10 Tips Mudik Aman Dan Nyaman Menggunakan Kendaraan Pribadi

Lebaran tinggal esok hari dan moment mudik sudah menjadi agenda rutin yang ditunggu-tunggu. Bagi yang mudik menggunakan kendaraan umum, jika tidak memesan tiket jauh-jauh hari mungkin saat ini sudah sangat sulit untuk mendapatkan tiket mudik ke kampung halaman, mengingat meningkatnya pemudik dari tahun ke tahun.

Namun bagi yang menggunakan kendaraan pribadi kegiatan mudik menjadi suatu hal yang menyenangkan, selain waktu yang fleksibel, mudik dengan kendaraan pribadi juga lebih santai dan nyaman, jika lelah bisa istirahat dahulu, ingat, tidak perlu terburu-buru karena keselamatan lebih penting.

Mudik Menggunkan Kendaraan Pribadi
Mudik Menggunkan Kendaraan Pribadi

Nah bagi yang mudik dengan kendaraan pribadi, berikut ini ada beberapa tips agar mudik semakin nyaman dan seru, yuk langsung disimak.

1. Mengecek Kondisi Kendaraan

Hal ini merupakan hal yang paing penting sebelum melakukan perjalanan mudik, sebaiknya bawalah kendaraan ke bengkel untuk service.

Pastikan semuanya berfungsi dengan baik seperti rem, mesin, oli, roda dll, karena akan digunakan untuk menempuh perjalanan yang jauh sebaiknya kendaraan daam kondisi yang prima.

2. Bawa Uang Tunai Itu Penting, Namun Seperlunya Saja

Sebelum berangkat mudik ada baiknya kita membuat catatan pengeluaran selama perjalanan, mulai dari makan minum, toilet dll, mungkin sebagian besar tempat sudah menyediakan jasa pembayaran dengan debit atau kartu kredit, namun membawa uang tunai juga perlu untuk berjaga-jaga.

3. Taat Pada Rambu Lalu lintas itu Penting dan Wajib Saat di Perjalanan

Terkadang rasa kangen dan ingin segera sampai di kampung halaman memang begitu besar, namun jangan sampai rasa ingin cepat sampai membuat kita ngebut dijalan bahkan sampai melanggar peraturan lalu lintas, selain berbahaya untuk pengemudi dan penumpang kegiatan ini juga dapat membahayakan kendaraan lain.

4. Atur Barang Bawaan Dengan Baik

Ketika melakukan perjalanan mudik tak jarang ya kita membawa beberapa atau bahkan banyak barang, dengan banyaknya barang yang dibawa ada baiknya jika kita menyusun dengan baik letaknya, misal barang dengan berat tertentu harus di ikat atau diberi jaring pengaman, untuk antisipasi jika terjadi apa-apa di jalan.

5. Cek barang bawaan yang penting

Hal yang pelu diperhatikan jika ingin mudik selanjutnya yaitu menyiapkan barang yang sifatnya penting dan membantu selama proses mudik, sebagai contoh, nomor montir, derek, serta bengkel terdekat, powerbank dan kabel charger untuk smartphone.

Dan jika kalian mudik ke tempat yang kondisi jaringannya beda dengan kota tempat tinggal kalian ada baiknya mampir untuk membeli sim card baru yang memiliki sinyal berkualitas di kampung halaman.

6. Memilih Bahan Bakar Kendaraan

Karena kendaraan menggunakan beragam mesin yang tentunya berpengaruh pada kinerja mesin maka ada baiknya sebelum berangkat kita tentukan jenis bahan bakar apa yang akan digunakan selama perjalanan, selain itu carilah info yang lengkap dimana sebaiknya kita melakukan pengisian ulang bahan bakar.

7. Menjaga Kondisi Diri

Bagi yang mudik bersama dengan keluarga dan harus menjadi pengemudi tunggal selama perjalanan, menjaga kondisi tubuh sangatlah penting.

Ketika mulai lelah, segeralah menepi untuk sekedar beristirahat, karena jika kita kelelahan maka konsentrasi akan menurun dan tentunya berpengaruh dalam mengemudikan kendaraan.

8. Gunakanlah GPS

Bagi yang tidak terlalu hafal jalan menuju kampung halaman ada baiknya menyiapkan gps sebelum berangkat.

Tidak perlu khawatir karena sekarang hampir disetiap smartphone sudah tersedia gps kok, tinggal kita menafaatkan saja, namun jika masih ragu dengan ketepatan gps bisa juga bertanya pada penduduk sekitar.

9. Bawa Bekal Makan Secukupnya

Ada baiknya sebelum memulai perjalanan kita tentukan dimana dan berapa kali melakukan istirahat, hal ini berhubungan dengan kesiapan bekal yang dibawa, sebaiknya membawa bekal yang cukup terutama untuk pengemudi karena dehidrasi juga akan berrpengaruh pada kemampuan dan konsentrasi mengemudi.

10. Isi Kendaraan Sesuai Kapasitas

Ini merupakan hal yang masih sering dilupakan, berhubung mudik menggunakan kendaraan pribadi maka semua kalau bisa mau diangkut, padahal ini memiliki efek yang tidak baik entah bagi kendaraan dan penumpangnya sendiri.

Beberapa efeknya kita jadi tidak nyaman di dalam kendaraan karena terlalu banyak barang, kendaraan jadi sulit dikendalikan dan konsumsi bahan bakarnya meningkat karena beban kendaraan juga meningkat.

Nahhh itu tadi beberapa tips mudik menggunakan kendaraan pribadi yang dapat mimin bagikan, semoga bermanfaat dan tetap hati-hati di jalan ya, selamat menikmati perjalanan mudik, salam buat keluarga.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?