Pesona Danau Weekuri, Cermin Raksasa Dari Sumba

4 min read

Mungkin masih agak asing dengan nama Danau Weekuri? Namun untuk yang pernah datang ke Sumba pastinya sudah pernah dong mendengar namanya.

Tahukah kamu, Danau Weekuri ini memiliki keunikan, keindahan yang tidak akan kamu dapatkan di danau manapun.

Pesona Danau Weekuri, Cermin Raksasa Dari Sumba
image : https://www.instagram.com/oktavianifitri

Lokasi Danau Weekuri ini tepat di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Jika dari ibukota Sumba Daya Barat Daya yakni Tambolaka berjarak sekitar 60 km.

Keindahan Danau Weekuri Sumba

Tidak sama seperti danau pada umumnya, Danau Weekuri ini airnya payau, hal itu karena letak Danau Weekuri yang bersebelahan langsung dengan laut. Jadi air laut akan masuk melalui celah yang ada di tebing karang yang mengelilingi Danau dan bercampur dengan air tawar.

Pesona Danau Weekuri, Cermin Raksasa Dari Sumba
image : https://www.instagram.com/bocahsawah

Jika dilihat dengan seksama, Danau Wekuri ini merupakan laguna yang dibetengi gugusan karang yang besar.

Seperti judulnya, Danau weekuri ini seperti Cermin Raksasa, karena jika dilihat dari atas danau ini sangat-sangat jernih, jadi akan terlihat seperti cermin, bahkan pasir didasar danau ini sangat terlihat jelas. Selain itu, Danau weekuri ini tidak terlalu dalam, jadi akan sangat cocok untuk bersantai dan berenang, ditambah lagi dengan suasana damai alamnya.

Fasilitas di Danau Weekuri

Nah ada  yang perlu diperhatikan bagi pengunjung Danau Weekuri nih. Faslitas yang ada di Danau Weekuri masih sangat minim.

Jadi sebelum berkunjung ke sini sebaiknya membawa bekal yang cukup dulu, seperti makanan dan minuman. Jika memang mau menginap, pengunjung akan menemukan di pusat kota Tambolaka.

Akses Lokasi Danau Weekuri

Seperti yang sudah disebutkan tadi, Jarak Danau weekuri ini sekitar 60 km dari pusat kota. Untuk angkutan umum disini juga tidak ada, namun jangan kawatir, pengunjung bisa menyewa kendaraan untuk kesini seperti mobil.

Selain itu jika tidak mau ribet, sekarang sudah banyak yang membuka open trip untuk berkunjung ke Danau Weekuri ini.

Jalan ke Danau Weekuri sebagian sudah nyaman, namun ada juga yang masih berkerikil. Jika kebingungan mencari Danau Weekuri, bisa bertanya langsung ke penduduk setempat, karena penduduk disini sangat ramah.

So, Mulai sekarang tentukan tanggal untuk berkunjung ke Danau Weekuri yuk.

Load Lebih Banyak Artikel Terkait
Load Lebih Banyak Dari Mimin Piknik
Load Lebih Banyak di Dalam Negri