Pulau Samalona, Satu Dari Sejuta Keindahan Makassar Sulawesi Selatan

5 min read

Mungkin selama ini jika mendengar tempat wisata di Makassar adalah Pantai Losari. Wajar saja, pantai ini memang salah satu ikon dari Makassar.

Tapi taukah kamu, jika di Makassar masih memiliki secuil surga yang wajib dikunjungi ketika sedang berada di Makassar Sulawesi Selatan. Tempat itu adalah Pulau Samalona.

Pulau yang satu ini terletak dalam kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Jika ditempuh sekitar 7 km dari Kota Makassar.

Keindahan Pulau Samalona

Pulau Samalona ini memang bisa dibilang mini, namun keindahanya tidak bisa dipertanyakan lagi. Pantai dengan hamparan pasir yang berwarna putih bersih berpadukan dengan air laut yang masih sangat jernih adalah daya tarik utama dari dari Pulau Samalona.

Pulau Samalona, Satu Dari Sejuta Keindahan Makassar Sulawesi Selatan
image : www.instagram.com/dronemks

Selain itu, masih ada daya tarik yang tidak boleh dilewatkan ketika disini, yakni menilik keindahan bawah laut dari Pulau Samalona dengan sejuta terumbu karang yang masih benar-benar terjaga. Dijamin deh bakal terpesona akan indahnya Pulau Samalona.

Eit, jangan mengerutkan dahi dulu, karena masih ada lagi pesona dari Pulau Samalona ini, yakni tentang adanya misteri karamnya sejumlah kapal dari Perang Dunia II. Kapal yang tenggelam ini ada sekitar 7 unit, diantaranya adalah Kapal Maru (Kapal Jepang yang tenggelam dengan kedalaman 30 M), Kapal kargo Hakko Maru, Kapal Lancaster Bomber dll.

Nah bagi pengunjung bisa menikmati beberapa kapal karam tersebut yang sudah menjadi rumah jutaan biota laut. Jadi pengunjung bisa menyelam diantara megahnya kapal-kapal peninggalan perang dunia II tersebut.

Fasilitas Yang Ada Di Pulau Samalona

Jika bicara fasilitas yang ada di Pulau Samalona ini menawarkan beberapa warung makan yang menyajikan berbagai pilihan menu seafood yang tentunya masih sangat segar. Mengenai penginapan disini juga sudah tersedia,w alaupun masih dibilang sangat sederhana. Untuk tempat ibadah juga tersedia seperti mushola.

Pulau Samalona
image : www.instagram.com/wisatamakassar

Jika ingin snorkeling bisa menyewa di Pulau Samalona, karena disini sudah banyak yang menyewakanya.

Menuju Lokasi Pulau Samalona

Seperti yang disebutkan diawal tadi. Jarak Pulau Samalona ini sekitar 7 KM dari Kota Makassar. Jika ingin berkunjung ke Pulau ini bisa langsung menuju dermaga yang ada di Pantai Losari maupun yang ada di dekat Benteng Fort Rotterdam.

Mengenai biaya yang diperlukan untuk menyeberang ke Pulau Samalona sekitar 300 ribu – 400 ribu dan itu sudah pulang pergi tergantung bagaimana kesepatakan yang dibikin dengan pemiliki penyewaan.

Nahs itulah Pulau Samalona, Satu Dari Sejuta Keindahan Makassar Sulawesi Selatan. Jadi mulai sekarang jangan lupa masukkan Pulau Samalona kedalam list destinasi wisata dalam negri yang waji disinggahi ketika sedang berada di Makassar Sulawesi Selatan.

Load Lebih Banyak Artikel Terkait
Load Lebih Banyak Dari Andri Purwanto
Load Lebih Banyak di Dalam Negri