Tengok Keindaham Alam Yang Bersanding Ragam Kultur Budaya Di Dataran Tinggi Dieng

Kawasan Dataran Tinggi Dieng memang sebuah Destinasi Wisata yang paling menarik, dan sampai saat ini belum pernah ada yang menyamai keindahan dan kesejukannya. Untuk itu Dataran Tinggi Dieng sangat populer dikalangan warga Jawa tengah yang ingin mencari ketenangan sambil berlibur.

Salah satu keunikannya adalah Dataran Tinggi Dieng merupakan satu – satunya dataran tinggi yang memiliki jumlah penduduk terbanyak seasia Tenggara. Anda bisa bayangkan betapa menariknya tempat tersebut, sehingga banyak sekali penduduk yang tinggal di daerah tersebut.

Tengok Keindaham Alam Yang Bersanding Ragam Kultur Budaya Di Dataran Tinggi Dieng
image : www.fotografindo.com

Terletak di perbatasan antara Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo membuat Kawasan Dataran Tinggi Dieng dapat anda tuju dengan melaui 2 pilihan, baik dari Banjarnegara maupun dari Wonosobo. Dataran Tinggi Dieng juga masih sangat kental dengan kebudayaan dan adat maupun kepercayaan yang mereka anut sampai saat ini. Sehingga setiap satu tahun sekali Dataran Tinggi Dieng menjadi Destinasi Wisata yang paling banyak dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah bahkan banyak juga yang datang dari berbagai negara untuk menyaksikan Upacara adat di Dataran Tinggi Dieng.

Dieng culture festival
image : acara-event.com

Masyarakat Indonesia khususnya yang tinggal di Pulau Jawa tentunya sudah tidak asing lagi dengan Festival Dieng Culture, Festival tersebut diadakan setiap setahun sekali selama 3 hari 3 malam berturut – turut. Festival inilah yang sangat dinanti oleh para wisatawan setiap tahunnya untuk mengunjungi Kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Dieng Plateau Theater
image : www.flickr.com

Disekitar kawasan tersebut terdapat beberapa bangunan candi peninggalan Hindu yang pada saat itu sempat berkembang dengan baik dikawasan tersebut, dan ada beberapa lokasi canti yang dapat anda jumpai di Kawasan tersebut secara terpisah. Anda juga dapat mengunjungi Dieng Plateau Theater yang khusus menyediakan informasi lengkap mengenai kondisi alam disekitar Dataran Tinggi Dieng. tempat tersebut berupa bioskop yang mampu menampung hingga 100 orang.

Pemberian nama Deing sendiri diambil dari bahasa Sansekerta yang digunakan untuk menggambarkan kawasan tersebut, “DI” yang memiliki arti termpat yang tinggi dan “HYANG” memiliki arti tempat para dewa, dan kemudian diartikan sebagai tempatnya para dewa dan dewi, ada juga yang berpendapat lain mengenai Pemberian nama tersebut dan mungkin apabila anda pernah mengunjungi Dataran Tinggi Dieng masyarakat sekitar pernah bercerita tentang Kawasan tersebut.

Selain wisata candi dan theater tadi, anda juga dapat mngunjungi kawah yang terdapat di kawasan Dataran Tinggi Dieng ini, atau bahkan bisa mendaki perbukitan dan gunung di kawsan tersebut, dan salah satunya yang sangat terkenal adalah Gunung Sikunir.

Puncak sikunir yang mempesona
image : image: naryatours.com

Gunung tersebut sebenarnya bukanlah gunung berapi seperti yang anda bayangkan, Sikunir dapat juga dikatakan sebagai perbukitan yang tinggi dan hampir menyerupai Gunung, dari puncak sikunir, anda dapat menyaksikan keindahan Fenomena Sunrise pada pagi hari yang muncul dari balik gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, serta Sunset pada sore hari yang seolah – olah tenggelam kedalam lautan Awan, pokoknya tidak kalah deh indahnya dengan mendaki gunung berapi lainnya.