Piknik Kecil-kecilan ke Kawasan Obyek Wisata Kebun Buah Mangunan

Hay temen-temen,.. kali ini saya mau berbagi sedikit cerita tentang perjalanan dan petualangan gue selama ini yang berkelana kemana-mana yang sebenarnya tak tau arah asal jalan aja yang penting dapat foto dari tempat yang gue datangin. Yang dibekali dengan niat dan doa dari hati yang paling dalam dengan tulus walau juga takut kesasar tapi kan malu bertanya sesat dijalan seperti pepatah bilang dan berserah kepada yang di Atas.

Yang pengen saya ceritain sekarang tentang salah satu obyek wisata di Bantul, Yogyakarta yaitu Kebun Buah Mangunan. Kebun Buah Mangunan ini berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul. Jika ditempuh dari kota Jogja, membutuhkan waktu kurang lebih sekitar satu jam dengan menaiki kendaraan bermotor untuk bisa sampai ke Kebu Buah Mangunan. Untuk menuju ke Kebun Buah Mangunan yaitu kendarai motormu untuk menuju ke jalan imogiri timur. Setelah sampai di pasar Imogiri, maka akan ditemui penunjuk arah untuk menuju Kebun Buah Mangunan dan ikuti petunjuk-petunjuk plang pinggir jalan, dijamin gak nyasar.

Dilansir dari gudeg.net Kebun Buah mangunan terletak di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Lokasi ini berjarak sekitar 15 km dari ibukota Kabupaten Bantul dan 35 km dari pusat Kota Yogyakarta. Lokasi ini mulai dibangun oleh Permerintah Kabupaten Bantul pada Tahun 2003 di atas seluas 23,3415 hektar pada ketinggian 150-200m diatas permukaan laut. Titik ketinggian tersebut membuat kawasan ini memiliki udara yang sejuk serta pemandangan pegunungan seribu.

tiket masuk kebun buah mangunan
dok pribadi : Gumelar Ristiana

Tiket masuk untuk ke Kebun Buah Mangunan sangat terjangkau yaitu sebesar Rp. 5000,00 sudah termasuk parkir.

Masuk di kawasan Kebun Buah Mangunan pengunjung dimanjakan dengan melihat berbagai macam pohon buah seperti rambutan, belimbing, durian, mangga dll. Akan tetapi pengunjung tidak diperbolehkan untuk memetik buah, apabila menginginkan bisa beli dan menghubungi pihak pengelola Kebun Buah Mangunan. Terdapat kolam juga untuk tempat bersantai yang disertai dengan ayunan dan permainan anak-anak yang lain.

Pusat perhatian dari pengunjung dari obyek wisata ini adalah gardu pandangnya yang memiliki pemandangan yang menajupkan akan sangat indah. Di gardu pandang Taman Buah Mangunan pengunjung akan disuguhi oleh pemandangan pegunungan yang hijaunya akan menghadirkan kesejukan dimata pengunjung. Pemandangan itu semakin indah dipadu dengan pemandangan Sungai dan rumah-rumah warga yang berada disekitar sungai. Untuk bisa sampai ke puncak pengunjung harus melewati jalanan menanjak. Kendaraan bermotor bisa sampai ke puncak serta terdapat area parkir.

pemandangan dari puncak kebun buah mangunan yogyakarta
dok pribadi : Gumelar Ristiana

Saya pastiin kalau piknik ke Kebun Buah Mangunan gak bakalan nyesel deh. Saran dari saya kalau temen-temen mau kesini siapin bekal minum dan makanan, karena warungnya cuma buka di hari-hari tertentu kalau suasana obyek rame, tu aja cuma ada satu warung. Dan jangan lupa jaga kebersihan lingkungan sekitar dan jangan merusak pohon-pohan yang ada di sekitar tempat wisata. Serta lebih baik berkunjung ke Kebun Buah Mangunan saat masa-masa musim hujan yang cuaca nya cerah, kalau musim kemarau tebing-tebing nya tidak sehijau saat musim hujan, kering gitu suasananya. Hehe seperti ini contoh gambarnya cekidot ->

Pesona Indahnya kebuh buah mangunan di bantul yogyakarta
dok pribadi : Gumelar Ristiana

Sepertinya itu dulu cerita yang bisa disampaikan pada temen-temen mengenai perjalanan dan petualangan saya di Kebun Buah Mangunan. Pokoknya keren bingit. Yang suka berpetualangan jangan sampai gak nyoba yaaaa.

[symple_box color=”gray” fade_in=”false” float=”center” text_align=”left” width=””] Piknik Sahabat: Gumelar Ristiana

kebun buah mangunanNama saya Gumelar Ristiana sering dipanggil Gumelar, saat ini sedang menuntut ilmu di salah satu universitas swasta di Yogyakarta. Hobi saya traveling.

[symple_social icon=”twitter” url=”https://twitter.com/Gumelar_Risti” title=”Follow” target=”self” rel=””] [symple_social icon=”instagram” url=”https://instagram.com/gumelar_risti” title=”Follow Me” target=”self” rel=””]

 

[/symple_box]

Pengen tulisan kamu di muat #PiknikDong? Caranya [symple_button url=”http://www.piknikdong.com/tulisan-sahabat” color=”orange” size=”small” border_radius=”3px” target=”self” rel=”” icon_left=”” icon_right=””]Tulisan Sahabat[/symple_button]