Ngulik Sejarah Sambil Berjalan-Jalan Di Keraton Yogyakarta

4 min read

Keraton Yogyakarta sering dijadikan destinasi studi wisata oleh anak-anak sekolah yang sedang mengadakan studi tour di kota Yogyakarta.

Di keraton Ngayogyakarta ini, para wisatawan tentunya tak hanya sekedar jalan-jalan keliling keraton saja, tetapi mereka sekaligus juga bisa belajar sejarah dari tempat yang mereka kunjungi. Lebih kerennya, para wisatawan bisa melakukan wisata sejarah di keraton Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta
sumber gambar : pariwisata.jogjakota.go.id

Berkeliling Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta, selain digunakan untuk tempat tinggal Sri Sultan Hamengkubuwono dan keluarganya, bangunan bersejarah ini juga sering dijadikan tempat-tempat untuk acara yang berbau dengan kebudayaan Yogyakarta, seperti pementasan wayang kulit, wayang golek, pertunjukan gamelan, pertunjukan tari-tarian dan masih banyak lagi yang lainnya. Di istana Sri Sultan Hamengkubuwono ini anda juga bisa mengetahui siapa-siapa saja yang pernah menjabat menjadi orang nomor satu di Yogyakarta.

Ada yang unik dari keraton ini, selain bangunan keraton Yogyakarta yang masih kental dengan  khas kerajaan Mataram, keraton ini juga menyuguhkan berbagai barang yang sering dipakai oleh Sri Sultan dan keluarganya. Mulai dari peralatan dapur sampai dengan baju adat yang biasa dipakai pada saat acara-acara kebudayaan atau acara adat. Baju pengantin lengkap dengan aksesorisnya pun terpajang rapi dengan manekin sebagai displaynya. Cantik bukan? Andapun bisa melihat kereta yang biasa dipakai sultan dan keluarganya dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika anda merasa belum puas, anda bisa berjalan-jalan di kawasan keraton, seperti mengunjungi taman sari, alun-alun utara atau alun-alun selatan. Menarik bukan?

Saat anda mau mengetahui secara detail tentang keraton Yogyakarta, anda bisa meminta pemandu wisata untuk menemani anda. Jika anda ditemani oleh pemandu wisata dari keraton, maka anda diminta biaya tambahan. Anda bisa mengunjungi kraton Yogyakarta ini setiap hari dari pukul 9 pagi sampai 2 siang, kecuali hari jumat keraton hanya buka sampai jam 11 saja. Untuk tiket masuk keraton cukup murah, 7500 rupiah untuk wisatawan domestic dan 12,500 rupiah untuk wisatawan mancanegara.Ada biaya tambahan jika anda ingin mengambil gambar.Semoga informasi tentang keraton Yogyakarta tersebut bermanfaat bagi para pembaca.

Komentarmu?

Load Lebih Banyak Artikel Terkait
Load Lebih Banyak Dari Mimin Piknik
Load Lebih Banyak di Budaya

Cek Yuk

Sudah Siap ke Festival Lampion Apung 2017 Di Kulon Progo?

Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang lagi, Menoreh Night Festival dengan tajuk Festival La…