19 Macam Oleh-Oleh Khas Malang Yang Paling Populer

Siapa sih yang tak kenal dengan kota Malang? Ya, salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki udara sejuk serta pemandangan yang indah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Terlepas dari berbagai macam wisata yang seru dan menarik di Malang, masih ada lagi yang membuat kota ini menarik dan layak dikunjungi lho. Satu point menarik dari kota Malang adalah adanya ragam oleh-oleh khas yang bisa dibawa sebagai kado untuk orang tersayang maupun keluarga dan kerabat.

Penasaran apa sajakah oleh-oleh yang menarik dari Malang? Siap-siap ya karena oleh-oleh yang ada di dominasi oleh makanan dengan cita rasa yang khas. Daripada semakin penasaran, yuk langsung kita intip saja ragam oleh-oleh menarik khas malang

1. Ledre Pisang Bangka

Ledre Pisang Bangka, Image By mamikos.com
Ledre Pisang Bangka, Image By mamikos.com

Ledre termasuk dalam golongan camilan, salah satu bahan utamanya adalah pisang raja pilihan, kebayang dong rasanya gimana? Pisang raja di goeng aja enaknya ga ketulungan apalagi ini diolah dengan bumbu spesial.

Yang menarik ledre adalah tidak menggunakan obat pengawet sama sekali, jadi aman untuk dikonsumsi. Dengan rasa yang gurih dan renyah serta potongan yang tipis membuat ledre layak dijadikan teman ngobrol sambil minum kopi dan tentu pas sekali dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Malang.

2. Coklat Tempe

Cikleat Tempe, Image By coklat-tempe.blogspot.com
Cikleat Tempe, Image By coklat-tempe.blogspot.com

Ada yang sudah pernah mencoba mencicipi enaknya camilan perpaduan antara tradisional dan modern ini?

Mulai dipoduksi pada tahun 2011 silam coklat tempe mulai banyak digemari oleh wisatawan, alasannya sudah jelas, termasuk jenis makanan yang langka, adanya perpaduan antara cokelat dan tempe, membuat makanan yang satu ini sangat unik.

Untuk membuat Coklat Tempa khas Malang ini tidak mudah lho, karena harus melalui beberapa kalai pecobaan untuk memastikan cita rasa yang pas dengan lidah. Karena termasuk oleh-oleh yang kekinian maka kemasan camilan Coklat Tempe juga di desain dengan modern dan menarik, jadi jangan ragu untuk mencobanya.

3. Bakso President Beku

Bakso President Beku, Image By : www.satyawinnie.com
Bakso President Beku, Image By : www.satyawinnie.com

Apakah bakso bisa dibawa pulang? Yap, bisa banget kok, kita bisa membeli bakso beku yang tentu akan lebih awet untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Malang.

Salah satu bakso yang legendaris adalah Bakso President yang dirintis sejak 1977. Selain cita rasa yang nikmat, faktor sejarah juga menjadi pertimbangan lainnya, seperti nama president yang diambil dari nama salah satu bioskop yang berada dibelakang warung yang sudah tidak beroprasi lagi, terhitung sejak tahun 1990.

4. Keripik Tempe

Keripik Tempe Malang, Image By : ngalam.co
Keripik Tempe Malang, Image By : ngalam.co

Mungkin beberapa orang beranggapan apa sih istimewanya keripik tempe ini? Toh di beberapa tempat juga gampang ditemukan, bahkan hampir di pusat oleh-oleh kota besar keripik tempe selalu ada.

Setelah diteliti lebih jauh ternyata yang membedakan keripik tempe Malang dengan keripik lainnya yaitu bahan baku yang dihasilkan dari kedelai berkualitas, sehingga menghasilkan rasa yang lezat, selain itu banyaknya varian rasa juga membuat camilan keripik tempe Malang menjadi sangat menarik, mulai dari rasa ayam bawang, ayam bakar, balado, barbeque, balado cabe hijau dan masih banyak lagi. Dengan ragam pilihan rasa menjadikan camilan ini cocok untuk dibawa pulang dan dibagikan kepada kerabat ya.

5.  Madu

Madu Klanceng Asli Malang, Image By : wisatajawatimur.xyz
Madu Klanceng Asli Malang, Image By : wisatajawatimur.xyz

Salah satu oleh-oeh khas Malang lainnya yang tidak kalah menarik adalah madu. Selain nikmat untuk diminum masih banyak lagi manfaat dari madu murni yang baik untuk tubuh lho, diantaranya sebagai obat capek, sebagai penguat jantung, meningkatkan stamina tubuh dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya.

Dengan berbagai manfaat tersebut madu yang dihasilkan dari peternakan alami ini juga memiliki beragam produk seperti madu propolis, cuka madu, royal jelly, botok tawon/tolo tawon. Untuk menikmati madu khas Malang cukup membayar antara Rp60-70 ribuan, terrgantung varian yang diinginkan.

6. Keramik Dinoyo

Keramik Dinoyo, Image By : wisatamalangku.com
Keramik Dinoyo, Image By : wisatamalangku.com

Selanjutnya mari kita lihat oleh-oleh yang berbentuk kerajinan. Bagi penyuka kerajinan keramik bisa berkunjung ke kampung wisata di Kelurahan Dinoyo yang berlokasi di jalan MT Haryono XI, disana terdapat sedikitnya 30 toko yang menjual beragam kerajinan berbahan keramik seperti kendil, patung dan beragam kerajinan lainnya. Yuk dipilih mana yang mau dijadikan pajangan dirumah.

7.  Jenang Apel

Jenang Apel Malang, Image By : wisatajatim.info
Jenang Apel Malang, Image By : wisatajatim.info

Makanan yang satu ini suda bisa ditebak ya berbahan dasar apa? Benar sekali bahan baku makanan ini adalah apel, namun jangan salah ya tidak semua apel bisa dijadikan bahan untuk membuat makanan ini lho, hanya apel yang sudah masak saja yang bisa digunakan, itupun harus diperhatikan tingkat kematangannya, tidak boleh terlalu matang serta bebas dari tanda kebusukan.

Yang menari dari Apel adalah selain buahnya, kulit apel juga bisa dimanfaatkan untuk diolah menjadi selai yang nantinya juga akan diolah menjadi jenang. Dengan beberapa proses mulai dari pemilihan bahan yang tergolong unik menjadikan jenang apel menjadi jenang yang sangat khas tentunya terdapat rasa serta tekstur yang pas membuat camilan Jenang Apel semakin nikmat.

8. Bakpao Telo

Bakpao Telo Malang, Image By : umkmjagoan.com
Bakpao Telo Malang, Image By : umkmjagoan.com

Makanan yang berbahan dasar tepung terigu ini pada mulanya merupakan makanan yang berasal dari negri Cina, namun seiring perkembangan zaman dan tumbuhnya kreatifitas masyarakat maka mereka mencoba membuat bakpao dengan bahan dasar ubi jalar atau dalam orang jawa lebih dikenal dengan nama Telo.

Selain menjadi bahan baku ternyata Telo juga menjadi nama tempat yakni Repoeblik Telo yang berlokasi di perbatasan antara Malang dengan Pasuruan, tidak sulit untuk  mencari bangunan ini karena dari kejauhan juga sudah kelihatan karena bangunan ini berwarna ungu seperti warna Telo pada umumnya.

Selain Bakpao disini kita bisa mendapatkan aneka makanan lainnya lho seperti ice cream, pizza, nugget, bahkan brownies kukus, ahh dijamin puas kalau berkunjung kesini, oiyah untuk bakpao telo isi 9 buah kita cukup membayar 14.500 saja, sedangkan untuk harga menu lainnya mulai dari 3000 sampai 4000 per satuan.

9. Buah apel

Apel Malang, Image By : ngalam.co
Apel Malang, Image By : ngalam.co

Apel Malang mempunyai ciri khas yang unik, mulai dari rasa hingga warna buahnya. Salah satu jenis apel yang dijadikan oleh-oleh khas malang adalah apel anna, menariknya jenis apel ini memiliki rasa yang masam ketika baru dipetik dari pohonnya, namun ketika  dibiarkan selama 3-4 hari maka rasa buah ini akan berubah menjadi manis dan aromanya juga tajam.

10.  Carang Mas

Carang Mas Malang, Image By : twitter.com/carangmasnovita
Carang Mas Malang, Image By : twitter.com/carangmasnovita

Camilan yang satu ini mulai dirintis pada akhir tahun 2011 oleh ibu nazil, waktu itu para pekerjanya hanya ibu-ibu tetangga yang berjumlah kurang lebih 5 orang dengan dibantu beberapa orang bapak-bapak, namun siapa sangka jika industri rumahan ini kemudian berubah menjadi oleh-oleh yang khas Malang.

Bahan baku dari carang mas adalah Apel, iya apel, karena produksi apel di malang tergolong melimpah maka masyarakat mengolahnya menjadi beragam makanan dan oleh-oleh.

Proses pembuatannya tidak terlalu rumit kok, pertama apel dikupas dan dicampur dengan tepung dan gula, kemudian adonan tersebut digoreng hingga berwarna keemasan, nah yang perlu diperhatikan adalah proses menggorengnya ini, dibutuhkan tenaga yang sudah berpengalaman supaya medapatkan kematangan yang tepat.

11. Keripik Buah

Keripik Buah Malang, Image By : menone.wordpress.com
Keripik Buah Malang, Image By : menone.wordpress.com

Keripik buah dari Malang memiliki ciri yang khas unik yaitu pada cita rasa buahnya yang masih melekat pada setiap keripiknya, selain itu tekstur renyah juga menjadi nilai tambahan bagi keripik buah dari Malang.

Didukung dengan kemasan yang berbasis foodgrade menjadikan jaminan akan keawetan keripik buah Malang. Dengan harga dibawah dua puluh ribu rupiah kita sudah bisa membawa pulang keripik buah dengan beraneka rasa, diantaranya kelengkeng, melon, mangga, semangka, serta rambutan. Cocok sekali untuk dibagikan kepada saudara maupun tetangga.

12. Malang Strudel

Malang Strudel, Image By : kaaget.com
Malang Strudel, Image By : kaaget.com

Jika sudah biasa membeli apel sebagai oleh-oleh dari Malang ada baiknya mencoba salah satu alternatif oleh-oleh lainnya yaitu Malang Strudel, hmm dari namanya kok beda dari oleh-oleh pada umumnya ya?

Makanan ini diadaptasi dari bahasa austria yang berarti kue pasty yang menggunakan tepung sebagai bahan utama, nah dalam bahasa jerman strudel memiliki arti pusaran air atau angin topan, tak tanggung-tanggung lho strudel sudah populer di eropa sejak abad ke 18.

Untuk mendapatkan Strudel kita bisa berkunjung ke Jalan  Ardimulyo No 14, Singosari, dengan jam buka mulai pukul 07.00 sampai 22.00.

13. Onde-onde

Onde-onde HTS khas Malang, Image By IG : @irmach9326
Onde-onde HTS khas Malang, Image By IG : @irmach9326

Onde-onde merupakan makanan yang sangat mudah dijumpai diberbgai daerah maupun tempat wisata, makan ini juga tergolong makanan yang murah meriah, dan onde-onde dari Malang yang diproduksi oleh Han tjwan sing (HTS) ini memiliki rasa yang terkenal kenyal, legit serta tidak keras.

Nah untuk mendapatkan makanan ini kalian cukup berkunjung ke Jl Dr Wahidin 123, Lawang, malang, toko ini sangat legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1027.

14. Kaos

Kaos Khas Malang, Image By : www.nasirullahsitam.com
Kaos Khas Malang, Image By : www.nasirullahsitam.com

Yang menjadikan kaos Malang ini unik dan layak menjadi oleh-oleh yang khas yaitu pada desain kaosnya yang rata-rata berupa tulisan yang dipadukan dengan gambar yang menarik. Selain itu bahan yang digunakan pun lembut sehingga nyaman untuk digunakan.

Nah jika menjumpai pedagang yang menawarkan dengan nama soak ngalam jangan bingung ya, karena sejatinya itu adalah bahasa walikan yang jika dibaca terbalik menjadi kaos malang, untuk mendapatkan kaos ini dibandrol harga mulai Rp55.000 sampai Rp80.000

15. Sari Apel

Sari Apel Khas Malang,, Image By : hansaboys.wordpress.com
Sari Apel Khas Malang,, Image By : hansaboys.wordpress.com

Selain segar, oleh-oleh Sari Apel memiliki manfaat yang baik juga lho diantaranya mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, mencegah paru-paru, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan gigi serta dapat juga meredakan diare.

Dengan segudang manfaat tersebut tidak salah jika membelikan sari apel sebagai oleh-oleh untuk orang tersayang. Saat ini sudah banyak bermunculan berbagai merk baru dalam oleh-oleh sari apel, namun yang pasti pihak produsen menjamin jika makanan ini sehat dan berkualitas karena menggunakan manusia dan teknologi dalam proses pembuatannya, ditambah adanya aerometer yang digunakan dibagian akhir produksi yang sesuai dengan SNI, sudah segar banyak manfaat dan sesuai SNI, lengkap pokoknya.

16. Pia Mangkok

Pia Mangkok Malang, Image By : wisataterindah.net
Pia Mangkok Malang, Image By : wisataterindah.net

Yang membedakan Pia malang dengan pia dari kota lainnya terletak pada tekstur yang lebih empuk, selain itu letak khasnya berasal dari rasa lembut dimulut meskipun saat digigiit akan sedikit terasa kering namun renyah.

Dinamakan pia mangkok karena memang dalam kemasannya terdapat mangkok sebagai cap dari produk ini, selain digemari oleh warga Malang pia mangkok juga menjadi pilihan utama dari berbagai wisatawan yang berrkunjung ke daerah malang, menurut mereka keunikan rasa serta tekstur yang membuat nagih untuk menikmati pia mangkok oleh-oleh khas Malang.

17. Keripik Ceker

Keripik Ceker Malang, Image By : tailsrwaggindogdaycare.com
Keripik Ceker Malang, Image By : tailsrwaggindogdaycare.com

Keripik Ceker tergolong dalam camilan yang harganya sedikit lebih mahal dari camilan lainnya ya, hal itu dikarenakan bahan baku yang susah dicari, untuk menikmatinya pun ada batas minimum pembelian yaitu 500 gram. Namun tenang saja meskipun masuk dikategori agak mahal namun keripik ceker memiliki rasa yang nikmat dan sangat cocok untuk dijadikan teman bebincang maupun nonton santai bersama teman-teman.

Bagi yang tidak membawa kendaraan sendiri dan ingin menikmati keripik ceker kita bisa pesan dan maminta untuk diantarkan, tapi tidak semua penjual menyediakan jasa pengantaran ke berbagai wilayah ya, jadi pilih yang tepat.

18. Bakpao Sayang

Bakpao Sayang Malang, Image By : aremafood.com
Bakpao Sayang Malang, Image By : aremafood.com

Bakpao Sayang berlokasi di Beji, Batu dekat dengan Warung Wareg ini memiliki dua bentuk yang bisa dipilih yaitu bentuk fresh dan frozen, bagi wisatawan yang berasal dari luar kota malang disarankan untuk memilih yang frozen saja karena dapat dipanaskan dan dinikmati hangat-hangat bersama kerabat maupun keluarga.

Makanan yang berwarna khas putih ini memiliki beragam isian rasa di dalamnya, mulai dari nanas, cokelat, strawberry, blueberry, daging, kacang tanah, kacang hijau dan masih banyak lagi varian rasa lainnya.

19. Putu Lanang Celaket

Putu Lanang Calaket, Image By : tempatkulinerdi.blogspot.com
Putu Lanang Calaket, Image By : tempatkulinerdi.blogspot.com

Putu lanang merupakan jenis makanan yang berbahan dasar tepung beras, kelapa serta gula merah.

Penyajian dari makanan ini yaitu diletakkan diatas daun pisang kemudian disiram dengan gula merah yang sudah menjadi karamel, kemudian ditambah lagi dengan taburan perutan kelapa menjadikan makanan ini memiliki sensasi tersendiri bagi penikmatnya, tak heran jika makanan ini digemari oleh berbagai lapisan masyarakat sampai saat ini.

Jam buka warung Putu Lanang Calaket mulai dari sore hari sampai setengah 6 saja, jadi siapa cepat dia dapat.

Nah demikian tadi beragam oleh-oleh yangbisa dicoba kunjungi saat bertualang ke Malang, diantara oleh-oleh tersebut manakah yang menjaddi favoritmu? Atau ada yang belum pernah dicoba? Yuk ceritakan di kolom komen yaa.

FREE 100% Jadi bagian dari PIKNIKDONG, dan dapatkan kejutanya! 

Daftar Klik Disini

Seorang mimin piknik yang punya hobi piknik namun sangat kurang piknik. Walaupun begitu mimin ini selalu mengajak orang untuk piknik. Karena piknik ini sekarang sudah menjadi kebutuhan
BAGIKAN
Komentarmu?