Menariknya Perpaduan Budaya Dengan Indahnya Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Gunung Kidul memang selalu menyajikan keindahan pantai yang sangat mempesona. Seperti pantai Ngobaran satu ini yang memadukan Budaya dengan indahnya Pantai.

Letak Pantai Ngobaran ini sendiri berada tepat di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Arti kata Ngobaran adalah Terbakar dari kata Kobaran.

Menurut cerita, konon dulunya Pantai Ngobaran ini adalah tempat Prabu Brawijaya V (keturunan paling kahir dari Kerajaan Majapahit 1464-1478 Masehi) melakukan pembakaran diri, karena tidak mau melawan putranya sendiri yakni Raden Patah.

Namun memang kebenaran dari cerita itu masih belum dipastikan kebenaranya karena tidak ada bukti-bukti yang kuat mengenai itu semua.

Perpaduan Budaya Dengan Indahnya Pantai Ngobaran Gunung Kidul
image : bertemanangin.wordpress.com

Seperti judul diatas, Pantai Ngobaran ini pantai yang bersanding antara indahnya pantai dan ragamnya Budaya. Di Pantai Ngobaran, pengunjung akan menemui beberappa Pura, Candi sampai patung Dewa-dewa, bahkan bisa dibilang pantai ini mirip sekali dengan pantai yang ada di Bali yakni Tanak Lot. Jika kesini bebarengan dengan acara Melasti, pengunjung juga akan melihat Upacara Keagamaan di Pantai Ngobaran ini.

Bagi pengunjung yang datang ke Pantai Ngobaran, jangan harap bisa main air di Pantai, karena disini pantai langsung bertemu dengan karang dan berbatasan langsung dengan samudra yang pastinya memiliki ombak yang sangat besar.

Tapi tak perlu kawatir, semua sudah terbayarkan akan keindahan alam dan pemandangan luas samudra di Pantai Ngobaran.

pantai ngobaran gunung kidul yogyakarta
image : anekatempatwisata.com

Nah ada hal yang sangat menyenangkan disini selain menikmati pemandangan alam yang sangat indah, yakni belanja hasil tangkapan warga sekitar yang notabene berprofesi sebagai nelayan.

Jadi pengunjung bisa memilih berbagai hasil tangkapan seperti Lobster dan jenis tangkapan lainya. Dan dipastikan harganya akan lebih terjangkau ketika disini.

Untuk fasilitas di Pantai Ngobaran masih  minim, namun pengungjung tidak perlu kawatir, karena fasilitas seperti kamar mandi umu, tempat ibadah, sudah tersedia.

Tapi untuk warung makan belum banyak tersedia yang memadahi. Jadi bisa membawa bekal sendiri dari rumah atau membeli dalam perjalanan menuju Pantai Nobaran.

Mengani akses jalan ke Pantai Ngobaran, pengunjung tak perlu kawatir, karena jalan disini sudah aspal semua, tapi yang perlu diwaspadai adalah banyak sekali tikungan yang tajam untuk menuju Pantai Ngobaran ini jadi tetap harus hati-hati.

Sedangkan untuk biaya tiket masuk sangatlah terjangkau, hanya sekitar 3ribuan saja, pengunjung sudah bisa menikmati Pantai Ngobaran dan tetangganya Pantai Ngrenehan.