Pulau Bintan, Perpaduan Antara Budaya Dengan Indahnya Kepulauan Riau

Sudah kenal Pulau Bintan?

Pulau Bintan merupakan Provinsi yang berada di keupualauan Riau dengan ibukota Tanjung Pinang.

Letak Pulau Bintan ini berada di Semenanjung Selatan Malaysia, Kepulauan Riau dengan perbatasan langsung Kabupaten Natuna di sebelah utara, Kabupaten Lingga sebelah selatan, Batam sebelah barat, dan Provinsi Kalimantan untuk sebelah barat.

Apa aja sih yang ada di Pulau Bintan?

Pulau Bintan menawarkan banyak sekali tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi. Salah satu tempat yang menjadi tujuan utama para turis adalah Bintan Resort yang menyajikan keindahan pantai super indah dengan luas sekitar 23.000 hektar.

Pulau Bintan, Perpaduan Antara Budaya Dengan Indahnya Kepulauan Riau
image : twitter.com/indtravel

Pasir putih dengan air laut sebening kristal yang menghadap langsung ke Laut Cina Selatan akan memanjakan para pengujung.

Beberapa hal yang bisa dilakukan di Bintan Resort seperti memancing, snorkeling, surfing, diving, banana boat, flying fish, dan kayaking.

Tidak hanya Bintan Resrot saja, masih banyak sekali destinasi yang sangat menakjubkan seperti Pantai Sakera, Pantai Trikora, Pantai Lagoi, Gunung Bintan, Pulau Penyengat, Pulau Senggarang, Danau Biru, dan masih banyak lagi.

Terlepas dari Keindahan Alam Pulau Bintan, disini terdapat Budaya yang sangat dipegang erat penduduknya. Menurut sejarahnya Paulau Bintan merupakan gardu perdagangan setelah Kota Palembang dan Medan.

Dahulu Pulau Bintan juga merupakan pusat pemerintahan kerajaan Melayu Riau, hal inilah yang membuat kebudayaan dan adat yang berkembang sangat kental dengan budaya Melayu.

budaya di pulau bintan
image : robbihafzan.wordpress.com

Pulau Bintan juga merupakan salah satu pusat perkembangan kebudayaan sastra Melayu dengan keunikan pantun yang sangat khas. Sampai saat ini budaya berpantun masih terus dipertahankan dan biasanya dipertontonkan saat acara pernikahan atau berbagai acara adat.

Transportasi Pulau Bintan

Berkunjung ke Pulau Bintan tidak perlu berpusing-pusing, karena disini pengunjung bisa memanfaatkan berbagai transportasi dan akomodasi yang bisa dibilang lengkap. Menuju Pulau Bintan Misalnya, jika dari bandara Sultan Syarif Qasim bisa mengambil jalur air.

Untuk penginapan di Pulau Bintan juga sudah banyak tersedia dan bisa disesuaikan dengan kondisi budget masing-masing, mulai dari hotel murah-meriah sampai Hotel Berbintang disini sudah tersedia.

Jadi sudah siap berlibur ke Pulau Bintan?