10 Batagor Paling Enak Dan Legendaris di Bandung

Batagor adalah singkatan dari Bakso Tahu Goreng dan merupakan kuliner khas Bandung yang mengadaptasi gaya Tionghoa-Indonesia, hingga saat ini batagor sudah sangat populer hampir diseluruh wilayah Indonesia.

Nah bicara soal mencari Batagor di Bandung tentu tidaklah sulit, karena memang rumahnya batagor disini. Tapi belum tahu kan dimana yang paling enak dan legendaris?

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini piknikdong bakal bagikan 10 batagor yang sudah melegenda dan rasanya tidak perlu dipertanyakan lagi.

Penasaran dimana saja lokasinya? Simak yuk ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Batagor Riri

Batagor Riri, Image By IG : @batagor_riri
Batagor Riri, Image By IG : @batagor_riri

Batagor Riri adalah salah satu pelopor batagor di Kota Bandung. Warung Batagor Riri ini tidak pernah sepi oleh pembeli karena selain terkenal enak juga sudah melegenda di Bandung. Batagor Riri sudah berdiri sejak 1985 lho, wajar banget kalau sudah punya penggemar sendiri.

Menu yang ada disini tidak hanya bagator saja, disini juga tersedia siomay, mi pedas dan mi jamur, bubur ayam dan aneka minuman.

Penyajian batagor disini bisa dibilang unik, karena disajikan terpisah antara kuah kacang, dan batagornya. Selain itu mereka juga memberikan irisan jeruk untuk menambah citarasa asam di kuah kacangnya. Tekstur batagor yang lebih kenyal, garing, dan lebih kriuk dibagian luarnya membuat siapapun akan berkata enak saat menikmatinya.

Alamat : Jl. Burangrang No.41, Malabar, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat

Jam Buka : 08.00 WIB – 20.00 WIB

2. Batagor Kingsley

Batagor Kingsley, Image By IG : @janekarmendra
Batagor Kingsley, Image By IG : @janekarmendra

Batagor yang satu ini memang sangat terkenal. Pelanggannya tidak hanya didominasi oleh warga Bandung saja, sejumlah wisatawan seperti dari Jakarta pun menjadikan Batagor Kingsley menjadi langganan destinasi wisata kuliner saat di Bandung.

Menu yang paling diburu disini tentu adalah batagornya. Tekstur tahu yang sangat lembut, adonan aci yang pas dipadu dengan bumbu kacang yang manis dan pedas, membuat rasa batagor yang tidak ada duanya.

Di salah satu warung batagor yang sudah melegenda ini, kita juga bisa memesan batagor basah lho, dimana perbedaanya adalah batagor tersebut dicampur dengan kuah kaldu ayam yang bening namun gurih. Dijamin deh bikin ketagihan.

Alamat : Jl. Veteran No.25, Kb. Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat

Jam Buka : 08.00 WIB – 20.00 WIB

3. Batagor H. Isan

Batagor H. Isan, Image By IG : @sallynovisyahhalim
Batagor H. Isan, Image By IG : @sallynovisyahhalim

Tahukah kamu jika Batagor H. Isan ini konon adalah bakso tahu goreng (Batagor) pertama dan paling lama berdiri di Bandung, yakni sejak 1970an. Untuk pendirinya adalah Bpk H. Isan.

Menurut sejarahnya, Bapak Isan ini merupakan perantau dari Purwokerto dan berjualan bakso tahu kukus keliling, dan saat barang dagangannya tidak habis, belian menggoreng sisa dagangannya tadi agar tidak basi lalu dibagikan ke tetangga sekitar kontrakannya. Dan tidak disangka, tetangga H. Isan ini sangat menyukai bakso tahu goreng beliau dan banyak yang meminta Bapak Isan untuk membuat bakso tahu goreng yang sama dengan yang dibagikan. Dari situlah makanan khas Bandung ini lahir dengan nama Batagor atau Bakso Tahu Goreng.

Penyajian Batagor disini juga unik, karena biasanya tidak dipotong-potong, tujuannya agar bisa memilih sendiri untuk mencocolnya dalam saus kacang yang lezat.

Bagi wisatawan luar kota juga bisa memesan batagoor ini untuk oleh-oleh, dan tentu sudah dikemas sedemikian rupa agar lebih awet, seperti membungkus bumbu kacang dalam keadaan kering, dan jika ingin memakannya tidak menambahkan sedikit air saja.

Alamat : Jl. Bojongloa No.38, Panjunan, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat

Jam Buka : 09.00 WIB – 19.00 WIB

4. Batagor H. Yunus

Batagor H. Yunus, Image By IG : @agatha.dhona
Batagor H. Yunus, Image By IG : @agatha.dhona

Untuk yang ke empat ini ada Batagor H. Yunus yang juga tak kalah melegenda dengan yang sebelumnya, karena sudah berdiri seja 1971. Bagi yang suka pedas, batagor H. Yunus bisa jadi pilihan paling oke, karena disini terkenal dengan cita rasa pedasnya.

Menu yang tersedia disini tidak hanya batagor, namun juga ada Mie Bakso. Tapi tetap dong yang paling diburu pecinta kuliner adalah batagornya.

Disini juga menawarkan 2 varian batagor, yakni batagor kering yang hanya menggunakan bumbu kacang dan batagor basah dengan paduan kuah kaldu ayam.

Batagor kering disini memiliki cita rasa khas daging ikan tenggiri yang pas, dipadukan lumuran bumbu kacang yang pedas dan mantap. Yang paling seru, kita bisa memilih tingkat kepedasan dari bumbu kacangnya.

Alamat : Jl. KH. Wahid Hasyim No.68, Babakan Asih, Kec. Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat

Jam Buka : 06.00 WIB – 21. 00 WIB

5. Batagor H. Darto

Batagor H. Darto, Image By IG : @idahooidah
Batagor H. Darto, Image By IG : @idahooidah

Batagor yang sudah melegenda selanjutnya adalah Batagor H. Darto yang sudah berdiri sejak tahun 1980. Untuk nama usahanya ini berasal dari pemilik atau pendirinya beliau bernama Darto Wahab. Setelah berpulang pada tahun 2010, sekarang Batagor H. Darto ini dikelola oleh anaknya.

Keaslian Batagor sejak jaman dulu masih diutamakan di Warung Makan Batagor H. Darto ini, tentu dengan menggunakan tepung aci dan ikan tenggiri terbaik. Dari situlah cita rasa Batagor H. Darto dari dulu hingga sekarang tetap sama terjaga.

Bicara soal rasa, tentu tidak perlu diragukan lagi, dijamin deh bakal bikin ketagihan menyantap batagor yang otentik ini. Untuk sambal batagor disini, kita juga bisa memilih tingkat kepedasan yang berbeda, disesuaikan dengan selera kita sendiri.

Alamat : Jl. Ir. H. Juanda No.202, RW.01, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat

Jam Buka : 09.00 WIB -21.00 WIB

6. Batagor Serayu

Batagor Serayu, Image By IG : @lamakbanagallery
Batagor Serayu, Image By IG : @lamakbanagallery

Selain Batagor disini kita juga bisa menikmati Bakso Cuanki yang sangat terkenal itu. Disini setiap hari selalu dipadati pecinta batagor, jadi harus sabar jika ingin kesini, apalagi tempatnya memang kurang begitu besar.

Advertisements

Untuk rasa tentu tidak perlu dipertanyakan lagi, bisa dilihat dari antusias pengunjung, mereka rela antri panjang untuk menikmati batagor sangat lezat ini.

Tekstur batagor yang digoreng krispi namun empuk dibagian tengahnya, ditambah rasa ikan yang pas begitu juga dengan acinya, akan membuat siapapun ketagihan.

Alamat : Jl. Serayu No.2, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat

Jam Buka : 11.00 WIB – 19.00 WIB

7. Batagor Abuy

Batagor Abuy, Image By IG : @sandie_inst
Batagor Abuy, Image By IG : @sandie_inst

Batagor Abuy ini kabarnya juga sudah ada sejak tahun 1983 lho, jadi bisa dibiang legendaris juga. Batagor disini memiliki rasa yang kuat karena menggunakan ikan tenggiri yang banyak.

Selain Batagor asli, kita bisa menemukan berbagai varian batagor disini seperti batagor dengan isian bakso keju, dan menu lain seperti siomay pangsit, rice bowl tomping siomat, kentang krispi ditambah siraman saus keju. Jadi penasaran ingin mencobanya? dibawah ini alamatnya.

Alamat : Jl. Lengkong Besar No.47, Paledang, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat

Jam Buka : 15.30 WIB – 22.00 WIB

8. Batagor BSD (Batagor Simpang Dago)

Batagor BSD (Batagor Simpang Dago), Image By IG : @bestculinaryy
Batagor BSD (Batagor Simpang Dago), Image By IG : @bestculinaryy

Nama batagor ini sangat unik yakni Batagor Simpang Dago (BSD). Tidak unik saja, rasa dari Batagor BSD juga terkenal sangat enak lho. Lokasinya tidak jauh dari taman jajan BSD jadi sangat mudah untuk mencarinya.

Jika tidak ingin antri terlalu banyak, disarankan untuk datang tidak di jam makan siang. Itupun biasanya tetap masih antri banyak. Ya wajar sih, namanya juga batagor yang sudah terkenal enak, pasti banyak pelanggannya.

Tekstur Batagor BSD ini lebih empuk daripada tempat lain. Walaupun rasa ikan tenggirinya tidak begitu kuat namun rasa gurih dari batagornya pas banget dan cocok dilidah.

Alamat :  Jl. Ir. H. Juanda No.218, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat

Jam Buka : 08.00 WIB – 22.00 WIB

9. Batagor Raja

Batagor Raja, Image By IG : @batagor_raja
Batagor Raja, Image By IG : @batagor_raja

Batagor paling enak di Bandung selanjutnya adalah Batagor Raja yang sudah berdiri sejak tahun 2007. Nama Raja sendiri diambil dari nama anak sang pemilik warung Batagor. Ada hal seru disini, yakni pengunjung bisa karaoke gratis lengkap dengan layar monitor 56 inch.

Ruangan untuk karaokenya ada disebelah kiri tempat makan. Jadi siapapun yang ingin mencoba makan batagor sambil karaoke gratis, bisa nih dicoba Batagor Raja.

Alamat : Jl. Dr. Otten No.11, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat

Jam Buka : 08.00 WIB – 23.00 WIB

10. Batagor Burangrang

Batagor Burangrang, Image By IG : @batagorburangrang
Batagor Burangrang, Image By IG : @batagorburangrang

Penyajian Batagor disini juga terpisah antara batagor dengan bumbu kacangnya. Jadi kita bisa mencocol batagor ataupun bisa juga dengan langsung mencampur semuanya dengan bumbu kacang.

Jika ingin membawa oleh-oleh batagor untuk orang rumah, disini bisa juga melayani. Tentu dengan kemasan yang bagus agar tidak basi saat dalam perjalanan pulang. Tersedia batagor yang dibungkus vacum pack, dan bisa bertahan sekitar 5 hari di suhu ruang. Jadi jika ingin membawa oleh-oleh batagor, bisa banget datang ke Batagor Burangrang.

Alamat : Jl. Burangrang No. 7 Seberang Sekolah BPI Burangrang, Malabar, Kec. Lengkong, Kota Bandung.

Jam Buka : 08.00 WIB – 20.00 WIB

Itulah 10 Batagor Paling Enak Dan Legendaris di Bandung. Bikin ngiler ingin mencicipinya kan? Oh iya, jika ada rekomendasi tambahan tentang batagor paling enak di Bandung, tuliskan dikomentar ya.

5.0
03

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Ketika piknik menjadi sebuah kebutuhan, maka pikniklah
BAGIKAN
Komentarmu?