Pacu Adrenalin Dengan Naik Kereta Gantung Pantai Timang Yogyakarta

5 min read

Sudah kenal dengan Pantai Timang? Pantai Timang ini berada tepat di Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Sudah tidak bisa dipungkiri jika kabupaten Gunungkidul ini selalu menyuguhkan keindahan alamnya terutama Pantai.

Berbeda dengan pantai lainya, disini memiliki sebuah keunikan tersendiri, yakni memiliki pulau atau bisa juga disebut tebing yang menjadi habitat lobster yang berada di seberang pantai.

Keunikan Pantai Timang tidak berhenti pada tebing atau pulau tadi, tapi masih ada lagi, yakni bagian pantai yang terbagi dua. Untuk bagian pertama disebelah timur merupakan pantai dengan pasir putih, dan untuk bagian kedua tepat dibagian barat yang merupakan pantai dengan batuan-batuan terjal dan berbatasan langsung dengan samudra.

Nah seperti judulnya tentang memacu adrenalin di Pantai Timang dengan menaiki Kereta Gantung. Kereta Gantung ini tidak sembarangan, karena kereta gantung ini digunakan untuk menyeberang dari bibir pantai yang merupakan batuan terjal menuju Pulau diseberang pantai, Pulau atau tebing tersebut dinamai dengan pulau panjang oleh warga sekitar.

Pacu Adrenalin Dengan Naik Kereta Gantung Pantai Timang Yogyakarta
image : www.instagram.com/yogisyafril

Kereta Gantung Pantai Timang memiliki panjang kurang lebih 200 meter untuk menyebrang menuju pulau panjang. Kegunaan sehari-hari kereta gantung ini untuk mode penyeberangan para pemancing lobster.

Ada kisah unik dibalik pembuatan Kereta Gantung Pantai Timang ini. Kereta gantung yang dibangun pada tahun 1997 oleh 6 orang warnga sekitar ini memang bertujuan untuk memancing lobster yang ada di seberang Pantai (Berada di Pulau Panjang).

Dahulu untuk membangunya mereka menggunakan perahu untuk menuju pulau panjang tersebut, jika dibayangkan akan sangat menakutkan, karena ombak yang ada disini sangatlah besar dan tentunya penuh dengan bebatuan tajam.

Pantai Timang Yogayakerta
image : www.instagram.com/jayteaabdul

Tantangan yang paling ekstrim adalah ketika tidak bisa bersandar ke tepian tebing (pulau panjang) karena arusnya yang sangat besar, ditambah lagi untuk menaiki tebing pulau panjang yang bisa dibilang sangat terjal dan tinggi. Setelah itu menunggu kereta gantung ini siap digunakan memerlukan waktu hingga 3 tahun lho.

Seiring berkembangnya jaman, dan adanya sosial media ditambah pernah masuk acara televisi, Pantai Timang ini menjadi Pantai Timang menjadi tujuan wisata, terutama untuk yang ingin mencoba memacu adrenalin mereka dengan menaiki Kereta Gantung Pantai Timang.

Untuk menaiki kereta gantung Pantai Timang, biasanya pengunjung dikenakan biasa 100.000 untuk haris biasa, dan jika akhir pekan bisa mencapai 150.000-200.000.

Nah untuk akses ke lokasi Pantai Timang ini masih bisa dibilang agak susah dan melelahkan. Dari kota Yogyakarta, kite memerlukan waktu kurang lebih 3 jam. Selain itu masih ada kendala lagi yakni tentang jalan menuju Pantai Timang ini banyak yang belum diaspal, jadi harus ekstra sabar.

Load Lebih Banyak Artikel Terkait
Load Lebih Banyak Dari Markinong
Load Lebih Banyak di Dalam Negri