10 Tempat Yang Wajib Untuk Dikunjungi Saat Liburan di Madiun

Madiun merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Selain dikenal sebagai kota Gadis, Madiun juga sering disebut juga Kotanya Pecel.

Liburan di Madiun akan sangat menyenangkan karena disini kita bisa menikmati keindahan alam sampai kenikmatan kulinernya, yang pastinya akan membuat kangen saat sudah meninggalkan kota Madiun.

Dari sekian banyak pilihan tempat di Madiun, berikut ini mimin rangkum menjadi 10 Destinasi/tempat yang wajib dikunjungi saat liburan di Kota Madiun. Penasaran dimana saja lokasinya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Wana Wisata Grape

Wana Wisata Grape, Image By IG : @wanawisatagrapekphmadiun
Wana Wisata Grape, Image By IG : @wanawisatagrapekphmadiun

Tempat yang pertama adalah Wana Wisata Grape yang menyuguhkan keindahan alam khas Madiun.

Lokasi dari Wana Wisata Grape ini berada di tepi hutan jati yang merupakan wilayah dari KPH Madiun yang luasnya sekitar 1,5 Hektar. Suasana alam yang sejuk menjadikan tempat ini sangat cocok untuk refreshing bersama keluarga dari suasana kota yang padat.

Untuk fasilitas yang ada di Wana Wisata Grape ini bisa dibilang cukup baik, seperti adanya parkir kendaraan roda dua maupun roda empat, taman bermain yang akan memanjakan anak-anak sampai penginapan dan restoran yang letaknya cukup dekat dengan Wana Wisata Grape Madiun.

Lokasi Wana Wisata Grape :

2. Hutan Pinus Nongko Ijo

Hutan Pinus Nongko Ijo, Image By IG : @amooreamadiun
Hutan Pinus Nongko Ijo, Image By IG : @amooreamadiun

Untuk tempat yang kedua adalah Hutan Pinus Nongko Ijo yang merupakan wisata alam terdekat bagi warga kota Madiun, caruban dan sekitarnya. Disini kita bakal dimanjakan dengan udara yang sangat sejuk,d itambah adalah bangunan kanal peninggalan Belanda.

Tidak hanya itu, kita bisa susur sungai atau tubing di Sungai Catur, berfoto di spot foto unik dan menarik khas tempat wisata modern sekarang ini.

Ketika berkungjung kesini dijamin deh, pikiran yang suntuk, gerah, lelah akan hilang seketika saat melihat panorama yang ada di Hutan Pinus Nongko Ijo.

Lokasi Hutan Pinus Nongko Ijo sendiri berada tepat di Kare, Madiun, Jawa Timur dan merupakan bagian dari Perhutani yang berada di lereng Gunung Wilis yang bisa ditempuh sekitar 1 jam dari pusat kota Madiun.

Konon, nama Nongko Ijo ini diambil dari adanya pohon nakga hijau yang sangat besar disini, dan masyarakat sekitarpun memanggilnya dengan Nongko Ijo.

Lokasi Hutan Pinus Nongko Ijo :

3.  Alun-Alun kota Madiun

Alun - Alun Kota Madiun, Oleh Tamita Wibisono Kompasiana
Alun – Alun Kota Madiun, Oleh Tamita Wibisono Kompasiana

Tempat yang wajib untuk dikunjungi yang ketiga adalah Alun-alun Kota Madiun. Disini kita bisa melakukan banyak hal.

Jika datang pagi hari, Alun-alun Madiun sangat cocok untuk olahraga pagi, dengan fasilitas jogging track yang memadai. Sedangkan jika datang malam hari, kita bakal disuguhkan keramaian bab pasar malam. Kita bisa jajan kuliner lengkap ataupun ngopi disekitaran Alun-Alun Madiun. Alun-alun Madiun juga menjadi salah satu tempat berkumpul atau nongkrong favorit untuk anak muda sekitar Madiun.

Lokasi Alun – Alun Madiun :

6. Nasi Pecel Pojok

Nasi Pecel Pojok Madiun, Image By IG : @elvy_eka
Nasi Pecel Pojok Madiun, Image By IG : @elvy_eka

Nah untuk yang keenam kita beralih ke wisata kuliner yuk. Tentu saat di Madiun harus mampir di Nasi Pecel Pojok yang legendaris.

Warung Nasi Pecel Pojok ini sudah berusia hampir setengah abad dan termasuk salah satu dari warung pecel paling tua di Madiun. Disini kita bisa menikmati Pecel Khas Madiun dengan berbagai macam lauk. Karena tidak membuka cabang ditempat lain, Nasi Pecel Pojok ini selalu terjaga rasanya.

Lokasi Nasi Pecel Pojok : 

7. Teh Tarik Cak’e

Tempat kuliner lain yang ada di Madiun yang wajib untuk dikunjungi adalah Teh Tarik Cak’e. Teh Tarik Cak’e atau Warung Cak’e merupakan tempat nongkrong bagi semua kalangan di madiun, dan berada tepat di Jl. Mangga Kota Madiun.

Baik kaum muda atau tua banyak yang berkunjung ke tempat ini untuk menikmati Teh Tarik yang khas sambil ngobrol kesana kemari. Selain Teh Tarik disini juga tersedia berbagai nasi bungkus lengkap dengan pilihan lauk pauknya seperti Sate Telur Puyuh, Ayam Goreng ataupun hidangan lain.

Lokasi Teh Tarik Cak’e :

8. Pentol Corah

Pentol Corah Khas Madiun, image by : madiunae.id
Pentol Corah Khas Madiun, image by : madiunae.id

Sudah tau apa itu pentol? Benar sekali, pentol sendiri memiliki bentuk seperti cilok yang terbuat dari tepung pati yang dibungkus kulis tahu.

Nah di Madiun ada salah satu Pentol yang sudah sangat populer, yakni Pentol Corah. Yang istimewa dari Pentol Corah ini adalah racikan sambal yang sangat pedas dengan bumbunya yang selalu membuat pengunjung ingin balik lagi menikmati Pentol Corah. Menurut pengunjung, Pentol Corah Madiun selalu menjadi favorit karena rasanya yang tidak sembarangan, jadi siapapun yang mencicipinya pasti akan langsung suka.

Lokasi Pentol Corah :

9. Dumilah Water Park

Dumilah Water Park Madiun, Image By : dumilahwaterpark.wordpress.com
Dumilah Water Park Madiun, Image By : dumilahwaterpark.wordpress.com

Untuk tempat kesembilan yang wajib dikunjungi adalah Dumilah Water Park dimana tempat ini merupakan lokasi favorit bersama keluarga untuk bermain air.

Berada di Jl. Slamet Riyadi No 99 Desa Klegen kecamatan Madiun, Kota Madiun, lokasi ini sangat memikat dan seru dengan berbagai wahana seperti Kiddy Poll, Kolam tanding, seluncuran. Tidak hanya itu, Dumilah Water Park juga menyuguhkan kesejukan alam dan indahnya tanaman bunga yang dinamai Garden Zone, disini kita bisa ikut out bound dengan memilih beberapa paket yang ditawarkan di Dumilang Water Park.

Lokasi Dumilang Water Park :

10. Suncity Water & Theme Park

Suncity Water & Theme Park, Image by : teluklove.com
Suncity Water & Theme Park, Image by : teluklove.com

Untuk tempat yang kesepuluh alias yang terakhir adalah Suncity Water & Theme Park yang berlokasi di Jl. Slamet Riyadi, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Madiun, Kota Madiun, Jawa Timur.

Wisata Suncity and Theme Park tentu juga sangat cocok untuk liburan bareng keluarga. Tempat wisata yang satu ini sangat unik karena menjadi satu dengan salah satu Mall terbesar yang ada di Madiun. Mengenai wahana yang ada di Suncity and Theme Park juga sangat lengkap, seperti Kidds Pool, sampai kolam ombak. Jika sudah lelah bermain air, kita bisa juga makan di Resto yang ada disini, jadi sudah sangat lengkap bukan?

Lokasi Suncity & Theme Park :

 

Nah itulah 10 Tempat Yang Wajib Untuk Dikunjungi Saat Liburan di Madiun yang mimin rangkum dari banyaknya lokasi seru di Madiun. Sangat menarik bukan?

Nah jika ada rekomendasi lokasi seru dan asik lainnya, komentar dibawah yuk.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?