Pulau Wayag Raja Ampat, Kesempurnaan Sebuah Tempat Wisata Indonesia

Pasti sudah mengenal tempat wisata yang selalu menjadi ikon keindahan alam Indonesia yakni Raja Ampat.

Apabila pernah mencari di beberapa situs internet, ketika mengetikan raja ampat pasti yang terlihat adalah adanya gugusan karang-karang tinggi berpadu manis dengan beningnya air laut bab kristal. Nah Tahukah kamu, jika tempat mengambil foto itu adalah dari Puncak Pualu Wayag, yang memang merupakan bagian dari Raja Ampat.

Letak Pulau Wayag tepat berada di Desa Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat dan disini masih terdiri dari gugusan pulau kecil.

Keindahan Pulau Wayag

Pulau Wayag ini dikenal dengan air laut yang memiliki beberapa warna unik, yakni warna biru muda dan biru tua, tergantung dari kedalamanya.

Pulau Wayag Raja Ampat, Kesempurnaan Sebuah Tempat Wisata Indonesia
image : www.instagram.com/aadduuyy

Pulau Wayag juga memiliki pulau-pulau kecil yang berupa batuan karang dan membentuk gugusan menarik dengan puncaknya ditumbuhi pepohonan, hal inilah yang membuat pulau-pulau karang itu seperti gunung yang berjajar apik dengan warna kehijauan.

Jika ingin mengambil gambar bisa menaiki puncak pulau karang yang berada dalam wilayah pulau wayag. Disini pengunjung bisa menyaksikan sebuah pemandangan kesempurnaan tempat wisata yang ada di Indonesia.

Untuk naik ke Puncak Pulau Karang ini memerlukan waktu 30 menit dan tentunya butuh perjuangan juga, namun semua itu akan terbayar ketika berada di puncak.

Menuju Pulau Wayag

Jika ingin berkunjung ke Pulau Wayag, bisa menyewa kapal motor yang berada di Sorong. Mengenai lama perjalanan memang cukup lama yakni mencapai 4-5 jam.

Selain lama waktu, ada hal yang harus diperhitungkan juga, yakni tentang biaya yang dibutuhkan untuk ke tempat ini.

Apabila datang dari luar Papua dan pastinya tiba di Bandara Domine Eduard Osok (DEO), dari Bandara ini, pengunjung bisa menuju ke pelabuhan Sorong. Untuk kesini bisa memilih beberapa metode transportasi seperti taksi ataupun ojek, dan mobil sewaan juga bisa.

Keindahan pulau wayag
image : https://www.instagram.com/msularso

Setelah sampai di Pelabuhan, bisa langsung menuju ke Waisai yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Raja Ampat. Sedangkan jika ingin langsung menuju ke Pulau Wayag tanpa mampir ke Waisai bisa menggunakan speed boat dari Pelabuhan Sorong.

Tempat Menginap Di Pulau Wayag

Perlu diketahui lebih awal, jika pulau wayag ini tidak terdapat tempat menginap, jadi jika ingin bermalam disini harus membawa peralatah kemah.

Namun tidak perlu kawatir, karena ada alternatif lain, yakni dengan menginap di Pulau Waigo yang berjarak hanya sekitar 3 km saja.

Jika ingin lebih mudah, alangkah lebih baik jika memiliki tempat menginap di Waisai, yang merupakan Ibu Kota Raja Ampat, disini bisa dibilang yang paling lengkap dan memadahi dalam urusan tempat menginap di Raja Ampat, mulai dari yang murah sampai yang mahal.