemporer dan masih banyak lagi.

Ngopi di ArtJog 10
Ngopi di ArtJog 10

Oh iya, tidak afdol juga jika pulang dengan tangan kosong, pengunjung bisa membeli oleh-oleh atau merch khas ArtJog 10 di ruangan setelah pintu keluar pameran.

Merch ArtJog
Merch ArtJog 10

Sangat menarik bukan? Mulai sekarang, atur jadwal yuk untuk ke ArtJog, bakal ada acara asik setiap harinya, bahkan jika dateng setaip hari pun tidak akan bosan, karena ada acara berbeda setiap hari. Untuk jadwalnya bisa cek langsung di sini ArtJog.co.id

Nah sebelum datang ke ArtJog 10 ada baiknya membaca peraturan berikut ini gaes, agar tercipta kenyamanan dan keamanan saat berkunjung.

  1. Tidak diperkenankan untuk memegang karya-karya yang sedang dipamerkan.
  2. Artjog Mulai 19 Mei- 19 Juni 2017, Jam Buka ArtJog 10.00-21.00 WIB
  3. Jaga Jarak dari karya-karya yang dipamerkan.
  4. Pengunjung tidak diperkenankan membawa tas ransel, paying dan jas hujan atau barang-barang lain yang berukuran besar ke dalam ruang pamer. Tas atau barang-barang lain dapat disimpan dalam kendaraan anda atau di ruang penitipan barang.
  5. Pengunjung tidak diperkenankan untuk merokok di area dalam ruang pamer.
  6. Pengunjung tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman dan mengunyah permen karet ke dalam ruang pamer.
  7. Pengunjung tidak diperbolehkan membawa hewan peliharaan ke dalam ruang pamer.
  8. Silahkan mengambil gambar (Tidak diperbolehkan menggunakan flash) .
  9. Tidak diperbolehkan menggunakan monopod atau tripod dalam pengambilan gambar selama di ruang pamer.
  10. Anak-anak dibawah 12 tahun harus berada dalam pengawasan orang dewasa. Mohon selalu mengingatkan anak-anaknya untuk tidak berlarian di ruang pamer.
  11. Kereta bayi hanya boleh digunakan pada lantai 1 dan di luar area gedung pameran.
  12. Mohon untuk selalu menjaga ketenangan selama mengelilingi ruang pamer. Pengunjung harap mematuhi peringatan yang diberikan oleh staf galeri.
  13. Demi keamanan pengunjung dan seluruh staff pameran, seluruh ruang pameran di pantau oleh video pengawas.
  14. Jika dalam keadaan darurat, tetaplah tenang dan ikuti petunjuk dari staf galeri.