Pulau Moyo, Surga Mungil Dari Sumbawa

7 min read

Mungkin masih banyak yang belum kenal dengan yang namanya Pulau Moyo. Jika kamu tahu gaes, Pulau Moyo ini sangat indah bab surga mungil karena memang bentuk pulaunya yang kecil. Untuk letak dari Pulau Moyo sendiri berada di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) atau kurang lebihberjarak 2,5 km dari Pulau Sumbawa.

Sebenarnya Puau Moyo sejak dulu sudah menjadi promadona tersendiri bagi para traveller, baik dalam negeri maupun luar negeri, bahkan nih gaes Mick Jagger dan Putri Diana pernah berkunjung kesini lho.

Pulau Moyo sendiri sangat terkenal dengan keeksotisan alamnya yang masih sepi, alami dan suasana pulau yang akan membuat siapa saja menjadi tenang.

Tidak hanya alamnya gaes, disini juga terdapat berbagai fauna unik seperti kupu-kupu, 21 jenis kelelawar, babi liar, rusa dan bagi pencinta burung adalah salah satu surganya, karena ada 84 jenis burung disini. Beberapa spesies langka seperti kakak tua berkepala kuning, sampai burung gosong ada di Pulau Moyo ini.

Nah untuk pecinta wisata alam lainya di Pulau Moyo bisa menyusuri air terjun, gua, sampai sungai yang masih sangat alami. Tidak hanya itu, untuk pecinta diving atau snorkeling disini juga terdapat spot yang sangat rekomended gaes.

Seperti apa sih keindahan Pulau Moyo?

Keindahan Pulau Moyo ini sangalah banyak, jika kita tengok dari pantainya yang sangat indah, bersih dan sangat cocok untuk snorkelling, atau diving.

Pulau Moyo, Surga Mungil Dari Sumbawa
Image : @felixhalim

Seperti yang sudah disebutkan diatas tadi gaes, selain pantai kamu juga bisa menikmati keindahan alam yang tersaji di Pulau Moyo ini seperti dengan mengunjungi Air Terjun Mata Jitu dengan trekking, dari perjalanan ini kamu bakal menemukan berbagai satwa endemik dan tentunya keseruan lainya.

Nah setelah sampai di Airt Terjun Mata Jitu, kamu pasti juga akan terpesona dengan keindahan yang disajikanya, karena Air Terjun Mata Jitu ini sangat unik dan berbeda dengan air terjun lainya. Aliran air yang sangat jernih ditambah warna hiaju tosca yang berhiaskan bebatuan kapur yang menjadikanya seperti di dalam gua.

Airt Terjun Mata Jitu
Image : @usmans4nusi

Masih ada yang unik lagi air terjun tersebut memiliki tangga atau bertingkat gaes, jadi jika dilihat seperti kolam renang yang alami.

Tempat Menginap Di Pulau Moyo?

Memang untuk masalah penginapan masih agak sulit, walaupun begitu ada piliha penginapan yang disediakan warga atau homestay dengan harga sekitar 200 ribu-700 ribu per malamnya.

Pulau Moyo, Surga Mungil Dari Sumbawa 2

Namun jika memang memiliki budget yang lebih, disini malah ada Amanwana Hotel yang merupakan hotel berbintang 5 disini dengan harga yang pastinya akan menguras kantong sekitar 800 dollar per malam.

Menuju Pulau Moyo

Ya memang tidak bisa dipungkiri, jika akses jalan memang tidak mudah gaes, apabila menempuh dari Mataram,Paulau Lombok NTB, kamu bisa menggunakan kendaraan darat menempuh rute Mataram ke Pelabuhan kayangan, dari situ bisa langsung melanjutkan ke Poto Tano menggunakan kapal fery, dan dari situ barulah bisa menuju Sumbawa Besar dengan kendaraan darar dengan waktu kurang lebih 6 jam perjalanan.

Lebih mudahnya jika mengambil rute udara dari Bandara Internasional Lombok menuju ke Bandara Sultan Kaharuddin Subawa menggunakan pesawat kecil seperti Fokker. Dari Sumbawa itu bisa melajutkan dengan menggunakan kapal masyarakat dengan biaya seitar 20-25 ribu saja yang berangkat sekitar 11.30 dengan jarak tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Sedangkan jika ingin menggunakan perahu nelayan biasanya menggunakan harga kesepakatan, bahkan enaknya bisa berdiskusi jika tidak ingin menginap dan kembali ke Sumbawa dihari itu juga, dengan harga seitar 400 ribu sampai 600 ribu saja.

Jadi kapan nih liburan ke Pulau Moyo gaes? Sangat indah dan menarik bukan? Jadi bersyukurlah jika kita dilahirkan di Indonesia yang memiliki ribuan keeksotisan alam didalamnya. Happy weekend!

Komentarmu?

Load Lebih Banyak Artikel Terkait
Load Lebih Banyak Dari Markinong
Load Lebih Banyak di Dalam Negri

Cek Yuk

Begini Cara Orang Kaya Menikmati Liburan di Bali

Membaca judul di atas, tentu banyak orang yang penasaran mengenai cara orang kaya menikmat…